Kelebihan Dan Kekurangan Baja Serta Alasan Mengapa Konstruksi Baja Membuat Rumah Lebih Aman

Dulu mungkin saat kita mendengar seputar konstruksi struktur baja, pikiran kita akan langsung memikirkan tentang gedung – gedung tinggi pencakar langit. Pabrik besar atau pun konstruksi bangunan – bangunan besar seperti jembatan misalnya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa memang konstruksi baja memiliki ketahanan dan kekuatan yang memang sudah tidak diragukan lagi. 

Selain kekuatannya yang sangat unggul, konstruksi baja ini juga mempunyai bobot yang ringan dan juga proses instalasi yang lebih mudah.

Hal ini lah yang seiring waktu membuat konstruksi baja selalu dipilih menjadi konstruksi sebuah bangunan karena sisi keamanan nya yang tinggi.

Bahkan saat ini konstruksi baja sudah dipilih dan digunakan untuk membangun rumah hunian. 

Keunggulan – keunggulan yang dimiliki konstruksi baja tersebut yang membuat rumah hunian kalian menjadi lebih aman.

Dibalik semua keunggulannya tersebut, konstruksi baja juga memiliki kekurangan – kekurangan tertentu.

Nah untuk itu pada artikel kali ini kami akan coba memberikan penjelasan perihal keunggulan dan kekurangan daripada konstruksi baja untuk membangun rumah hunian kalian.

Silahkan disimak penjelasannya berikut ini:

Kelebihan Dari Konstruksi Baja

1. Konstruksi Baja Berbobot Lebih Ringan Dibandingkan Konstruksi Kayu

Bagaimana bisa baja berbobot lebih ringan dibandingkan kayu? 

Saat kalian memotong baja dan kayu dalam skala ukuran tertentu yang sama, maka benar baja akan berbobot lebih berat dibandingkan kayu tersebut.

Akan tetapi apabila kita membicarakan perihal konstruksi, berdasarkan karakteristiknya tersebut konstruksi baja akan memiliki bobot yang lebih ringan daripada konstruksi kayu itu sendiri.

Dengan bobot yang lebih ringan tersebut konstruksi baja ini memudahkan kita untuk mendesain pondasi rumah ataupun sebuah bangunan beserta struktur dari penopang lainnya.

Kebutuhan akan tenaga dan anggaran pun dalam pengiriman serta pemasangan juga bisa dipangkas dibanding menggunakan konstruksi kayu.

2. Konstruksi Baja Memiliki Kestabilan Yang Bagus

Dengan memiliki beban mati yang terbilang cukup kecil ini, konstruksi baja mampu menopang diri sendiri jika digunakan untuk bagungan yang tinggi ataupun luas.

Disamping itu jika kalian membangun diatas tanah yang labil, konstruksi baja ini menjadi solusi untuk hal tersebut. Konstruksi baja akan mampu menopang bangunan kalian diatas tanah yang labil.

Konstruksi baja juga sudah membuktikan memiliki kualitas yang sangat baik. Konstruksi baja adalah produksi pabrikan yang dimana baja tersebut memiliki mutu yang sudah terstandarisasi untuk hasil produksinya.

Sehingga kalian tidak perlu repot untuk memikirkan kualitas konstruksi baja kalian dalam jangka waktu yang lama. Karena konstruksi baja sudah terbukti dan dikenal dapat bertahan dalam waktu yang lama.

3. Pembangunan Konstruksi Baja Membutuhkan Waktu Yang Lebih Singkat

Dengan bobot yang lebih ringan serta bentuk yang lebih mudah untuk dibentuk, konstruksi baja ini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk digunakan saat membangun rumah.

Sehingga kalian dapat membangun rumah kalian hanya dalam waktu tempo yang sangat singkat jika menggunakan konstruksi baja.

Dengan segala kemudahannya tersebut, konstruksi baja pun bisa membuat faktor human error nya menjadi lebih kecil dibanding konstruksi kayu itu sendiri.

4. Konstruksi Baja Pada Bangunan membuat Lebih Aman Dari Gempa

Hal ini disebabkan oleh kemampuan Daktilitas dari konstruksi baja itu cukup tinggi sehingga memiliki elastisitas dan mampu menahan beban yang besar. Daktilitas itu sendiri adalah kemampuan dari sebuah material dalam merenggang hingga akhirnya putus.

