Cara Memilih Besi Baja WF Dan H Beam Kualitas Bagus

Jika anda memiliki rencana untuk membuat suatu bangunan yang bisa tahan untuk jangka panjang, solusinya dengan menggunakan struktur konstruksi baja berat. 

struktur baja berat memiliki beragam jenis baja yang di pilih untuk konstruksi. Namun yang paling umum di gunakan adalah baja WF dan baja H beam. 

Maka dari itu, kita akan menginformasikan kepada anda mengenai Cara memilih besi baja WF dan H Beam kualitas bagus.

Penggunaan baja berat sudah di percaya sejak lama sebagai struktur konstruksi yang kokoh. Waktu pengerjaan konstruksi baja berat juga singkat. Tenaga yang di perlukan juga tidak terlalu banyak. 

Sehingga anda bisa memangkas biaya proyek yang mungkin jika menggunakan jenis konstruksi lain pasti akan mengeluarkan banyak anggaran. 

Jadi untuk secara rincinya dalam memilih baja berkualitas, anda perlu mengetahui ciri – ciri besi baja WF dan H Beam kualitas bagus.

Bagaimanakah Cara Memilih Besi Baja WF Dan H Beam Kualitas Bagus?

Dalam penjelasan kali ini mengenai Cara memilih besi baja WF dan H Beam kualitas bagus, tidak perlu membutuhkan keahlian khusus dalam mengidentifikasi kualitas baja yang bagus. 

Bahkan orang awam yang tidak menguasai konstruksi pun bisa mulai belajar untuk membedakan mana baja berat yang kualitasnya bagus dan mana yang kualitasnya rendah.

Untuk informasi cara memilih besi baja WF dan H beam kualitas bagus yang lebih jelas, anda bisa langsung menyimak poin-poin di bawah ini :

A. Fisik Baja Berat

Logam baja memiliki kekuatan yang paling unggul di bandingkan logam yang lain. 

Daya tahannya yang kuat dalam menahan beban menjadikan baja cocok untuk di gunakan konstruksi bangunan. 

Untuk memilih besi baja baik baja WF maupun baja h beam yang berkualitas bagus, anda bisa melihat dari kondisi fisik dari besi baja tersebut.

Baja untuk kontruksi agar bisa awet dari serangan korosi dan karatan, biasanya di lapisi dengan bahan lain seperti galvanis, chromium, alumunium, ataupun seng (zinc). 

Pelapisan zat tersebut di lakukan di pabriknya atau bisa juga di saat struktur konstruksi telah terpasang di lapangan / lokasi proyek.

B. Baja Berat Sesuai SNI

Cara memilih besi baja wf dan h beam kualitas bagus yaitu harus sesuai dengan SNI. 

SNI menjadi suatu tolak ukur suatu produk yang memiliki standar yang berkualitas, dengan bukti yang telah teruji oleh BSN atau Badan Standarisasi Nasional. 

Baja yang memiliki label SNI pasti di jamin memenuhi standar baik standar ukuran, kekuatan, dan keamanannya.

Apalagi ini berhubungan dengan suatu baja yang di gunakan sebagai penopang struktur bangunan, maka tidak boleh asal memilih baja yang banci. 

Baja banci sering di sebut sebagai baja yang tidak memenuhi standar. Baja banci di jual di pasaran dengan harga yang lebih rendah di bandingkan baja yang berSNI. 

Namun untuk daya tahannya masih di ragukan karena belum teruji secara standar nasional.

C. Mutu Baja Yang Terjamin

Cara memilih besi baja WF dan H beam kualitas bagus yakni mengenai mutu yang di miliki jenis baja tersebut. 

Mutu yang ada dalam baja wf maupun baja h beam yang baik yakni dari proses pemroduksian yang sesuai dengan prosedur. 

Hal ini juga masuk dalam standarisasi oleh SNI.

Baja wf di produksi menggunakan sistem hot rolled yang bercirikan terdapat satu lengkungan pada bajanya. 

