Kontraktor Rangka Atap Baja Ringan, Partisi Gypsum dan Partisi Kalsiboard di Bali

Dalam bidang konstruksi rasanya rangka atap baja ringan bukan menjadi hal asing. Bahkan dapat dikatakan jika baja ringan merupakan unsur yang penting yang harus diketahui. Terlebih bagi mereka yang memang sangat erat dalam dunia konstruksi bangunan. Untuk itu kita akan membahas beberapa hal dalam unsur kontruksi salah satunya ialah mengenai struktur rangka atap baja ringan, serta plafond gypsum dan kalsiboard.

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai baja ringan, kita akan membahas mengenai partisi ruangan lebih dulu. Umumnya partisi ruangan digunakan untuk pemisah antar satu ruangan dengan lainnya. Tidak hanya berfungsi sebagai pemisah sebenarnya melainkan sebagai dekorasi tersendiri bagi rumah tersebut.

Kelebihan Penggunaan Rangka Atap Baja Ringan

Rangka atap baja ringan menjadi salah satu material yang umum digunakan dalam kontruksi. Terlebih lagi untuk bagian atap dari bangunan. Selain digunakan untuk pembuatan rumah, kerap pula digunakan dalam pembangunan pabrik, gudang, tempat parkir dan lainnya.

Umumnya baja ringan ringan ini terbuat dari campuran alumunium dan seng. Saat ini juga sudah banyak kontraktor yang menggunakan rangka atap baja ringan dalam pembuatan bangunan. Berikut beberapa keunggulan atau kelebihan yang dimiliki jika memnggunakan rangka atap baja ringan:

Mudah dalam pemasangan dan ringan

Kelebihan rangka atap baja ringan saja satunya ialah mudah dalam pemasangan dan ringan. Hal ini dikarenakan beratnya hanya sekitar 9 kg/m2 saja. Sifatnya yang ringan cenderung membuat pekerja lebih mudah dalam pemasangan atap.

Awet dan lebih kuat

Memang benar jikalau material ini ringan aman tetapi untuk masalah kekuatannya tidak perlu diragukan. Bahkan tidak sekedar kuat melainkan juga awet. Lebih tahan dalam hal menghadapai cuaca yang berubah-ubah dan tidak berkarat juga. Sehingga rumah atau bangunan Anda dapat terlindungi lebih maksimal.

Mudah untuk disambung serta mudah dibentuk

Selain itu jika ingin membuat atap rumah sedikit lebih berbeda dan unik, material ini solusinya. Pasalnya baja ringan dapat mewujudkan atap bangunan sesuai keinginan Anda. Selain mudah untuk disambungkan, material baja ini juga mudah untuk dipotong. Dapat dibentuk menhesuikan keinginan kita pula.

Penggunaan atap baja ini dalam pembuatan konstruksi memang sudah banyak dipakai. Mengingat bahan ini lebih efektif digunakan dalam pembangunan uang ingin cepat dan tahan lama. 

Material yang ringan mudahkan para pekerja untuk menyelesaikan proyek dengan cepat. konsultasikan pembuatan atap rumah rumah atau bangunan Anda ke jasa kontraktor atap baja ringan profesional Bali!

kekuatan rangka atap baja ringan

Rangka Atap Baja Ringan Bali

Rangka atap baja ringan adalah sebuah perkembangan teknologi terbaru struktur atap mengggunakan konstruksi baja yang kuat tetapi ringan.

Rangka atap baja ringan yang dibuat dari bahan CRC (cold rolled coil) memiliki massa yang ringan, kuat dan kokoh. Baja ringan memiliki mutu yang tinggi dengan kekuatan gaya tarik di atas 550 MPA.

Saat ini di pasaran baja ringan terdapat berbagai jenis dengan gaya tarik yang berkisar dari 650 MPA hingga 920 MPA. 

Baja ringan biasanya diproduksi dengan profil C, Profil pada baja ringan berfungsi untuk meningkatkan kemampuan gaya tekan.

Karena baja ringan memiliki banyak kelebihan dalam penggunaanya , maka baja ringan sering  digunakan untuk membuat struktur dari sebuah bangunan, salah satunya adalah untuk membuat rangka atap.

Memilih Material Rangka Atap Baja Ringan

Memilih bahan-bahan dalam membangun rumah tidaklah mudah, Kita harus memastikan apakah semua bahan aman dan kuat bukan hanya untuk melindungi kita, tetapi juga ketahanan seiring berjalannya waktu.

Atap rangka baja ringan dapat mengalahkan keunggulan atap kayu dan atap baja konvensional karena walaupun ringan, atap baja ringan sangatlah kuat.

carilah bahan dan tenaga pemasangan yang professional dan yang berpengalaman untuk rangka atap rumahmu, maupun untuk kanopi baja ringan.

