industrial design

Lebih Efisien, Manfaatkan Ruang Bawah Tangga Saat Renovasi Rumah 2 Lantai

Area bawah tangga seringkali dibiarkan kosong tanpa mempunyai fungsi. Padahal, area di bawah tangga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan supaya ruangan terlihat lebih lega. Terutama jika rumah Anda tidak terlalu luas. 

Nah, bagi Anda yang berencana melakukan renovasi rumah 2 lantai, ide kreatif memanfaatkan area bawah tangga berikut ini bisa diterapkan. 

Ruang Baca di Bawah Tangga Rumah

Bila Anda mempunyai hobi membaca buku, ruang kosong bawah tangga di rumah Anda bisa dijadikan ruang baca. Apalagi jika ukurannya cukup luas. 

Supaya ruang baca terasa lebih nyaman tambahkan pencahayaan dan juga alas duduk. Dengan begitu Anda bisa menambah ruangan di rumah minimalis tanpa perlu melakukan banyak perubahan. 

Renovasi Ruang Bawah Tangga Menjadi Ruang Kerja

Tidak kalah menarik dari ruang baca, area kosong di bawah tangga cocok untuk disulap menjadi ruang kerja yang nyaman. Anda tinggal menambahkan meja kerja, kursi, hingga rak kecil yang menempel di dinding untuk meletakkan buku dan dokumen. Menarik bukan? 

Ruang Bermain Anak di Bawah Tangga

Salah satu alasan melakukan renovasi rumah 2 lantai adalah membuat ruang bermain bagi anak-anak supaya lebih nyaman. Nah, jika Anda salah satu diantaranya, Anda bisa memaksimalkan bagian bawah tangga.

Agar ruang bermain terasa lebih nyaman dan tidak pengap, Anda bisa menambahkan pencahayaan dan ventilasi yang cukup. Jangan lupa menghiasinya dengan ornamen khas anak-anak supaya buah hati Anda semakin betah. 

Menyulap Ruang Bawah Tangga Menjadi Rak Buku

Jika area bawah tangga di hunian Anda tidak terlalu luas, Anda bisa memanfaatkannya untuk menyimpan koleksi buku. Agar tidak membosankan, pilihlah desain rak buku yang unik. 

Ruang Penyimpanan di Bawah Tangga

Ide renovasi rumah 2 lantai yang tidak kalah menarik adalah memanfaatkan ruang bawah tangga sebagai ruang penyimpanan. Anda bisa meletakkan rak geser di bawah tangga untuk menyimpan barang-barang supaya ruangan terlihat lebih rapi. Untuk hunian yang tidak terlalu luas, ide ini bisa jadi pilihan bijak untuk memanfaatkan ruangan. 

Manfaatkan Bawah Tangga Sebagai Dapur

Rumah minimalis Anda bisa terasa lebih lega dengan memanfaatkan area bawah tangga sebagai dapur. Agar tampilan dapur lebih pas, Anda bisa memilih desain kitchen set minimalis sesuai dengan kebutuhan.

Fungsikan Area Bawah Tangga untuk Hewan Peliharaan

Bila Anda mempunyai hewan peliharaan di rumah, ide yang satu ini bisa Anda coba. Tanpa khawatir memakan tempat, menjadikan area bawah tangga sebagai kamar hewan peliharaan akan memberikan kenyaman untuk hewan kesayangan Anda. 

Untuk mewujudkan ide kreatif memanfaatkan area bawah tangga, Anda bisa menggunakan jasa desain rumah murah. Walaupun letaknya sedikit tersembunyi di bawah tangga, kerapian tetap harus dikedepankan supaya hunian lebih nyaman.