7 Kelebihan Desain Rumah dengan Kontruksi Baja

Dalam pembuatan suatu bangunan di perlukan struktur konstruksi yang tepat seusai dengan kebutuhan. 

Pilihan konstruksi bangunan yang kuat adalah dengan menggunakan struktur konstruksi baja, baik baja ringan ataupun baja berat. 

Penggunaan konstruksi baja memiliki banyak kelebihan. Kali ini kita akan membahas mengenai Kelebihan desain rumah dengan konstruksi baja.

Sebelum anda mendesain rumah dengan konstruksi baja, alangkah baiknya jika anda mempelajari jenis besi untuk konstruksi dan kegunaannya. 

Hal itu berguna untuk mempermudah anda dalam melakukan perhitungan kebutuhan konstruksi besi baja. 

Seperti yang ada pada konstruksi baja bali, di CV Griya Cipta Pradhana sudah menyediakan berbagai struktur konstruksi baja dengan berbagai kelebihannya.

Apa Saja Kelebihan Desain Rumah Dengan Konstruksi Baja

Kelebihan Desain Rumah dengan Konstruksi Baja

Lalu apa saja kelebihan desain rumah dengan menggunakan kontruksi baja? 

Banyak sekali kelebihan yang akan didapatkan. 

Dibawah ini kami coba rangkum beberapa hal yang mungkin saja akan menjadi pengetahuan kita bersama.

1. Baja Lebih Ringan

Kelebihan desain rumah dengan konstruksi baja yang pertama yaitu baja memiliki sifat yang ringan. 

Jika di lihat dengan kasat mata, konstruksi baja memang lebih berat di bandingkan jenis konstruksi lainnya seperti kayu, bambu, ataupun beton. Namun ringan di sini dapat di artikan bahwasanya mudah untuk di bentuk sesuai desain.

Baja tidak memerlukan banyak komponen, sehingga modal yang anda keluarkan untuk merancang struktur konstruksi tidak terlalu banyak. Pemasangan konstruksi baja memerlukan jasa khusus oleh ahlinya untuk merakit baja. 

Memerlukan perhitungan yang matang agar bangunan bisa berdiri dengan kokoh dan bebas dari guncangan.

2. Baja Berat Lebih Stabil dan Kuat

Kelebihan desain rumah dengan konstruksi baja yang kedua yaitu baja memiliki tingkat kestabilan yang lumayan baik. 

Hal ini di buktikan dengan kekuatan baja yang memiliki daya tahan terhadap benturan atau tidak mudah bengkok. Konstruksi baja bisa di tempatkan di atas kontur tanah yang stabil maupun labil.

Sifatnya yang stabil membuat baja menjadi salah satu konstruksi yang menjadi pilihan untuk membuat bangunan agar lebih tahan lama. 

Pengerjaan konstruksi baja yang benar akan menghasilkan bangunan yang kuat dan tidak mudah melenceng ke kanan maupun ke kiri. Perhitungan di setiap komponen konstruksi baja pun harus di hitung secara matang.

3. Proses Pembangunan Dengan Baja Berat Lebih Cepat

Kelebihan desain rumah dengan konstruksi baja yang ketiga yaitu proses pembangunan dengan konstruksi baja lebih cepat. 

Tekstur baja mudah untuk di bentuk dengan cara meleburkan, dan mudah untuk di potong dan di sesuaikan dengan kebutuhan. 

Penggunaan baja sebagai konstruksi bangunan di rasa membutuhkan waktu yang lebih singkat dalam pengerjaannya.

Anda tidak perlu memerlukan banyak tukang untuk proses pengkonstruksian menggunakan baja karena hanya memangkas dana pasang memasang besi baja saja. 

Konstruksi baja pada dasarnya di pasangkan bersamaan dengan jenis besi baja ada yang berbentuk H atau H beam, baja WF dan baja kanal C.

 Seperti memasang puzzle, pengerjaan  konstruksi baja menggunakan sistem interlock yang saling mengunci antara besi yang satu dengan besi yang lainnya dengan bantuan baut- baut baja.

4. Baja Berat Memiliki Daya Daktilitas

Kelebihan desain rumah dengan konstruksi baja yang keempat yaitu memiliki daya daktilitas yang tinggi. 

Daktilitas merupakan suatu kemampuan di mana adanya tekanan terhadap suatu benda lain yang mengakibatkan logam seperti baja memiliki kemampuan memuai yang sedikit akibat daya tarik tersebut. 

Semakin tinggi daya daktilitas baja, maka akan semakin baik pula kualitas baja tersebut.

