Kontraktor Konstruksi Baja Berat Di Bali

Penggunaan Konstruksi Struktur Baja Berat Pada Bangunan Di Bali

Material baja menjadi sah satu material konstruksi yang memiliki keunggulan lebih kuat. Hal tersebut dikarenakan logam ini terdiri dari unsur yakni karbon dan besi. 

Selain lebih kuat, kontruksi struktur baja berat banyak juga dikatakan lebih efesien serta lebih awet dimandikan materi lainnya.

konstruksi baja bali

Sifat baja yang ringan dengan kekuatan yang tinggi menjadikannya sebagai daya tarik. 

Pasalnya material ini dapat menghadapi cuaca ekstrem lebih baik dan tahan akan gempa. 

Saat ini sudah banyak konstruksi bangunan yang menggunakan konstruksi struktur baja. Ada berbagai keuntungan tersendiri menggunakan baja dalam kontruksi pembangunan.

Misalnya saja untuk kualitas dari bahan material itu sendiri akan lebih kuat, tahan lama, sangat kokoh serta mudah dalam perawatan. 

Bahkan pembangunan gedung bertingkat juga rumah-rumah sudah menggunakan kontruksi baja. 

Mengingat pemasangannya dinilai lebih praktis. Selain itu, untuk jenis juga ukuran baja lebih bervariasi juga.

Keunggulan Menggunakan Kontruksi Baja Berat

Dalam pembangunan konstruksi menggunakan baja berat memang sudah banyak digunakan di era ini. Hal tersebut dikarenakan berbagai kelebihan yang dapat dinikmati secara langsung oleh pengguna dan kontraktor. Berikut di antaranya kelebihannya:

Tidak berat

Keunggulan penggunaan konstruksi struktur baja berat dalam konstruksi pertama ialah mengenai bobot dari material baja itu sendiri. Dimana material baja memiliki sifat yang ringan dibandingkan beton. Sehingga dapat memudahkan dalam proses transportasi dan kontruksi bangunan. Bahkan tidak akan memakan banyak tenaga kerja pula. Material yang ringan membuatnya lebih hemat dalam biaya pengiriman material.

Lebih dari itu, pengurangan anggaran juga dapat dilakukan dengan menyederhanakan desain dari pondasi bangunan. Daya tarik tinggi yang dimiliki oleh baja juga membuat potensi beban mati menjadi kecil. Wajar jika kontruksi baja banyak digunakan dan dipilih.

Lebih hemat biaya

Dalam hal pembangunan rasanya setiap orang ingin mendapatkan pengeluaran yang minim. Mengingat biaya untuk melakukan pembangunan cukup besar di zaman ini. Salah satu keunggulan dari penggunaan baja berat ialah lebih hemat dari segi biaya. Kontruksi yang menggunakan baja menjadikan proses pembangunan dapat berjalan lebih cepat.

Meski proses pembangunan berjalan cepat akan tetapi hasilnya juga baik. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang cukup besar dalam pembuatan bangunan. Bahkan biaya perawatan bangunan yang menggunakan baja berat ini dinilai lebih murah.

Lebih tahan lama serta awet

Kelebihan penggunaan konstruksi struktur baja berat lainnya ialah lebih awet dan tahan lama. Pastinya setiap orang ingin mendapatkan hasil bangunan yang tahan lama serta awet. Jika Anda mencari ketahanan serta keawetan maka gunakan saja baja berat ini. Pasalnya untuk ketahanan dapat mencapai angka 50 tahun lebih. Selain itu perawatannya juga cenderung mudah.

Pekerjaan cepat selesai

Penggunaan baja berat dalam kontruksi juga membuat pengerjaan dapat berjalan lebih cepat. Hal ini pula yang menjadikannya lebih hemat dalam hal biaya tenaga kerja. Bahkan dikatakan dapat menghemat waktu pengerjaan hingga berbulan-bulan juga. Bagi Anda yang ingin menempati hunian baru dengan cepat rasanya material ini patut dipilih.

