Kontraktor Pool Decking Kayu di Bali

beberapa hal yang perlu diketahui dalam pool decking kayu, sebelum menggunakan jasa kontraktor

pool deck kayu

Pool Deck untuk Kolam Renang

Pool deck kolam renang memberikan estetika yang indah dan minimalis di sekitar kolam anda, memberikan elemen kayu akan memberikan kolam renang desain yang minimalis dan kelihatan exclusive.

Selain dari segi design, pool deck dari kayu tidak menimbulkan slip atau licin saat selesai berenang, Kayu ulin dan bengkirai sendiri memiliki keunggulan yaitu tahan air dan panas matahari sehingga kayu ini tidak mudah rapuh,terkikis atau rusak, cara maintenancenya pun cukup mudah

Kayu mudah dipotong dan bentuk dan tidak memerlukan jumlah penyamarataan dan drainase yang sama dengan yang Anda temukan dengan bahan geladak kolam lainnya.

pool decking kolam renang
pool deck kolam renang di bali

 

Kayu juga memiliki penampilan organik yang lembut yang akan melengkapi pengaturan atau taman apapun. Anda juga bisa meletakkan kayu dalam berbagai pola dan arah untuk mendapatkan tampilan kontemporer, tradisional atau benar-benar unik untuk dek Anda.

Dek yang diciptakan tidak hanya disekitar kolam renang saja namun Anda juga bisa menggunakan kayu sebagai jalan setapak dari kolam renang menuju ke dalam rumah Anda.

Pemilihan Material Di sekitar Kolam Renang

Pembuatan kolam renang terkenal karena sulit pada material yang mengelilinginya.

Decking kolam renang sering basah melalui menyeluruh secara teratur dan air kolam juga dikenakan bahan kimia yang digunakan untuk menjaga tetap jernih.

Kemampuan untuk menahan aspek ini dan aspek lingkungan kolam lainnya sangat penting dalam penghiasan yang Anda pilih.

Sangat penting untuk diperhatikan bagi Anda adalah membuat decking kolam renang dari kayu tidak bisa menggunakan sembarangan kayu hanya karena harganya yang murah.

Kayu yang sudah dipilih atau khusus untuk dek kolam renang perlu untuk diberikan lapisan pelindung atau di cat.

Lapisan inilah yang akan membantu untuk perawatan kayu secara tidak langsung dari kelembaban kolam. 

 

Tak hanya itu deck kolam renang yang diciptakan juga harus disusun di atas bantalan yang berfungsi untuk mengalirkan air kolam renang kembali ke dalam kolam atau ke dalam proses sanitasi.

Selain berfungsi sebagai proses sanitasi, bantalan juga akan mencegah timbulnya genangan air di atas kayu yang mempercepat peresapan air ke dalam kayu

pool deck

Memilih Decking Kayu

Decking kayu membuat halaman tampak indah.

Semakin lama, serat kayunya semakin bagus dilihat. Aspek natural inilah yang sukar dicari tandingannya.

Kesan hangat dari kayu asli tak akan pernah tergantikan dengan berbagai jenis bahan komposit yang hadir belakangan.

Lebih dari itu, decking kayu yang artistik selalu bisa memberi rasa bangga bagi Anda pemiliknya.

Dari sisi fungsional, decking kayu menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menambah ruang namun tidak ingin terlalu ribet dengan membongkar atau menambah bangunan yang ada secara konvensional.

Anda tinggal menentukan lokasinya, maka decking kayu bisa dipasang dengan cepat. Dan cepat pula bisa Anda nikmati untuk apa saja. 

 

Ada berbagai pilihan material decking kayu yang bisa Anda pilih.

Walau begitu, semuanya memiliki sifat yang mirip: kuat, awet (kelas awet level I atau II), tahan segala cuaca, serangga, dan tidak mudah berubah bentuk.

pool decking bali
pool deck kayu bengkirai di bali
decking kayu ulin

Kelebihan decking kayu Ulin atau bengkirai

pool deck kayu ulin

Kelemahan decking kayu Ulin atau bengkirai

Material Decking Kayu

Sebagai material decking kayu, kayu-kayu keras dari wilayah tropis memang yang paling bagus, berbagai kayu lokal tropis Indonesia seperti kayu ulin/besi, kayu bengkirai, atau kayu merbau.

Kayu ulin, misalnya, secara teknis memiliki kekuatan, keawetan, dan kekerasan tingkat I.

