Kontruksi adalah suatu kegiatan membangun sarana dan prasarana. Kontruksi ini juga dikenal sebagai bangunan. Dalam proyek, diperlukan tenaga kerja, material, teknologi dan alat. Alat yang digunakan dalam dunia proyek banyak sekali jenis dan ragamnya. Salah satunya adalah alat berat. Alat berat ini berguna untuk mengangkut material kontruksi.

Jenis alat-alat yang digunakan dalam kontruksi

  1. Tower Crane
tower crane kontraktor bangunan di bali

Tower Crane adalah salah satu alat berat yang digunakan dalam setiap pembangunan. Khusunya untuk pembangunan gedung bertingkat yang mengangkat material ke tempat yang lebih tinggi. Misalnya mengakat beton. Tim kontruksi menggunakan tower crane untuk mengangkat baja ataupun beton, alat berat seperti generator obor dan esetilen, dan berbagai macam meterial yang akan digunakan. Lengan horizontal panjang pada tower crane adalah bagian dari derek yang akan membawa beban hingga dimungkinkan material bangunan mampu diangkat ke tempat yang lebih tinggi secara vertical. Alat lain selain tower crane ini yaitu scaffolding.

2. Mobil Crane

sewa mobil crane kontraktor bangunan di bali

Mobil Crane adalah salah satu alat berat yang digunakan saat kontruksi dan biasanya digunakan untuk konstruksi baja. Cara kerja mobil crane ini yaitu dikendalikan oleh penggerak hidrolik dengan booming teleskopik yang dipasang pada truk dengan modifikasi tertentu. Mobil crane ini berfungsi untuk membawa alat dan material ke situs kontruksi. Salah satu materialnya adalah instalasi pagar beton dan pemindahan beton precast mauoun mengangkat dan memindahkan batangan baja berat H Beam maupun WF. 

3. Excavator

sewa excavator kontraktor bangunan di bali

Excavator adalah alat berat yang sering disebut sebagai alat pengeruk. excavator terdiri dari boom atau lengan, jungkat jungkit, dan kokpit pada platform yang bisa berputar. Seiring denga perkembangan zaman, excavator memiliki banyak ukuran. Yang terkecil disebut compat mini excavator.

4. Dump Truck

truck sexy kontraktor bangunan di bali

Dump truck ini merupakan alat berat yang fungsinya untuk mengangkut material lepas (seperti kerikil, pasir atau puing -puing hancuran bangunan). Dump truck memiliki sistem hidrolik yang berguna untuk menuangkan atau menumpahkan muatan di dalam bak truck ketempat yang diinginkan. Penggunakan alat dump truck ini bisa untuk berbagai keperluan kontruksi seperti jalan, jembatan maupun bangunan perumahan. Foto diatas hanya pemanis, itu bukan contoh foto dump truck ya.

5. Concrete Vibrator

Concrete vibrator adalah salah satu alat mekanis yang digunakan untuk menciptakan getaran dalam beton yang masih basah. Getaran yang dihasilkan oleh concrete vibrator ini menyebabkan campuran lebih padat dan menghilangkan rongga udara. Adapaun fungsi lainnya yaitu untuk mengurangi gesekan internal komponen campuran semen, agregat, dan air. Selain fungsi tersebut, getaran yang dihasilkan oleh concrete vibrator juga untuk mencapai konsolidasi campuran beton.

6. Bulldozer dan loader

Sebelum memulai sebuah kontruksi, biasanya dimulai dengan merobohkan bangunan. Maka alat yang digunakan yaitu bulldozer. Selain itu, bulldozer juga berguna untuk memindahkan tanah da berbagai elemen lain seperti kerikil. Sedangkan untuk loader berfungsi untuk penggusuran dan pengakutan material hancuran.

7. Backhoe loader

Backhoe loader adalah alat berat yang fungsinya untuk penggalian. Biasa dipakai untuk menancapkan tiang maupun untuk membuat pondasi. Alat ini sangat penting dalam berbagai proyek, seperti pembangunan gedung maupun jembatan.

8. Scraper

Alat ini hampir sama dengan backhoe loader, scraper bisa dipakai untuk mengeruk tanah. Tidak hanya itu, alat ini juga bisa sekaligus mengangkut tanah hasil kerukan tersebut dan diangkut ke dalam bak untuk kemudian ditumpahkan kembali ke lokasi yang dikehendaki.

9. Sheep foot roller

Sheep foot roller ini berperan dalam pemadatan tanah yang kondisinya lembek. Alat berat ini dirancang dengan bentuk kaki sedemikian rupa hingga bisa bekerja pada kondisi tanah yang lembek atau liat.