Harga Jasa Kontraktor Rumah

Dalam membangun rumah, memang salah satu hal yang sangat penting untuk disiapkan adalah biaya untuk membangun rumah. Namun bukan hanya biaya membangunnya saja yang perlu disiapkan, tapi juga biaya untuk kontraktornya. Jika kamu menggunakan jasa bangun rumah borongan, pastinya kamu akan menggunakan jasa kontraktor, karena kontraktor lah yang akan melaksanakan dan bertanggung jawab penuh atas pembangunan rumah kamu. 

Dengan adanya kontraktor kamu tidak perlu lagi repot repot mengurus hal hal yang berkaitan dengan pembangunan rumah kamu. Kamu cukup mengontrol sekali sekali, untuk memastikan proses pembangunan berjalan dengan lancar. Buat kamu yang ingin menggunakan jasa kontraktor rumah, berikut kami bagikan info terkait harga jasa kontraktor rumah saat ini. 

industrial design

Biaya Tenaga Kerja

Dalam pembangunan rumah menghitung kisaran harga jasa kontraktor rumah, dapat dilakukan dengan cara menghitung biaya tenaga kerja dan biaya bahan bangunan. Untuk biaya tenaga kerja sendiri, ada dua sistem pembayaran yang digunakan, yakni sistem harian dan sistem borongan. Jika menggunakan jasa kontraktor, biasanya yang digunakan adalah sistem borongan. 

Untuk tenaga kerja dengan pembayaran sistem harian, biasanya dikenakan tarif mulai dari Rp 70.000,- sampai Rp 200.000,- per orang untuk satu hari kerja.

Tarif tersebut tentunya dipengaruhi juga oleh keahlian tukang dan juga stratanya. Upah tukang pasti berbeda dengan upah asisten tukang dan juga mandor. Selain itu tarif tersebut juga dipengaruhi oleh Upah Minimum yang diberlakukan di daerah tersebut. 

Untuk tarif tenaga kerja dengan sistem borongan, biayanya berkisar Rp 600.000,- sampai dengan Rp 1.000.000,- per meter perseginya.

Jadi tarif per meter tersebut nantinya dikalikan dengan luas bangunan rumah tersebut. Sistem pembayarannya biasanya dapat dilakukan secara langsung maupun bertahap. 

Biaya Bangunan

Untuk biaya bangunan sendiri sebenarnya sulit memperkirakan kisaran biayanya, karena biaya bangunan sangat bergantung kepada jenis material yang digunakan, luas bangunan, daerah pembangunan dan tingkat kerumitan bangunan tersebut. 

Walaupun demikian, kita masih bisa menerka berapa biaya bangunan yang dibutuhkan untuk membangun rumah dengan tipe yang standar. Secara umum harga membangun rumah secara borongan dihitung per meter perseginya. Harga pasarannya saat ini mulai dari kisaran Rp. 3.000.000,- per meter persegi sampai dengan Rp. 10.000.000,- per meter perseginya.

Tentunya harga tersebut berbeda di setiap daerahnya dan juga berbeda untuk kawasan perkotaan dan pedesaan. Namun secara umum begitulah kira kira harga yang ditetapkan untuk bangun rumah secara borongan saat ini. Jika kamu menggunakan jasa kontraktor, pastinya harga tersebut juga akan digunakan dalam perhitungan mereka. Sebelum kamu nantinya berkonsultasi dengan kontraktor kamu, kamu bisa melakukan perhitungan dengan cara tersebut. 

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan bahwa biaya tersebut merupakan perhitungan kasarnya saja. Saat pembangunan nanti bisa saja ada biaya lain yang dibutuhkan.  Begitulah kira kira harga jasa kontraktor rumah saat ini.