industrial design

Cara hitung biaya bangun rumah yang Benar

Memiliki hunian tempat tinggal yang nyaman dan aman memerlukan pemikiran dengan cermat dan teliti dalam proses membangunnya. Diawali dengan pemilihan lokasi tempatnya hingga ke pemilihan bahan material bangunannya yang sangat beragam jenisnya dan juga desain rancangan bangunannya. Jasa desain rumah murah  siap untuk membantu dalam hal ini. Berikut ini adalah cara hitung biaya bangun rumah yang benar.

Hitung Harga Lahan Tanahnya

Harga lahan tanah berkisar mulai dari ratusan ribu Rupiah hingga puluhan juta Rupiah, tergantung lokasi dan kontur tanah. Bisa beli lahan kosong atau yang sudah ada bangunan lamanya, atau dari tanah basah, persawahan yang perlu dikeringkan dulu baru diubah jenis tipe sertifikat tanahnya dan peruntukannya, dari lahan pertanian menjadi lahan perumahan. Jangan lupa masukkan juga biaya itu, biaya dokumen dan ijin hingga bisa mendirikan bangunan rumah di atas lahannya.

Juga akan memerlukan biaya bongkar bangunan lama jika pada lahan tersebut sudah berdiri bangunan lama. Namun tergantung kualitas dan nilai kondisi bangunan lamanya, karena kadangkala biaya bongkar bangunan lama tersebut sudah tercover dengan harga jual serpihan aneka material bahan hasil bongkaran bangunan lama tersebut. Jika masih banyak bahan material yang cukup berharga dan bisa dijual dan dipergunakan kembali maka itu akan menutupi biaya pembongkarannya.

Hitung Kebutuhan Jasa Tukang

Lalu hitung juga kebutuhan jasa tukangnya, semakin banyak dan semakin tinggi keahlian tukangnya maka akan semakin cepat dan semakin tinggi kualitas bangunannya. Jasa tukang bisa dibayar secara upah harian, dengan tarif sekitar 100 ribu Rupiah hingga 200 ribu Rupiah per hari, atau bisa juga secara upah borongan jasa, yang dihitung per luas bangunan, yakni sekitar 1,5 juta Rupiah per meter persegi. 

Hitung Kebutuhan Material

Kemudian hitung juga kebutuhan bahan materialnya  yang meliputi aneka jenisnya, spesifikasi tingkat kualitasnya, merknya dan juga total jumlah kebutuhannya dan lain sebagainya. Usahakan untuk membeli bahan material tersebut seluruhnya sesuai kebutuhan totalnya sekaligus agar mendapatkan potongan harga dengan harga grosir, yang akan lebih hemat jika dibandingkan membelinya secara bertahap sedikit demi sedikit. Usahakan untuk membuat gudang penyimpanan untuk bahan material yang telah dibeli tersebut agar aman dan terlindungi dengan baik hingga saatnya dipergunakan.

Bisa juga memesannya dengan secara borongan penuh, yakni yang secara total sudah termasuk biaya jasa tukangnya dan juga biaya bahan materialnya yang dihitung per luas bangunannya. Besaran tarifnya ialah mulai dari sekitar 1 juta Rupiah per meter persegi hingga sekitar 5 juta meter persegi yang dipengaruhi oleh tingkat kualitas bahan materialnya. 

Biaya bangun rumah bervariasi, namun jasa desain rumah murah siap membantu untuk proses pembangunan rumah dengan harga yang terjangkau.