Hemat biaya arsitektur

Penggunaan kontruksi baja ini akan membuat Anda tidak perlu mengeluarkan buaya arsitektur. Pasalnya untuk membuat struktur baja bagus tidak perlu menambahkan betton sebagai pembungkusnya. Cukup cat saja maka bangunan sudah terlihat bagus. Bagaimana, hemat berkali-kali bukan jika demikian adanya?

Manfaat Gunakan Konstruksi Struktur Baja Berat Pada Bangunan Di Bali

Menggunakan konstruksi baja berat pastinya membawa berbagai manfaat. Jika dibandingkan menggunakan kayu maupun beton, saat ini baja menjadi pilihan yang paling banyak diminati. Penasaran apa saja sebenarnya manfaat penggunaan baja dalam kontruksi bangunan?

Lebih efesien

Seperti yang telah kita ketahui jikalau untuk ukuran baja berat ini beragam. Pastinya Anda dapat melakukan pemesanan sesuai ukuran bangunan. Bahkan subframe baja sendiri dapat disatukan dalam hitungan hari juga. Waktu pemasangan juga dapat dipercepat karena pelat serta gusset sudah disesuaikan dengan panjang yang dibutuhkan.

Lebih hemat dalam hal pemeliharaan

Perlu diketahui pula jika baja memang dapat bertahan lebih lama dibandingkan kayu. Bahkan ketahanan korosi pada lingkungan yang keras juga lebih besar. Selain itu, sangat tahan terhadap pembusukan kayu juga rayap. Jika ingin melakukan renovasi maupun perbaikan dapat lebih mudah juga.

Desain dapat disesuaikan

Manfaat lainnya menggunakan baja dalam kontruksi ialah pada desainnya. Dimana desain salah disesuaikan. Hal ini dikarenakan kekuatan baja yang dapat dimanfaatkan untuk membuat bentang terbuka lebih besar. Sehingga dapat lebih menarik untuk dilihat dan nyaman digunakan.

Keamanan terjamin

Perlu diketahui jikalau dibandingkan dengan material kayu, tentu manfaat material baja lebih bisa dirasakan. Mengingat material baja akan lebih aman jika dibandingkan dengan material kayu tradisional. Bahkan material baja juga jauh lebih tahan api dibanding material kayu yang lebih mudah terbakar.

Sambungan dari baja yang disambung menggunakan las lebih aman dan kuat dibandingkan menggunakan sambungan kayu. Selain itu, sambungan las juga lebih mudah untuk diperiksa dan dicek menggunakan non-destruktif.

Kualitas lebih baik

Kualitas baja berat dalam kontruksi sudah pasti lebih baik dibandingkan material lainnya. Hal ini dikarenakan ketahanan dari material baja. Bahkan sebelumnya kita bahas jika material baja tahan terhadap berbagai cuaca ektrim dan korosi. Melihat semua ini sangat jelas jika manfaat penggunaan baja salah satunya dalam kontruksi ialah kualitas bangunan lebih baik.

Dalam pembangunan rumah hunian memang ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Terlebih mengenai budget yang sangat pokok dalam pembangunan rumah. Jangan lupa untuk menyiapkan dana lebih untuk berjaga-jaga. Agar selepas rumah selesai Anda masih memiliki pegangan uang untuk keperluan mendadak dan mendesak. 

Pembahasan mengenai konstruksi struktur baja berat. Mulai dari kelebihannya hingga manfaatnya dalam kontruksi bangunan. Memang benar jika secara kekuatan dan ketahanan jauh lebih baik dibandingkan material lainnya. 

welding kontraktor bangunan di bali

Konstruksi Struktur Baja Berat

Konstruksi baja berat digunakan dalam konstruksi bangunan karena baja berat memiliki daya tinggi dan sangat kuat menahan beban tarik maupun tekan.

sistem konstruksi baja memiliki berbagai jenis estetika dan terlihat modern,  konstruksi baja lebih kecil dari sistem konstruksi beton, struktur baja berat tidak memerlukan perancah seperti struktur beton terkecuali untuk konstruksi beton itu sendiri dan konstruksi baja dapat dibuat dengan relatif lebih cepat.

