Ukuran Besi Baja WF Untuk Rumah 2 Lantai

Besi baja WF atau Wide Flange merupakan jenis besi konstruksi yang memiliki bentuk yang mirip baja H beam. Baja WF memiliki kuping atau sayap yang lebih lebar. Baja WF dalam kegunaannya untuk konstruksi bangunan mempunyai sifat kepadatan yang tinggi sehingga cocok untuk struktur bangunan. Di sini nantinya akan di bahas mengenai ukuran besi baja wf untuk rumah 2 lantai.

Baja WF di produksi di pabrik yang khusus untuk memproduksi baja-baja konstruksi. Baja WF di buat dengan cara logam baja mentah di lelehkan dan di cetak dengan bentuk plat yang di roll, kemudian baja WF di bentuk dengan cara di las. Berbeda dengan baja H beam yang memiliki cara produksinya sendiri. Hal ini bisa di ketahui dengan  perbedaan besi baja H beam dan baja WF di pembahasan artikel selanjutnya.

Ukuran Besi Baja WF Untuk Rumah 2 Lantai

Kelebihan Desain Rumah dengan Konstruksi Baja

Dalam menentukan ukuran besi baja WF untuk rumah 2 lantai, terdapat beberapa langkah yang harus anda cermati. 

Langkah-langkah tersebut berupa konsep struktur konstruksi baja yang akan anda petakan untuk kemudian di implementasikan pada proses pengerjaannya. 

Langkah-langkah tersebut berupa konsep struktur konstruksi baja yang akan anda petakan untuk kemudian di implementasikan pada proses pengerjaannya. 

Untuk lebih jelasnya, kami akan mengurutkannya dalam poin-poin penting sebagai berikut ini :

A. Mengukur besi baja wf

Ukuran besi baja wf untuk rumah 2 lantai biasanya menggunakan baja wf yang memiliki dimensi ukuran 400 x 200 mm untuk pembangunan konstruksi di atas lantai yang memiliki luas sekitar 15 x 20 m2.

B. Penggunaan lantai

Ukuran besi baja wf untuk rumah 2 lantai untuk lantai dengan ukuran minimalis yang luasnya 15 x 20 m2, maka penggunaan lantainya bisa memilih menggunakan beton, plat baja, atau papan grc (grc board). Jika anda memilih menggunakan cor beton dengan ukuran 20 cm floor hardener 3. Anda memerlukan elemen tambahan seperti plat besi beton untuk di tanamkan di dalam cor-coran.

C. Mengatur kolom baja

Ukuran besi baja wf untuk rumah 2 lantai dalam pengaturan kolom baja atau kolom pedestal berguna sebagai dudukan tiang pancang konstruksi baja WF dengan ukuran 2540 besi tulangan dengan diameter 13 ulir yang berstandar SNI.

D. Menggunakan kombinasi

Konstruksi baja berat memang di kenal memiliki waktu pengerjaan yang relative cepat di bandingkan jenis konstruksi yang lain. Namun, untuk mendapatkan waktu pengerjaan yang ringkas, anda bisa mencoba menggunakan kombinasi antara rangka baja dan panel lantai aac. Tentunya anda juga membutuhkan pertimbangan yang matang dengan memperhatikan kondisi struktur yang lainnya.

E. Menentukan jenis struktur

Kelebihan desain rumah dengan konstruksi baja yang kelima adalah konstruksi baja lebih awet. 

Baja memiliki ketahanan terhadap suhu, cuaca dan berbagai kondisi alam lainnya. Konstruksi baja bisa bertahan hingga 10 tahun lebih di tanah yang stabil. 

Sehingga anda memerlukan modal sekali untuk bangunan yang masa keawetannya bisa sampai jangka panjang.

F. Menghitung pondasi

Ukuran besi baja wf untuk rumah 2 lantai dalam perhitungan pondasi rumah dengan konstruksi baja, harus berdasarkan peraturan pembebanan Indonesia. Pengukuran pondasi menggunakan kolom beton dengan ukuran 15 x 15 cm di tambah selibut beton sebesar 25 cm. Ukuran begel kolom praktis perkiraan sekitar 10 x 10 cm dengan menggunakan besi beton bertulang sejumlah 4 buah.

G. Beban gempa

Anda bisa memperhatikan beban gempa pada konstruksi baja anda jika bangunan anda dalam skala menengah ke atas atau lebih tepatnya tinggi struktur bangunan tidak lebih dari 10 tingkat atau 40 meter. Perhitungan beban gempa menggunakan rumus tertentu yang cukup rumit bagi orang awam. Solusinya anda bisa mengkonsultasikan kepada ahli konstruksi atau tenaga kontraktor yang berpengalaman. Bagi bangunan yang menggunakan struktur konstruksi yang rendah, anda tidak perlu menggunakan beban gempa.

Tabel Ukuran Dimensi Besi Baja WF (Wide Flange)

Dari beberapa poin di atas, anda perlu pedoman dalam menghitung ukuran baja untuk konstruksi. Penggunaan tabel ukuran baja wf ini dapat membantu anda dalam memilih dan memperkirakannya untuk pemasangan kerangka konstruksi. Ukuran besi baja wf untuk rumah 2 lantai bisa di perkirakan dengan melihat tabel di bawah ini. Berikut adalah tabelnya :

Untuk cara membaca dimensi ukuran baja wf di atas, cukup mudah. Misalnya ukuran 350 x 175 x 7 x 11 mm, yaitu panjang baja wf 350 mm, lebar 175 mm, tebal badan 7 mm, dan tebal sayap 11 mm. Ukuran bajanya sebesar 12 meter dengan berat sebesar 595,2 kilogram. Atau jika di hitung per meternya bisa langsung di bagi dengan rumus 595,2 kg : 12 meter = 49,2 kg per meter.

Jasa konstruksi baja berat CV Griya Cipta Pradhana

CV Griya Cipta Pradhana merupakan Kontraktor  bali yang sudah berpengalaman dalam menangani berbagai model bangunan. 

CV Griya Cipta Pradhana juga melayani konsultasi konsep dan pola konstruksi bangunan yang anda butuhkan. 

Misalnya anda ingin membuat rumah 2 lantai menggunakan konstruksi baja WF.

Konstruksi baja bali akan membantu anda dalam pengelolaan proyek konstruksi, karena kontraktor memiliki tenaga ahli di bidang teknik sipil dan konstruksi bangunan itu sendiri. 

Jadi, anda jangan khawatir jika hasil bangunan tidak memuaskan. CV Griya Cipta Pradhana akan memberikan garansi bagi anda dalam proses pembangunan konstruksi baja.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai CV Griya Cipta Pradhana, anda bisa mengunjungi situs website, atau datang langsung ke lokasi kantor di Jalan Pidada III No. 8, Ubung, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Provinsi Bali.

Itulah ulasan ukuran besi baja wf untuk rumah 2 lantai. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembangunan konstruksi 2 lantai, anda perlu menghitung konsep secara mendetail. 

Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa membantu anda memperkirakan konstruksi baja yang anda inginkan.