Pada saat terjadinya gempa, daktilitas material bangunan inilah yang akan menahan kekuatan serta kekakuan struktur bangunan tersebut sehingga struktur bangunan akan masih berdiri walau telah mengalami proses ambang keruntuhan.

Konstruksi baja juga memberikan keuntungan lain yaitu konstruksi baja akan memberi tanda-tanda pembengkokan akibat beban yang ditanggung terlalu berat sehingga bisa memberi waktu cukup untuk kita mengantisipasi keruntuhan.

Dengan kemampuan ini konstruksi baja membuat rumah hunian kita lebih aman pastinya dari gempa.

5 Konstruksi Baja Lebih Murah Penggunaannya Dalam Jangka Panjang

Dalam waktu penggunaannya yang panjang, konstruksi baja ini akan meringankan isi dompet kalian.

Konstruksi baja ini dapat bertahan dalam waktu puluhan tahun serta setelah mencapai masa waktu penggunaan nantinya konstruksi baja tersebut dapat didaur ulang dan tidak menjadi sampah.

Untuk biaya perawatan, perbaikan dan penggantian sendiri konstruksi baja hanya memakan sedikit biaya saja.

6. Konstruksi Baja Dapat DIdaur Ulang

Yup, benar sekali. Konstruksi baja yang sudah mencapai masa waktu penggunaannya tidak akan menjadi sampah akan tetapi bisa kita daur ulang kembali sehingga konstruksi baja jauh lebih ramah lingkungan.

Dengan proses daur ulang tersebut juga bisa mengurangi emisi karbon dioksida yang benar – benar mengganggu lingkungan.

Kekurangan Dari Konstruksi Baja

Setiap material dengan segala keunggulannya pasti memiliki kekurangan juga. Begitupun dengan konstruksi baja ini sendiri.

Hadir dengan segala kelebihannya yang sudah kami bahas diatas, selanjutnya akan coba kami berikan beberapa kekurangan dari penggunaan konstruksi baja.

Berikut beberapa kekurangan konstruksi baja :

1. Konstruksi Baja Membutuhkan Biaya Yang Mahal Di Awal

Untuk perawatan, konstruksi baja memang memiliki harga yang cukup murah dan terjangkau.

Akan tetapi pada fase awal pembangunan, konstruksi baja memang membutuhkan biaya yang cukup mahal. Biaya tersebut adalah biaya pengadaan dari pada bahan – bahan konstruksi baja itu sendiri.

Baja rentan terhadap air dan juga udara yang menyebabkan korosi, untuk itu perlu dilakukan pengecatan secara berkala terhadap konstruksi baja tersebut.

2. Konstruksi Baja Tidak Tahan Terhadap Api

Jika dibandingkan dengan konstruksi dari beton, konstruksi baja termasuk yang tidak tahan terhadap bencana kebakaran atau api khususnya.

Bangunan berkonstruksi baja cenderung lebih cepat hangus terbakar dibandingkan beton itu sendiri.

Untuk itu mengapa bangunan berkonstruksi baja ini sangat mengkhawatirkan kondisi kebakaran.

3. Konstruksi Baja Rentan Buckling

Untuk pembuatan kolom, konstruksi baja merupakan material yang tidak bagus untuk digunakan. Dengan elemen tekanannya yang bekerja secara langsung maka konstruksi baja rentan sekali mengalami buckling.

Untuk mensiasati nya maka saat pembuatan kolom itu sendiri dibutuhkan material tambahan dimana nantinya berfungsi untuk menopang baja itu sendiri agar tidak mengalami buckling tersebut.

4. Konstruksi Baja Lemah Dengan Beban Siklik

Beban siklik atau yang disebut dengan cyclic load merupakan tekanan yang terjadi berulang kali dengan tempo waktu yang teratur pada suatu bagian, yang lama kelamaan akan menyebabkan kelelahan pada bagian tersebut.

Begitupun dengan konstruksi baja, apabila mengalami beban siklik akan menurunkan kekuatan baja itu sendiri.

Untuk itu dibutuhkan rancangan yang baik dan benar guna mengurangi efek dari beban siklik terhadap konstruksi baja pada bangunan.

Demikian lah kelebihan dan kekurangan daripada konstruksi baja dimana akan membuat bangunan rumah kalian menjadi lebih aman dibanding dengan pilihan material lainnya.

Silahkan dilihat dan diperhitungkan kembali perihal kelebihan dan kekurangan dari konstruksi baja untuk rumah hunian kalian.

Sampai jumpa di artikel berikutnya.