Baja juga tergolong komponen yang sangat ringan dibandingkan dengan konstruksi beton sehingga sangat cocok diaplikasikan pada berbagai konstruksi bangunan.

Keuntungan konstruksi Baja sebagai Material Struktur

  1. Kekuatan Konstruksi struktur Baja walaupun dari jenis yang paling rendah kekuatannya, tetap mempunyai perbandingan kekuatan per-volume lebih tinggi bila dibandingkan dengan bahan-bahan bangunan lainnya yang umum dipakai.
  2. Kemudahan Pemasangan pada bagian-bagian dari konstruksi baja bisa dipersiapkan di bengkel, sehingga satu-satunya kegiatan yang dilakukan di lapangan ialah kegiatan pemasangan bagian-bagian konstruksi yang telah dipersiapkan.
  3. Keseragaman, Sifat konstruksi baja tidak berubah banyak terhadap waktu
  4. Elastisitas, konstruksi Baja berperilaku mendekati asumsi perancang teknik dibandingkan dengan material lain karena baja mengikuti hukum Hooke hingga mencapai tegangan yang cukup tinggi.
  5. Permanen, Portal baja yang mendapat perawatan baik akan berumur sangat panjang, bahkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi tertentu baja tidak memerlukan perawatan pengecatan sama sekali.
  6. Daktilitas, didefinisikan sebagai sifat material untuk menahan deformasi yang besar tanpa keruntuhan terhadap beban tarik.
  7. Liat (Toughness), konstruksi struktur baja berat merupakan material yang liat artinya memiliki kekuatan dan daktilitas. Kemampuan material untuk menyerap energi dalam jumlah yang cukup besar disebut toughness.
  8. Tambahan pada Struktur yang Telah Ada, Struktur baja sangat sesuai untuk penambahan struktur. Baik sebagian bentang baru maupun seluruh sayap dapat ditambahkan pada portal yang telah ada

Persiapan Dalam Membangun Dengan Konstruksi struktur Baja Berat

Dalam pembuatan bangunan atau kala ingin membangun rumah ada beberapa hal pokok pula yang perlu Anda persiapkan. Yuk pastikan Anda telah mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

Lahan yang cukup.

Kala ingin membangun sebuah rumah hunian pastikan jika Anda telah memilih lokasi yang tepat. Usahakan memilih lahan yang cukup dekat dengan keramaian untuk mempermudah akses ke segala arah.

Budget

Biaya pembuatan rumah untuk saat ini memang tidak murah. Pastikan jika Anda sudah memilih budget yang cukup untuk mempekerjakan kontraktor bangunan dan menggunakan konstruksi struktur baja berat.

Desain rumah

Setiap orang pasti memiliki rumah impian bukan? Sudah memiliki desain yang cocok untuk rumah Anda? Pastikan Anda membuat desain sesuai keinginan. Mengingat membangun rumah itu sekali dalam seumur hidup.

Memilih Kontraktor baja di Bali

Pilih kontraktor konstruksi struktur baja yang tepat. Pilih penyedia jasa yang memiliki kredibilitas baik dan sudah berpengalaman. Pastinya meminta saran dari orang lain juga diperlukan. Mengingat mereka memiliki pengalaman khusus terhadap kontraktor bangunan juga.

Kelebihan lainnya dari Konstruksi Baja

kemudahan penyambungan baik dengan baut, paku keling maupun las, cepat dalam pemasangan, dapat dibentuk menjadi profil yang diinginkan.

Kemungkinan untuk penggunaan kembali setelah pembongkaran, masih bernilai meskipun tidak digunakan kembali sebagai elemen struktur, adaptif terhadap prefabrikasi.

Hampir semua sistem konstruksi baja berat terbuat dari elemen linear yang membentang satu arah. Berbagai penampang baja profil dengan flange lebar yang tersedia dalam berbagai ukuran dapat digunakan. Banyaknya ukuran penampang ini memungkinkan fleksibilitas dalam desain elemen balok-dan-kolom.

konstruksi baja di bali

kemudahan penyambungan baik dengan baut, paku keling maupun las, cepat dalam pemasangan, dapat dibentuk menjadi profil yang diinginkan.