Kelebihan Lainnya Dari Rangka Atap Baja Ringan

Harga materialnya relatif murah

Dibandingkan material kayu, rangka atap baja ringan tergolong lebih murah, apalagi dengan kelangkaan kayu dan kesadaran untuk menggunakan bahan bangunan yang lebih ramah lingkungan

Tahan terhadap serangan rayap sehingga lebih tahan lama.

Rangka atap baja ringan tidak terpengaruh serangan rayap, Oleh karena itu material ini memiliki usia pakai yang cukup lama, dan juga tidak memerlukan pemeliharaan atau perawatan yang intens. Hal ini menghemat pengeluaran dalam jangka panjang.

Harga materialnya relatif murah

Dibandingkan material kayu, rangka atap baja ringan tergolong lebih murah, apalagi dengan kelangkaan kayu dan kesadaran untuk menggunakan bahan bangunan yang lebih ramah lingkungan

Mempunyai sifat yang seragam karena diproduksi pabrik.

Baja ringan diproduksi dengan standar mutu yang seragam sehingga kualitasnya tidak banyak berubah sepanjang penggunaan. Karena diproduksi di pabrik, rangka atap baja ringan juga memiliki mutu yang konsisten.

Memiliki kekuatan tarik yang tinggi namun ringan.

Sifat baja ringan ini memudahkan proses transportasi dalam pemasangan konstruksi rangka atap. Kekuatan yang tinggi per satuan beratnya membuat baja ringan memiliki potensi beban mati yang cukup kecil. Oleh karena itu, baja ringan cocok untuk dipakai sebagai struktur atap terutama yang memiliki bentang yang cukup besar.

Proses pemasagan rangka atap baja ringan relatif cepat.

Proses instalasi atau pemasangan rangka atap baja ringan memerlukan waktu sangat singkat dibandingkan pemasangan rangka atap dengan kayu. Hal ini dikarenakan baja ringan mudah disambung dengan berbagai jenis sambungan dan bobotnya yang ringan, mengurangi kesulitan selama proses konstruksi.

Memiliki kekuatan tarik yang tinggi namun ringan.

Sifat baja ringan ini memudahkan proses transportasi dalam pemasangan konstruksi rangka atap. Kekuatan yang tinggi per satuan beratnya membuat baja ringan memiliki potensi beban mati yang cukup kecil. Oleh karena itu, baja ringan cocok untuk dipakai sebagai struktur atap terutama yang memiliki bentang yang cukup besar.

Tahan terhadap karat.

Material rangka atap baja ringan tahan terhadap karat sehingga tidak memerlukan finishing cat lagi. Setelah dibongkar, rangka atap baja ringan tetap memiliki nilai yang bisa dimanfaatkan kembali. Baja ringan bisa didaur ulang sehingga lebih ramah lingkungan.

Sifatnya liat/ tangguh serta memiliki daktilitas yang bagus.

Sifat liat adalah kemampuan sebuah material untuk menyerap energi dalam jumlah yang cukup besar dan sanggup menahan deformasi yang besar tanpa menyebabkan keruntuhan pada beban tarik dan mampu menahan beban deformasi baik selama proses fabrikasi, transportasi, maupun konstruksi tanpa menyebabkan kehancuran. Rangka atap baja ringan bisa diberikan kelenturan, beban kejut, dan beban geser sehingga bentuk strukturnya pun bisa lebih fleksibel.

Kontraktor Partisi dan Plafond Gypsum Bali

Menggunakan partisi dinding gypsum memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Mengingat partisi ini dapat didesain secara fleksibel maupun dibuat permanen saja. Umumnya partisi gypsum atau drywall digunakan dalam perkantoran sebagai penyekat ruangan.  Akan tetapi tidak masalah pula digunakan dalam pembuatan hunian modern.

Umumnya partisi gypsum ini terdapat dua macam yakni satu muka dan dua Muka. Dimana satu muka meliputi rangka partisi dan gypsum. Sedangkan dua muka terdiri dari gypsum, rangka, partisi dan gypsum. Biasanya partisi satu muka digunakan untuk menutup permukaan pasangan bata sedang dua muka sebagai dinding penyekat ruangan.

Pekerjaan Partisi gypsum Bali ini memiliki bentuk yang padat serta kering. Untuk ukurannya sekitar 1,2 m x 2,4 m. Ketebalan partisi gypsum ini ialah 8 sampai 12 mm. Meskipun begitu, sebelum memilih gypsum sebagai partisi maupun plafond rumah, Anda perlu tahu jenis-jenis partisi gypsum lebih dulu. Berikut ialah:

Gypsum reguler

Biasa digunakan untuk material pelapis guna melindungi plafon serta dinding. Papan gypsum ini terbuat dari bagian inti dari dalam gypsum yang sudah dibungkus dengan kertas lebih dulu.

Gypsum tahan air (Water Resistant)

Papan gypsum jenis ini memang tahan air karena sudah ditambahkan bahan kimia berupa silikon pada intinya. Umumnya gypsum jenis ini digunakan sebagai bak mandi, penyokong ubin, material dasar dari panel dinding dan lainnya.

