industrial design

Informasi Harga Renovasi Rumah per Meter

Bangunan rumah juga memiliki batas usia atau umur pemakaiannya juga. Sehingga perlu dilakukan renovasi pada bangunan lama. Meski demikian renovasi juga bisa dilakukan tanpa perlu menunggu hingga bangunan menjadi rusak atau kehilangan fungsinya, renovasi juga bisa dilakukan akibat terjadinya perubahan selera penghuninya atau pemiliknya atau adanya penambahan fungsi baru atau adanya perubahan fungsinya dan lain sebagainya. Jasa desain rumah murah akan membantu untuk menghitung harga renovasi rumah per meter nya. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi harga renovasi rumah.

Tarif Biaya Jasa Tukang

Hal ini juga tergantung pada sistem atau cara pembayarannya yakni bisa dengan sistem harian, atau sistem borongan jasa, atau sistem borongan penuh. Jika menggunakan sistem biaya tukang secara borongan harian, maka besaran tarifnya adalah sekitar seratus lima puluh ribu Rupiah per hari.

Biaya tersebut baru untuk biaya jasa tukangnya saja, belum termasuk dengan biaya bahan dan material untuk renovasinya. Bisa juga menggunakan sistem borongan jasa, jadi hanya akan membayar sesuai dengan hitungan luas bangunan yang akan direnovasi saja. Besaran tarif biaya jasa bangunan secara borongan adalah sekitar 1 juta Rupiah per meter persegi hingga 1,5 juta Rupiah per meter persegi.

Jika menggunakan sistem borongan jasa ini maka jumlah besaran biayanya akan pasti, dan seandainya terjadi kendala seperti hujan atau hal yang lainnya sehingga menimbulkan tertundanya jadwal penyelesaian renovasi maka biayanya akan tetap, tidak akan ada penambahan biaya untuk jasa tukangnya. Pengenaan biayanya adalah berdasarkan pada luasnya bangunan yang direnovasi bukan berdasarkan pada hal lainnya, seperti lamanya jangka waktu pengerjaan proses renovasinya dan lain sebagainya.

Biaya Jasa dan Material

Lalu untuk yang dengan sistem borongan penuh maka hal tersebut selain biaya jasa tukang renovasinya juga sudah termasuk dengan biaya untuk bahan material renovasi bangunannya juga. Sebenarnya perhitungan ini sama dengan perhitungan untuk biaya pembuatan rumah, hanya saja tidak perlu memasukkan lagi biaya pembelian lahan tanahnya dan biaya perijinan berbagai dokumen syarat mendirikan bangunan.

Renovasi bangunan tersebut meliputi perluasan rumah atau bisa juga dengan penambahan lantai rumah, dari yang semula satu lantai menjadi dua lantai dan seterusnya. Tarif biaya borongan penuh untuk kerja renovasi besar adalah sekitar 2,5 juta Rupiah per meter persegi hingga sekitar 4,50 juta Rupiah per meter persegi, tergantung pada jenis dan kualitas material bangunannya juga.

Pada tarif terendahnya maka bahan material yang digunakan adalah material bahan bangunan untuk renovasi grade terendah namun yang telah lolos dan memenuhi persyaratan SNI (Standar Nasional Indonesia) sehingga layak digunakan sebagai bahan bangunan suatu rumah. Sedangkan jika tarif besaran biayanya makin tinggi maka kualitas material bahannya juga kualitas keahlian tukangnya juga akan semakin tinggi.

Setiap penyedia jasa borongan renovasi bangunan rumah akan memiliki tawaran pilihan berbagai jenis produk material bahan renovasi dengan berbagai jenis merknya juga yang bisa berbeda-beda, yakni seperti merk cat yang digunakan, merk dan ukuran keramik lantainya, bahan untuk jendela, pintu dan juga kacanya dan lain sebagainya.

Perkiraan harga tersebut di atas kiranya bisa menjadi pertimbangan dalam melakukan renovasi rumah.