Baja sebagai bahan logam yang sangat kuat dan tidak mudah hancur. Di proses dari peleburan hingga di cetak dan di bentuk struktur konstruksi. 

Baja memiliki daya daktilitas dengan kemampuan menopang beban berat, sangat elastic dan tidak mudah patah, bengkok maupun hancur.

5. Bangunan Dengan Baja Berat Lebih Awet dan Kokoh

Kelebihan desain rumah dengan konstruksi baja yang kelima adalah konstruksi baja lebih awet. 

Baja memiliki ketahanan terhadap suhu, cuaca dan berbagai kondisi alam lainnya. Konstruksi baja bisa bertahan hingga 10 tahun lebih di tanah yang stabil. 

Sehingga anda memerlukan modal sekali untuk bangunan yang masa keawetannya bisa sampai jangka panjang.

Perawatan konstruksi baja sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya lebih banyak. Walaupun biaya awal pemasangan konstruksi baja bisa di bilang lumayan, anda bisa menikmati bangunan yang awet dan tidak mudah bongkar pasang penggantian konstruksi lagi.

Untuk pemasangan konstruksi baja, anda bisa mempercayakannya kepada jasa kontraktor baja yang sudah ahli. 

Seperti jasa kontraktor di bali yang bernama CV. Griya Cipta Pradhana akan siap melayani pemasangan konstruksi baja berat di seluruh wilayah propinsi bali.

6. Penggunaan Baja Berat Lebih Ramah lingkungan

Kelebihan desain rumah dengan konstruksi baja yang keenam yaitu konstruksi baja memiliki bahan yang ramah lingkungan. 

Baja merupakan bahan logam yang elastis dan bisa di daur ulang. Cara pendaur ulangannya dengan meleburnya ke suhu kurang lebih 1000 derajat Celsius.

Jadi, tidak perlu khawatir jika nantinya konstruksi baja di bongkar kemudian bingung dalam pembuangannya. 

Walaupun sudah menjadi barang yang tidak terpakai namun baja masih memiliki harga. 

Baja yang tidak terpakai akan di daur ulang di pabrik percetakan konstruksi baja dengan kualitas tinggi sehingga tidak mengurangi nilai logam baja itu sendiri.

7. Biaya Konstruksi Baja Berat yang Hemat

Kelebihan desain rumah dengan konstruksi baja yang ketujuh merupakan biaya yang akan anda keluarkan ketika memilih desain konstruksi baja. 

Seperti uraian di poin ke lima, baja memiliki daya tahan yang tinggi sehingga awet. 

Karena keawetannya itu, konstruksi baja hanya memerlukan modal pembelian besi baja dan jasa pemasangannya saja.

Perencanaan pembangunan menggunakan konstruksi baja akan lebih hemat ketimbang konstruksi kayu yang beberapa tahun saja kayu sudah mulai lapuk di makan rayap. 

Pada konstruksi kayu, anda perlu menggantinya beberapa tahun kemudian setelah kayunya mulai terserang hama rangas atau rayap.

Maka dari itu, kelebihan konstruksi baja dalam segi biaya bisa menjadi pertimbangan anda. Walaupun modal di awal pembangunan lumayan besar, namun dalam jangka panjang bangunan akan tetap kokoh tanpa ada perombakan lagi akibat faktor-faktor alam seperti tergerus usia.

Jasa Konstruksi Baja Berat Profesional Di Bali

Griya Cipta Pradhana merupakan perusahaan jasa konstruksi baja di bali yang memiliki berbagai pengalaman dalam menangani pembangunan konstruksi baja. 

Beberapa kelebihan desain bangunan seperti yang telah kami uraikan bisa menjadi referensi anda dalam memilih konstruksi baja terpercaya.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan desain rumah dengan konstruksi baja. Proses pembuatan rumah menggunakan konstruksi baja memiliki beberapa keunggulan. 

Pembahasan di atas di harapkan bisa menjadi rekomendasi dan pilihan anda dalam mempertimbangkan rencana konstruksi bangunan anda.

Contact Us Cv. Griya cipta pradhana

CV Griya Cipta Pradana sebagai kontraktor resmi menawarkan kepada anda dalam pembuatan bangunan dengan desain dasar menggunakan konstruksi baja berat. 

Komponen struktur konstruksi baja berat yang ada di CV Griya Cipta Pradana yakni besi baja H beam, besi baja WF dan besi baja kanal C atau CNP. 

Harga konstruksi di bali memiliki persaingan yang tinggi, sehingga CV Griya Cipta Pradana memberikan penawaran yang ekstra kepada pelanggan.