industrial design

Hitung Biaya Bangun Rumah dan Jenisnya

Rumah adalah kebutuhan penting bagi tiap orang, memiliki hunian yang nyaman dan aman adalah idaman tiap orang.

Namun terkadang biayanya bisa melambung tinggi secara tidak terduga, apalagi jika dibangun sendiri maka besaran anggarannya bisa membengkak tanpa disadari, akan selalu ada penambahan baru yang diiringi dengan penambahan biaya dan juga kemungkinan besar lambatnya penyelesaian proses pembangunannya karena kesibukan lain dan juga tak sempatnya mengawasi proses renovasinya secara penuh akibat kesibukan yang lainnya dan lain sebagainya.

Oleh karenanya alangkah baiknya jika sejak awal sudah di hitung biaya bangun rumah dengan cermat dan teliti secara pasti, sebagai pedoman dan patokannya. Jasa desain rumah murah juga siap untuk membantu perhitungannya hingga pengerjaannya juga. Berikut ini adalah faktor penentu biaya bangun rumah tersebut.

Harga Lahan Tanah

Pertama adalah siapkan anggaran biaya untuk membeli lahan tanahnya. Besaran harganya sangat tergantung pada letak lokasinya. Adapun harganya per meter sangat bervariasi sejak seharga ratusan ribu Rupiah per meter persegi hingga puluhan juta Rupiah per meter persegi. Lahan tanah di perkotaan biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan harga lahan tanah di luar kota atau pedesaan.

Tarif Harga Biaya Jasa Tukang Bangunan

Dalam proses pembangunan suatu rumah tak bisa lepas dari keterlibatan para tukang bangunan. Besaran tarif jasa tukang bangunan juga bisa bervariasi, tergantung pada tingkat keahlian dan juga pengalamannya. Kisaran tarif jasa tukang adalah sekitar 150 ribu Rupiah per hari hingga sekitar 200 ribu Rupiah per hari jika menyewanya secara upah harian.

Kualitas tukang bangunan juga bermacam-macam jenisnya, ada tukang kasaran yang biasa mengerjakan pekerjaan biasa seperti angkat angkut bahan material dan pekerjaan ringan lainnya yang tidak memerlukan keahlian yang khusus, hingga tukang bangunan halusan yang memiliki keahlian khusus dan biasanya mengerjakan kerja-kerja finishing bangunan, seperti menghaluskan tembok, membentuk hiasan eksterior bangunan dan lain sebagainya, hingga untuk instalasi air dan juga instalasi listrik dan lain sebagainya.

Bisa juga menyewa jasa tukang bangunan tersebut dengan secara borongan jasa, dengan demikian maka besaran biayanya bisa ditentukan dengan pasti yang dihitung per luas bangunannya, bukan berdasarkan jangka waktu lama pengerjaannya atau faktor yang lainnya. Jadi seumpama terjadi hujan atau kendala lainnya sehingga membuat jadwal menjadi terlambat dan bertambah lama maka tidak akan dikenakan tambahan biaya. Dengan demikian maka besaran biayanya bisa lebih terkontrol dan terkendali.

Biaya Bahan Material

Kemudian biaya bahan material yang digunakan, yang sangat bervariasi tergantung pada jenis dan kualitas, merk seta juga banyak sedikitnya kebutuhannya juga pembeliannya secara sekaligus dalam jumlah total sebanyak kebutuhannya atau secara sebagian-sebagian secara bertahap, yang tentunya harganya bisa berbeda meski untuk jenis dan merk yang sama, karena untuk pembelian bahan material dalam jumlah banyak maka penjual akan bisa memberikan diskon atau potongan harga, dengan diberi harga grosir.

Untuk itu perlu diketahui dan dihitung dengan cermat dan pasti mengenai jumlah kebutuhan bahan materialnya secara total sejak awal dan di tahap perencanaan. Bisa juga dengan membayar secara borongan penuh atau borongan total, yakni menerapkan tarif biaya jasa tukang beserta dengan biaya bahan material bahan bangunannya juga sekaligus. Kisaran besaran tarif biayanya adalah mulai dari 2,5 juta Rupiah per meter persegi hingga sekitar 5 juta Rupiah per meter persegi, tergantung dari kualitas bahan material yang dipergunakan.

Semakin tinggi kualitas bahan materialnya semakin tinggi pula tarif harganya. Namun untuk bahan material grade terendahnya pada jasa pemborong bangunan yang resmi dan legal maka bahan material bangungannya sudah berstandar SNI.

Selain biaya-biaya tersebut di atas persiapkan juga anggaran untuk biaya tak terduga sekitar 10 % dari total biayanya