Kenali Tugas dan Tanggung Jawab Kontraktor

Dalam membangun rumah, banyak hal yang perlu kamu pahami, bukan hanya terkait biaya untuk membangun rumah, tetapi juga hal hal yang berkaitan dengan dunia bangun rumah, salah satunya terkait tugas dan tanggung jawab kontraktor. Jika kamu menggunakan jasa bangun rumah dengan sistem borongan, otomatis seluruh proses kegiatan membangun rumah tersebut kamu serahkan sepenuhnya kepada pihak pemborong bangunan tersebut.

Dan nantinya yang akan bertanggung jawab kepadamu adalah kontraktor. Seorang kontraktor bangunan harus memiliki skill yang mumpuni serta pengalaman dalam melakukan pekerjaan konstruksi bangunan. Buat kamu yang ingin membangun rumah, kenali dulu tugas dan tanggung jawab kontraktor  bangunan berikut. 

industrial design

Pengertian Kontraktor

Sebelum mengetahui bagaimana tugas dan tanggung jawab kontraktor, ada baiknya kita ketahui dulu pengertian dari kontraktor. Kontraktor dapat diartikan sebagai seseorang yang ditunjuk sebagai pelaksana sekaligus penanggung jawab sebuah proyek yang memiliki surat ijin resmi berbadan hukum dan menangani hal hal yang berkaitan dengan keahliannya. Saat seseorang menggunakan jasa kontraktor untuk mengurus pembangunan rumahnya, pemilik rumah dan kontraktor akan membuat surat perjanjian tentang penunjukan tugas dan menandatangani surat tersebut sehingga sah secara hukum. Pemilik rumah akan mempercayakan sepenuhnya tugas pembangunan rumah tersebut kepada kontraktor. Nantinya agar kontraktor bekerja dengan maksimal, akan dibentuk tim pengawas yang bertugas mengawasi dan mengontrol kinerja dari kontraktor bangunan tersebut. 

Tugas Kontraktor

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah di Bali? Akan banyak sekali peminatnya dan tentunya Anda juga akan saling bersaing dengan pembeli yang lainnya untuk bisa mendapatkan rumah terbaik dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Anda juga bisa membeli tanah di wilayah Bali dengan memperhatikan rincian biaya bangun rumah di tanah tersebut. Walaupun ada beberapa daerah di Bali yang banyak diminati karena destinasi wisatanya, namun karena saat ini semakin banyak peminat, sehingga tempat tinggal di Bali pun semakin merata. Berikut tips untuk Anda sebelum membeli rumah di Bali.

Tanggung Jawab Kontraktor

Secara umum tanggung jawab seorang kontraktor adalah memastikan proses pembangunan berjalan lancar, dan pembangunan dapat selesai pada waktu yang ditetapkan dan juga sesuai dengan harapan pemilik rumah. Agar hal ini dapat terwujud, maka kontraktor harus secara rutin memberikan laporan kepada pemilik rumah terkait proses pembangunan, kemajuan pembangunan, kendala yang dihadapi, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, jumlah material yang digunakan, dan hal hal lainnya yang berkaitan dengan pembangunan rumah tersebut. jika terjadi kendala terkait tenaga kerja, maka kontraktor yang akan bertanggung jawab. Dan bila saat pembangunan ada kerusakan atau ada peralatan yang hilang, hal ini juga menjadi tanggung jawab kontraktor. Dapat dikatakan segala hal yang terjadi dalam proses pembangunan, kecuali akibat dari alam, merupakan tanggung jawab kontraktor. Itu lah beberapa hal yang menjadi tugas dan tanggung jawab kontraktor.