Sedangkan baja h beam di buat dalam sistem pelat baja yang kemudian di bentuk dan di las untuk menyatukan pola baja h beamnya. 

Sistem produksi yang betul-betul di lakukan oleh ahlinya, akan menghasilkan elemen baja berat yang bermutu tinggi.

Sudah banyak beredar baja berat yang tidak terjamin dari segi kekuatannya dalam menopang bangunan. 

Misalnya baja-baja import dari negara lain, atau juga pabrik yang dengan sengaja memangkas dimensi ukuran dari baja yang di jualnya ke pasaran. 

Hal ini tentunya akan berdampak pada penurunan penjualan produsen konstruksi baja lokal.

D. Kondisi alat sambung

Proses perakitan konstruksi baja berat baik baja WF dan baja H beam pastinya terdapat alat sambung yang gunanya untuk menyambung dari baja satu dengan yang lainnya. 

Penyambungan di lakukan dengan cara di kunci (sistem lock in lock) menggunakan baut baja. 

Agar struktur yang sudah di rakit tadi lebih kuat lagi, baut yang di pasang tadi di las agar merekat satu sama lain.

Pemasangan struktur konstruksi yang tepat akan menghasilkan kerangka bangunan yang kokoh dan tidak mudah goyang. 

Karena elemen baja memiliki massa yang berat, maka memasangnya di bantu dengan alat berupa crane yang di operatori oleh tenaga pekerja konstruksi yang ahli.

Cara penyambungannya dengan mengatur posisi kedua baja yang akan di satukan dengan tepat. 

Untuk memperoleh tiap sudut baja agar maksimal dan mudah dalam pemasangannya, perlu di haluskan dan di bersihkan dahulu  menggunakan gerinda. Setelah sudah, kemudian di kaitkan dengan baut dan di lakukan pengelasan.

E. Garansi

Jika anda mendapati sebuah kontraktor yang akan mengurusi proyek yang anda serahkan, hendaknya mereka memberiku suatu nilai tambah dari jasanya. 

Misal konsultasi gratis ataupun pemberian garansi. 

Garansi yang di berikan dari kontraktor dapat berupa garansi bahan struktur bajanya, garansi pemasangan, atau garansi desain konstruksi.

Hal itu bisa anda temukan ketika anda memilih kontraktor yang tepat dan terpercaya. 

Pemberian garansi ini menguntungkan bagi anda, karena anda tidak perlu was-was terhadap konstruksi anda jika mengalami sesuatu yang tidak di inginkan. 

Jadi, garansi bisa di jadikan jaminan yang bisa di cantumkan di perjanjian kesepakatan pada kedua belah pihak.

Jasa Konstruksi Baja Berat CV Griya Cipta Pradhana

Cara memilih besi baja WF dan H beam kualitas bagus menjadi suatu hal yang perlu di perhatikan di awal-awal pengadaan proyek konstruksi. 

CV Griya Cipta Pradhana menjadi salah satu kontraktor baja berat yang terpercaya di bali. 

Menawarkan berbagai pilihan konstruksi baja berkualitas, dengan menggunakan baja WF atau baja H beam berlabel SNI.

Harga konstruksi baja di bali ini sudah tidak di ragukan lagi. CV Griya Cipta Pradhana memberikan harga yang terjangkau bagi rencana konstruksi yang anda inginkan. 

CV Griya Cipta Pradhana sebagai kontraktor bali yang memiliki tenaga ahli yang spesialis di bidang konstruksi bangunan baik skala kecil hingga skala besar.

Jika anda tidak sabar untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai CV Griya Cipta Pradhana, anda bisa langsung mengunjungi websitenya yang di dalamnya tercantum profil perusahaan, gallery, testimony client, serta produk-produk jasa konstruksi yang di tawarkan.

Itulah pembahasan mengenai cara memilih besi baja WF dan H beam kualitas bagus. 

Pemilihan baja WF dan h beam untuk konstruksi secara teliti dan memperhatikan poin-poin di atas, di jamin tidak akan keliru lagi. 

Pastikan anda membelinya dari sumber kontraktor yang terpercaya.