industrial design

Cara Menciptakan Ruang Dapur Rumah Minimalis

Punya dapur minimalis yang sempit tentu terasa sangat sesak, ditambah dengan furnitur atau perlengkapan dapur yang menambah kesan sempit ruangan. Lalu bagaimana caranya menciptakan ruang dapur rumah minimalis namun eksotis dan terkesan luas?

1. Utamakan Kebutuhan Daripada Keinginan

Siapa yang tidak ingin memiliki dapur yang luas guna mempermudah kegiatan memasak dan lainnya? Semua orang pasti mengidamkan kondisi dapur yang demikian. Namun sayangnya, kebanyakan para ibu rumah tangga lebih mengedepankan keinginan daripada kebutuhan dapur.

Perhatikan kegiatan memasak anda, apakah selalu memasak setiap hari? Apakah lebih sering memasak masakan praktis daripada resep-resep olahan rumah. Tentunya semua aspek tersebut harus diperhatikan.

2. Kondisi Dapur

Point kedua ketika hendak membuat ruang dapur minimalis adalah dengan cara mengetahui bagaimana seluruh sudut dapur. Luas ruangan yang akan digunakan dan saluran air yang tepat untuk tempat tersebut.

Jika belum mengetahui luas dapur menyeluruh, anda dapat menghitung terlebih dahulu skala ruangan baik dari segi lebar dan luasnya untuk memastikan perlengkapan yang tepat dalam menentukan furniture yang akan digunakan nanti.

3. Kabinet yang Fleksibel

Kabinet dapur atau lemari dapur memang diperlukan sebagai salah satu furnitur yang penting. Ada baiknya pemilihan kabinet di dapur haruslah fleksibel. Artinya, kabinet tersebut dapat menyimpan piring, gelas, sendok dan lain-lain secara ringkas dan tertata rapi. Kabinet gantung yang menyentuh langit-langit bisa dijadikan pilihan yang baik atau bila perlu dikonsultasikan kepada agen interior rumah untuk mendapatkan referensi terbaik.

4. Ikutilah Standar Ukuran Ruang Dapur

Dalam ilmu konstruksi ada istilah standar ukuran dapur minimalis. Jika anda berkeinginan merobak dapur, maka bisa menghubungi jasa kontraktor mekanikal elektrikal agar mendapat ukuran yang sesuai standar dapur minimalis.

5. Pilih Warna Cat Tembok yang Lembut

Biasanya dapur minimalis memiliki kesan sederhana, warna-warna cat tembok yang lembut dapat diaplikasikan untuk ruangan dapur anda. Jangan menggunakan warna gelap ataupun terlalu cerah. Warna gelap membuat dapur menjadi tidak nyaman.

6. Rawatlah Ruangan Dapur

Salah satu yang paling penting ketika berkeinginan memiliki dapur yang minimalis adalah dengan merawat dapur yang anda miliki. Selalu bersihkan dapur, furnitur serta kelengkapan lainnya setelah digunakan ataupun memasak.

Tujuannya adalah agar dapur tetap terlihat rapi, bersih. Sedangkan ruang dapur yang berantakan akan membuat diri sendiri merasa tidak nyaman dan kesusahan dalam ruang gerak ketika memasak.

Ruangan dapur minimalis menjadi idaman para ibu rumah tangga saat ini.

Mengapa demikian? Dapur minimalis terkesan lebih fleksibel, furnitur untuk dapur minimalis terkesan lebih unik jika dibandingkan dengan yang lainnya. Namun perawatan untuk ruang dapur rumah minimalis tidaklah mudah. Penataan furnitur, luas ruangan, dan kebersihan tempat menjadi point utama dalam terwujudnya dapur minimalis.