industrial design

6 Ide Tata Ruang Dapur Minimalis Supaya Lebih Menarik

Mempunyai dapur yang bersih, cantik, dan tertata dengan rapi menjadi idaman bagi setiap orang. Namun, penataan dapur yang keliru kerap kali menjadikan area ini terlihat tidak menarik. Apalagi untuk dapur minimalis. Penataan yang tidak tepat justru membuat hunian minimalis terlihat tidak mempunyai ruang kosong. 

Supaya tidak keliru, berikut ini beberapa ide tata ruang dapur minimalis untuk tampilan yang lebih menarik. 

1. Tempatkan Perlengkapan Dapur dengan Sesuai

Menempatkan perlengkapan dapur dengan sesuai menjadi hal penting dalam tata ruang dapur minimalis. Peralatan masak yang sering digunakan seperti sendok, pisau, spatula dan lain-lain bisa Anda letakkan pada konter. Sementara peralatan yang hanya digunakan sesekali bisa Anda simpan. 

2. Ciptakan Kohesi Pada Dapur Minimalis

Jika Anda ingin tampilan dapur minimalis terlihat lebih luas, Anda bisa menciptakan ilusi ruangan. Salah satunya lewat pemilihan warna cat. Pilihlah warna cat yang senada dengan tumpukan barang-barang di dapur seperti piring. Warna yang sama akan membuat tumpukan barang terlihat menghilang dan menyatu sehingga dapur minimalis Anda terlihat lebih rapi dan luas. 

3. Gunakan Furnitur yang Sesuai di Dapur

Salah satu yang menunjang dalam interior dapur adalah bahan yang digunakan. Anda harus dengan cermat memperhatikan material yang digunakan pada interior dapur yang akan dipilih. Usahakan untuk berkonsultasi kepada ahlinya jika menemui kendala dalam memilih desain interior dapur.

4.Gunakan Furnitur yang Sesuai di Dapur

Pemilihan furnitur turut mempengaruhi tampilan dapur. Untuk dapur minimalis, pilihlah furnitur yang ramping dan terbuat dari bahan yang ringan. Dengan begitu dapur minimalis di hunian Anda tidak terlihat ramai. Furnitur yang bisa dipilih untuk dapur minimalis diantaranya adalah yang terbuat dari kayu atau stainless steel. 

5. Tambahkan Tanaman Kecil Supaya Lebih Menarik

Bila Anda menginginkan tampilan dapur yang menarik dan cantik, Anda bisa menambahkan tanaman hijau di area dapur. Menambahkan tanaman seperti parsley atau lavender di dekat jendela dapur dapat menghadirkan tampilan yang lebih segar. 

6. Pemilihan Dekorasi yang Tepat

Pemilihan dekorasi yang tepat turut mempengaruhi tampilan dapur minimalis. Sebagai pertimbangan, Anda bisa memilih perabotan berbentuk L yang terdiri dari dua counter. Penataan semacam ini akan membuat ruang gerak Anda lebih leluasa. 

Untuk menyempurnakan tampilan dapur minimalis, Ada bisa menambahkan kitchen island pada bagian tengah ruang dapur. Meski perabotan berbentuk L cocok untuk dapur minimalis, Anda tetap membutuhkan penataan dan perancangan yang tepat. 

Teknik menata dapur berbeda dengan menata ruangan pada umumnya. Dalam tata ruang dapur terdapat aturan segitiga kerja agar aktivitas dalam memasak lebih efektif. Nah, supaya tata ruang dapur minimalis di hunian Anda bisa sesuai dan terlihat lebih menarik, Anda dapat melibatkan jasa desain rumah murah untuk memperoleh hasil seperti yang diinginkan.