Kekuatan terhadap fatik, kemungkinan untuk penggunaan kembali setelah pembongkaran, masih bernilai meskipun tidak digunakan kembali sebagai elemen struktur, adaptif terhadap prefabrikasi.

 

Hampir semua sistem konstruksi baja berat terbuat dari elemen linear yang membentang satu arah. Berbagai penampang baja profil dengan flange lebar yang tersedia dalam berbagai ukuran dapat digunakan.

Banyaknya ukuran penampang ini memungkinkan fleksibilitas dalam desain elemen balok-dan-kolom.

Meskipun hubungan sederhana (sendi) umumnya digunakan pada sistem ini, kita dapat dengan mudah membuat titik hubung yang mampu memikul momen.

Struktur rangka yang titik-titik hubungnya mampu memikul momen, mempunyai tahanan terhadap beban lateral cukup besar. Kestabilan lateral juga dapat ditingkatkan dengan menggunakan dinding geser atau elemen pengekang diagonal.

JENIS BAJA

Baja Wide Flange (WF)

Baja jenis ini merupakan jenis baja yang paling sering digunakan dalam dunia konstruksi. 

Baja Kanal U (UNP)

Baja kanal U ini juga biasa digunakan dalam konstruksi kolom jembatan. Meskipun sangat jarang digunakan karena lebih mudah mengalami lekukan. 

Baja CNP / C channel (Lipped Channel)

Paling sering digunakan dalam konstruksi yang lebih rumit, antara lain untuk balok dudukan penutup atap (purlin), girts atau elemen yang digunakan untuk pegangan penutup dinding misalnya metal sheet, member pada truss, rangka komponen arsitektural dan konstruksi lainnya.

Baja H-Beam

Biasa digunakan dalam konstruksi kolom jembatan, tiang pancang, kanopi, dan berbagai jenis konstruksi lainnya. Nama dari baja H-Beam ini adalah baja IWF, WF, UB.

Baja Siku

Jenis baja ini memiliki 2 macam, yakni baja siku biasa dan siku berlubang. Ukuran yang dimiliki pun  antara 50 mm sampai 250 mm. tipe baja jenis ini pun juga bermacam-macam, yakni tipe equal angel dan unequal angel sedangkan jenis baja siku lubang biasanya digunakan untuk sandaran buku dan rak lemari.

Steel Pipe

Jenis baja yang satu ini biasa digunakan untuk konstruksi bracing, baik secara horizontal maupun secara vertical. Biasanya juga digunakan dalam pembuatan rangka atap, kolom arsitektur, serta support komponen arsitektur lainnya karena memang baja steel pipe ini memiliki nilai artistic yang bagus karena memilii bentuk silinder.

Baja T-Beam (Hot Rolled)

Jenis baja T-Beam ini memang dikhususkan untuk sebuah konstruksi yang membutuhkan kekuatan bahan bangunan. Baja T-Beam ini memiliki sebuah struktur berupa load-bearing-logam yang berbentuk seperti huruf  T. 

Kontraktor Baja Di Bali

konstruksi baja bali

Perkembangan zaman mempengaruhi perkembangan manusia untuk perkembangan kearah yang lebih baik dan menuntut setiap bangsa untuk berusaha maju.

Begitu pula pada perkembangan baja, dimana penggunaan baja mempengaruhi pada konstruksi bangunan disetiap pelosok.

Oleh sebab itu, gunakanlah baja untuk konstruksi bangunan dan lain-lain, karena dengan menggunakan baja pekerjaan lebih cepat dan praktis.

Kami adalah Kontraktor konstruksi baja di Bali untuk pergudangan yang professional dan berpengalaman menangani proyek dengan skala kecil, menengah maupun besar. Kami dapat mewujudkan struktur bangunan baja anda dengan hasil yang memuaskan.

Sebagai kontraktor bangunan dengan struktur baja berat yang telah berpengalaman di bali, kami juga siap untuk membangun villa , kantor, kos kosan, pabrik dan bangunan lainnya dengan megah kokoh dan perkasa menggunakan bahan dari baja berat seperti WF Maupun H-beam dengan berbagai macam ukuran.