Persiapan Pembangunan Rumah dan Perkiraan Biaya Membangun Rumah Secara Umum

Mempunyai rumah yang nyaman juga aman merupakan impian semua insan. Rumah impian bisa dimiliki dengan cara membeli secara langsung atau membangun sendiri. Jika anda lebih memilih membangunnya, anda perlu mengetahui perkiraan biaya membangun rumah. Tapi, kemungkinan besar nantinya akan ada beberapa kesulitan yang akan anda temui saat memperhitungkan biaya pembangunan rumah. Sebagai gambaran agar anda lebih paham, simak saja penjelasan di bawah ini mulai dari persiapan awal sebelum mulai pembangunan hingga perkiraan biaya secara global!

industrial design

Tetapkan dahulu rumah minimalis dengan tipe apa yang akan anda bangun?

Langkah pertama yang wajib anda lakukan dan juga persiapkan sebelum memulai pembangunan rumah adalah memahami dan juga menentukan tipe rumah pilihan anda. Konsep rumah, apalagi dengan gaya minimalis, mempunyai beragam tipe. Pastinya, biayanya pun akan berbeda untuk setiap tipe dalam pembangunannya. Di tambah lagi, jika muncul faktor yang akan membuat biaya mudah berubah misalnya naiknya harga material, perubahan desain rumah, upah pekerja dan sebagainya.

Memperhitungkan secara detail apa yang akan dibutuhkan dalam membangun rumah

Agar anda dapat memperoleh gambaran total biaya secara menyeluruh, anda harus jelih memperhitungkan kebutuhan rumah satu per satu. Tapi sayang, banyak sekali orang yang menganggap bahwa mereka bisa secara langsung menentukan kisaran biaya untuk membangun rumah. Ok, untuk gambarannya:

Luas rumah yang akan anda bangun misalnya 100 m², sedangkan anda menggunakan sistem pekerja dengan jasa bangun rumah borongan penuh yang biayanya per m² adalah 3 juta. Maka, jika ditotal, anda akan menghabiskan uang sekitar 300 juta rupiah.

Kenyataannya, memperkirakan biaya pembanguna rumah itu tidak sesederhana itu. Di atas tadi hanya gambaran umum. Jadi, jika anda ingin gambaran kisaran biaya secara detail, yang harus anda lakukan adalah mengalkulasikan apa yang anda butuhkan dan juga seberapa besar ruangan rumah anda nantinya. Juga, spesifikasi material yang akan anda gunakan, perlengkapan rumah atau aksesoris, dan masih banyak lagi.

Sediakan dananya dan memulai pembangunan

Jika anda sudah menetaokan dan menentukan tipa apa yang akan anda bangun dan juga memperhitungkan setiap item terkait kebutuhan rumah, maka anda harus segera mempersiapkan dana dan memulai pembangunan rumah impian anda. Perlu diingat, lebih baik anda mempersiapkan dana agak lebih besar dari prediksi perhitungan yang sudah anda lakukan. Karena, tidak menutup kemungkinan biaya pembangunan rumah akan lebih besar dari prediksi awal.

Perkiraan biaya membangun rumah secara general

Di bawah ini adalah referensi perkiraan biaya secara umum yang harus dikeluarkan dalam pembangunan rumah dengan konsep minimalis. Tapi anda harus ingat bahwa ini cuma merupakan kisaran biaya, jadi tidak selamanya 100 persen tepat. Simaklah penjelasan singkat di bawah ini dengan seksama!

  • Anggap saja rumah yang akan anda bangun luasnya sekitar 100 m². Maka, biayanya sekitar 300 sampai 350 juta rupiah.
  • Jika bangunan tersebut dengan luas 101 hingga 300 m², maka anda harus mengeluarkan biaya sekitar 325 sampai dengan 375 juta rupiah.
  • Jika bangunannya dengan luas lebih dari 301 m², maka perkiraan biayanya yakni 350 sampai dengan 400 juta rupiah.

Perhitungan perkiraan biaya membangun rumah yang dikalkulasikan secara umum berdasarkan keluasan bangunan pastinya akan membutuhkan biaya jauh lebih banyak dibandingkan dengan perkiraan biaya dengan memperhitungkan setiap itemnya. Umumnya, jika terjadi pembengkakan harga, salah satu penyebabnya adalah kesepakatan dengan kontraktor terkait harga.

  • Sempit luasnya area
  • Jenis bahan
  • Perizinan dan juga distribusi bahan

Jadi, jika anda sangat mengharapkan daftar harga atau perkiraan biaya membangun rumah jauh lebih tepat, selain melakukan perhitungan setiap itemnya, anda juga dapat menyurvei perkiraan harga material juga upah pekerja yang umumnya ada di tempat tinggal anda.