Merbau memiliki warna cantik kuning kemerahan.

Sementara itu bengkirai memiliki tekstur sangat halus dan sangat mudah diolah, walau memiliki tingkat keawetan, kekuatan dan kekerasan hampir setara ulin.

kontraktor pool deck kayu

Pool Decking Bali dan Jenis Kayu yang Biasa Digunakan

Pool deck atau decking kolam adalah lantai kayu yang biasanya digunakan tepat di samping kolam renang. Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa kontraktor pool decking Bali sudah tidak sulit. 

Tidak hanya jasa renovasi rumah saja yang mudah untuk dicari di daerah Bali ini. Jasa kontraktor pool deck sekalipun akan dengan mudah Anda temukan.

Perlu diketahui pula jikalau decking kayu kolam renang tidak menggunakan kayu sembarangan. Melainkan ada kayu-kayu khusus yang bisa dipergunakan untuk pool deck. 

Mengapa tidak menguntungkan batu alam saja untuk pinggiran kolam renang? Perlu ditekankan pula jikalau penggunaan kayu alam untuk pinggiran kolam renang atau pool deck memang tidak diminati saat ini. Masyarakat cenderung lebih tertarik penggunaan kayu.

Sayangnya tidak banyak masyarakat yang jeli dalam penggunaan kayu sebagai pinggiran kolam renang. Dalam artian, tidak sedikit pula masyarakat yang salah dalam hal memilih kayu. 

Padahal sangat disayangkan bukan jika sudah membeli dengan harga mahal tapi tidak tahan lama? Atau sudah beli mahal akan tetapi malah membahayakan diri. Padahal tujuan memasang pool deck kayu ialah untuk membuat kita tidak slip setelah berenang.

Salah memilih kayu juga bisa mengakibatkan lantai menjadi cepat keropos. Sangat disayangkan bukan jika pool deck tersebut hanya bertahan dua sampai tiga tahun saja? 

Jikalau sudah keropos otomatis kita perlu menggantinya dengan yanh baru bukan? 

Akhirnya kita perlu menambah lagi biaya untuk memasang ulang dan membeli kayu yang baru. Sangat memakan waktu dan biaya pastinya.

Jasa kontraktor pool decking biasanya akan menawarkan beberapa pilihan jenis kayu kepada pelanggan. Pelanggan dapat menentukan ingin menggunakan kayu yang mana. 

Ingatlah untuk tidak gegabah dengan asal memilih tanpa mempertimbangkan mutu yang dimiliki oleh kayu. Sebenarnya apa kriteria kayu yang cocok digunakan untuk dek kolam renang? Berikut kriterianya:

  • Kayu yang keras juga tahan berbagai cuaca.
  • Tidak mudah melintir.
  • Tahan terhadap air panas.
  • Tidak mudah keropos dan lapuk.

Jenis kayu yang biasa digunakan sebagai pool decking di Bali

Pool deck kayu Ulin

Jenis kayu Ulin ini berasal dari Kalimatan, Sumatera juga Sulawesi. Pohon Ulin memang banyak tumbuh di Kalimantan. Umumnnya kayu ini memang biasa digunakan sebagai nahan pembuatan jembatan, rumah hingga perahu. 

Pohon ini memiliki batang yang lurus dengan serat yang rapat. Selain itu, pohon Ulin tumbuh pada ketinggian 5-400 mdpl di tanah datar maupun miring.

Mengapa kayu ini pantas digunakan sebagai dek kolam renang? Ada beberapa alasan yang mendasari hal itu. Berikut keunggulan kayu Ulin ialah:

  • Keras, kuat juga awet nomor 1 di Indonesia. Sehingga sangat cocok untuk dek kolam renang yang memang berada di luar ruangan.
  • Tahan terhadap berbagai perubahan cuaca. Tentu kita sepakat jika lapuk pada kayu dipicu oleh perubahan cuaca dari hujan ke panas. Jika perubahan tersebut kerap terjadi maka pelapukan kayu akan cepat terjadi. Beruntung kayu ini tahan akan hal tersebut.
  • Rayap memang menjadi salah satu hewan pengganggu. Maka dari itu banyak orang yang ragu menggunakan material kayu karena hal itu. Penggunaan kayu Ulin sangat tepat karena rayap kurang menyukai kayu jenis ini.
  • Tahan air. Menjadi dek kolam renang tentu akan membuat kayu ini sering yerlana air. Jangan khawatir, kayu Ulin tahan akan air sehingga sangat aman untuk digunakan.