Gypsum tahan api(Fire Rated)

Jenis gypsum ini seperti namanya yakni tahan terhadap api. Hal tersebut dikarenakan dalam inti gypsum telah ditambahkan glass fiber. Sehingga dapat tahan terhadap api dalam waktu yang lebih lama. Biasa digunakan sebagai dinding eksterior maupun partisi ruangan.

Gypsum peredam suara

Seperti namanya, jenis gypsum ini mampu meredam suara yang berlebihan di dalam ruangan. Terbuat dari dua panel gypsum anti jamur serta anti lembab yang sudah disatukan dengan polymer. Disarankan untuk tidak meletakkan gypsum jenis ini pada area yang memiliki kelembaban tinggi.

Kelebihan Gypsum Untuk Partisi dan Plafond Dalam Ruangan Rumah

Setelah mengetahui mengenai jenis-jenis gypsum, kita akan membahas mengenai kelebihannya. Ya pengguna partisi dari gypsum memang memiliki kelebihannya tersendiri dan mengapa kita memerlukan jasa kontraktor dalam pemasangan partisi gypsum di bali. Kira-kira apa saja ya kelebihannya? Ya berikut ialah kelebihan menggunakan partisi gypsum dalam bangunan:

Bobot yang ringan

Perlu diketahui kelebihan partisi gypsum ini ialah salah satunya karena bobotnya yang ringan. Bahkan jika dibandingkan dengan beton maupun bata akan jauh lebih ringan. Dimana berat dari partisi gypsum dua muka saja yakni 30 kg/m2. Bobot yang ringan membuatnya lebih mudah dalam proses pemasangan serta pemindahan.

Lebih fleksibel

Kelebihan atau keunggulan lainnya ialah lebih fleksibel. Hal tersebut dikarenakan partisi dapat dipasang di mana saja. Maksudnya di sini ialah partisi tidak perlu berdiri di atas struktur. Sehingga proses pemasangan dapat lebih fleksibel tanpa harus mengawalinya dengan balok struktur. Tidak seperti batu bata yang tidak bisa diletakkan di mana saja.

Lebih cepat dan mudah dalam pemasangan

Tentu kita sepakat jika karena bobotnya yang ringan membuat partisi ini lebih mudah dan cepat dipasang. Selain itu, jika terjadi kerusakan, lecet atau berlubang sekalipun dapat dengan cepat diperbaiki. Hanya perlu mendempul bagian yang rusak atau jika perlu ganti saja papan yang rusak itu.

Lebih ramah lingkungan

Kenapa dikatakan lebih ramah lingkungan? Pasalnya pemakaian dinding partisi gypsum ini tidak memerlukan air dalam pemasangannya. Lebih dari itu, jika memang tidak digunakan lagi bahan gypsum ini tidak akan mencemari lingkungan. Gypsum akan dengan cepat melebur ke dalam tanah.

Lebih hemat waktu dan biaya

Perlu diketahui pula jikalau pengguna gypsum sebagai partisi dapat menghemat waktu. Hal tersebut dikarenakan bobotnya yang ringan. Menghemat biaya juga karena pekerjaan partisi gypsum oleh kontraktor bali akan cepat selesai.

Kelebihan kalsiboard Untuk Partisi dan Plafond Dalam Ruangan Rumah

Selain gypsum salah satu bahan yang kerap digunakan sebagai partisi atau penyekat ruangan ialah kalsiboard. Berikut beberapa kelebihan menggunakan kalsiboard sebagai partisi ruangan dan plafond:

  • Tidak menggunakan bahan asbes yang memang berbahaya bagi kesehatan.
  • Pilihan ketebalan yang bervariatif. Mulai dari 3 mmm hingga 20 mm.
  • Proses penyambungan lebih cepat.
  • Daya tahan kalsiboard lebih baik dibandingkan gypsum ketika terkena air.
  • Lebih mudah bersihkan dari noda jika terkena air. Sehingga untuk proses pemeliharaan lebih mudah.
  • Dapat mendesainnya secara fleksibel. Mengingat dapat dilengkungkan hingga kelengkungan tertentu.

CV. Griya Cipta Pradhana
kontraktor rangka atap baja ringan di Bali 

Hubungi Kami jika saat ini Anda sedang membangun atau sedang merencanakan untuk membangun rumah atau kantor atau bangunan apapun, dan akan menggunakan Atap Baja Ringan sebagai rangka untuk pemasangan genteng atau atap apapun.

Kami sebagai kontraktor atap baja ringan, menerima jasa pemasangan dan pekerjaan partiri ruangan, pekerja plafond ruangan baik dari gypsum maupun dari kalsiboard di Bali, siap melayani jasa pemasangan rangka atap baja ringan dengan hasil yang memuaskan dan berkualitas untuk atap rumah anda dan menjamin kekuatan atap rumah anda.