industrial design

Biar Tetap Hemat, Begini Cara Meminimalisir Biaya Renovasi Rumah Type 36

Rumah type 36 umumnya dibangun dengan dua kamar tidur, sehingga sangat pas untuk keluarga kecil atau pengantin baru. Ukuran rumah type 36 tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, namun tetap nyaman untuk ditinggali. 

Dengan ukuran yang yang tidak terlalu luas, ketika Anda berencana merenovasi rumah, dibutuhkan pertimbangan yang matang. Pemilihan furnitur yang multifungsi sangat berguna untuk menyiasati keterbatasan ruang. Namun, yang paling penting adalah perencanaan biaya renovasi rumah type 36. Supaya budget merenovasi rumah tidak membengkak, berikut ini beberapa cara dalam meminimalisir biaya renovasi yang bisa Anda tiru. 

Jangan Mengubah Rumah Terlalu Banyak

Semakin banyak merubah tampilan rumah, semakin besar biaya yang dibutuhkan. Itulah mengapa Anda perlu membatasi keinginan dalam merenovasi rumah. 

Renovasi rumah bisa Anda lakukan dari bagian yang paling penting. Namun, pastikan bahwa Anda membuat daftar keperluan sebelum memulai renovasi. Tulislah kebutuhan apa saja yang Anda perlukan agar barang-barang yang dibeli terencana dengan baik. Membuat daftar keperluan dapat menghindarkan Anda dari pengeluaran yang boros. Dengan begitu, biaya renovasi rumah type 36 tetap terkontrol. 

Lakukan Riset Harga Material Sebelum Merenovasi Rumah

Mengetahui harga material di pasaran itu penting, agar Anda dapat merencanakan budget dengan baik. Mencari Tahu harga material di pasaran juga dapat membantu Anda selama berbelanja di toko bangunan supaya tidak membeli barang dengan harga yang lebih mahal. 

Konsultasikan Renovasi dengan Arsitek

Jika Anda ingin menghemat biaya renovasi rumah type 36, menggunakan jasa desain rumah murah bisa menjadi solusi yang tepat. Mereka akan membantu Anda dalam merancang bangunan secara efisien dan memilihkan material secara tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu melakukan bongkar pasang karena tidak puas dengan desain karangan Anda sendiri. 

Tidak Harus Baru, Gunakan Furnitur Lama yang Masih Layak

Merenovasi rumah bukan berarti semua perabotan harus baru. Furnitur lama yang memang masih layak bisa Anda gunakan. Untuk jenis furnitur yang terbuat dari kayu, Anda bisa memoles permukaannya dengan cairan khusus supaya serat kayu tetap awet. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah memodifikasi furnitur lama. 

Pemilihan Bahan yang Tepat untuk Rumah yang Lebih Sejuk

Penggunaan pendingin ruangan seringkali sulit dihindari mengingat cuaca panas di Indonesia. Meski begitu, Anda tetap bisa meminimalisir penggunaan AC dengan pemilihan bahan yang tepat untuk membuat rumah lebih sejuk. 

Salah satunya dengan mengaplikasikan roster pada rumah Anda. Selain membuat sirkulasi udara lebih baik dan lebih sejuk, roster pun menambah nilai estetika bangunan Anda. Agar lebih sejuk, Anda bisa menambahkan tanaman hijau. 

Itulah beberapa cara menghemat budget saat merenovasi rumah yang bisa Anda tiru.