Pool deck kayu Bengkirai

Jenis kayu ini berasal dari daerah Kalimantan. Jasa kontraktor pool deck di Bali juga menawarkan pilihan menggunakan kayu Bengkirai sebagai dek kolam renang Anda. 

Pohon Bengkirai merupakan pohon yang kerap tumbuh di wilayah beriklim tropis. Pohon ini tumbuh subur di daerah Kalimantan. Memiliki postur tinggi besar dengan barang lurus pastinya menjadi incaran banyak orang.

Kayu Bengkirai ini memang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan manusia. Semisal digunakan sebagai kontruksi, jembatan, lantai parket hingga dek kolam renang. Mengapa banyak orang menggunakan kayu Bengkirai sebagai pool deck? Berikut keunggulan yang dimiliki oleh kayu ini:

  • Merupakan kayu yang memiliki tingkat kekerasan kelas 1. Sehingga sangat baik digunakan sebagai penghias sisi kolam renang.
  • Cukup kuat. Memang benar jika dibandingkan denhat kayu Ulin kekuatan kayu ini lebih rendah di bawahnya. Berada pada tengah-tengah atau tingkat sedang. Kembali lagi kepada umur kayu. Semakin tua tentu semakin kuat juga.
  • Daya lengkung yang minim. Hal ini sangat baik sekali jika digunakan sebagai dek kolam renang. Pasalnya meski terkena air, kayu ini akan tetap mempertahankan posisinya.
  • Warna yang indah. Bagi Anda yang ingin lebih terlihat natural rasanya kayu ini menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya kayu ini memikiki warna kecokelatan dan masih sangat cocok jika ingin menambahkan cat ke atasnya.
  • Tahan terhadap perubahan cuaca. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya jika salah satu kriteria kayu yang dapat digunakan sebagai dek kolam ialah tahan cuaca. Dalam artian perubahan cuaca seperti apapun tidak membuatnya mengalami pelapukan lebih cepat.
  • Harga terjangkau. Kayu Bengkirai memiliki harga yang relatif lebih rendah dibandingkan kayu Ulin karena produksinya yang masih banyak. Wajar jika kayu ini banyak menjadi pilihan juga karena harganya.

Pool deck dengan kayu Merbau di Bali

Jenis kayu ini berasal dari daerah Papua Irian. Tidak kalah dengan kayu Ulin juga Bengkirai, kayu Merbau juga kerap dijadikan pilihan. Kayu ini memiliki warna cokelat kemerahan. 

Sayangnya kayu ini kerap mengeluarkan getah merah jika terkena air. Untuk itu memang kayu ini perlu diletakkan di daerah uang yang tidak begitu sering terkena air.

Lalu apa yang menjadikan kayu ini kerap dijadikan pool decking kolam renang ya? Ada beberapa keunggulan pula yang patut Anda pertimbangkan. Berikut keunggulan yang dimiliki oleh kayu Merbau ialah:

  • Sangat berkualitas dan menempati kelas 1.
  • Tahan terhadap berbagai cuaca. Sebagai dek kolam renang tentu kita perlu menggunakan kayu yang tahan akan berbagai cuaca.
  • Penyusutan rendah. Perlu diketahui jikalau tingkat penyusutan kayu ini tidak begitu tinggi. Sehingga meski dikeringkan sekalipun penyusutannya tidak akan membuat kayu cacat.
  • Tahan akan serangan jamur. Salah satu problem yang kita hadapi kala menggunakan kayu sebagai dek ialah jamur. Akan tetapi tenang saja karena kayu ini ternyata tahan akan serangan jamur.

Intinya kala memilih kayu sebagai dek kolam renang kita ialah menyesuaikan dengan kebutuhan. 

Jikalau tidak memiliki budget lebih maka bisa menghubungi kayu sesuai dengan dana yang dimiliki. 

Tidak perlu memaksakan diri. Mengingat tiga jenis kayu di atas sama-sama memiliki kualitas yang bagus juga.

Nah itulah tadi berbagai penjelasan mengenai pool decking dan juga kayu yang biasa digunakan sebagai decking kolam renang di bali. 

Semoga melalui pembahasan di atas, wawasan kita semakin bertambah dan semakin bijak dalam menentukan pilihan.