Menghitung Biaya Bangun Rumah

Pahami 5 Tips Menghitung Biaya Bangun Rumah

Menghitung biaya bangun rumah merupakan salah satu hal paling penting yang harus dilakukan sejak awal. Namun, beberapa orang malah duluan memilih rancangan rumah tanpa berpikir panjang.

Alhasil, mereka akan kaget sendiri ketika dihadapkan dengan biaya anggaran akhir membangun rumah yang sudah membengkak dan diluar prediksi. 

Naasnya lagi, sebagian diantaranya bahkan menyesal karena tidak sanggup membayar anggaran tersebut. Untuk mencegah hal-hal seperti ini terjadi pada Anda atau orang terdekat, berikut kami paparkan beberapa tips dalam menghitung biaya membagun rumah.

Mencatat Seluruh Tujuan Penting

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah mencatat seluruh tujuan penting mengenai anggaran yang dibutuhkan saat membangun rumah.

Anda harus mampu merencanakan sekaligus memonitor penggunaan dana yang telah dipersiapkan. Proses mencatat seluruh anggaran dana ini bisa dilakukan secara mandisi atau menggunakan jasa kontraktor pembuatan kolam renang profesional.

Untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, alangkah lebih baik menggunakan jasa kontraktor yang siap membantu Anda menghitung biaya yang tepat dengan pertimbangan-pertimbangan lain.

Pahami Manfaatnya

Berikutnya pahami terlebih dahulu manfaat dan baru tentukan biaya yang sekiranya ingin digunakan.

Anda bisa menyusun anggaran maksimal, dan kemudian bergerak mundur dengan berpedoman pada dana perencanaan tersebut.

Ingat, menyusun anggaran biaya rumah akan memberikan patokan perhitungan yang jelas sehingga Anda dengan mudah bisa memperkirakan biaya desain, harga bangunan, material hingga tarif pekerja harian ataupun borongan.

Tanpa perhitungan biaya yang jelas, maka anggaran menghitung biaya bangun rumah akan membengkak tanpa sepengetahuan Anda. Jika sudah seperti ini, mau bagaimana coba?

Coba Gambar Simulasi

Selanjutnya Anda bisa membuat gambar simulasi mengenai susunan perkiraan anggaran biaya membangun rumah.

Perlu diketahui, hal ini biasanya hanya bisa dilakukan oleh tenaga profesional seperti jasa kontraktor terpercaya.

Meskipun demikian, Anda tetap bisa melakukannya sendiri dengan membuat simulasi gambar sederhana mengenai ukuran rumah, hitungan per meter perseginya hingga menotalkan perkiraan anggaran yang diperlukan sebagai gambaran.

Biaya Lainnya

Yang tidak kalah penting ialah menghitung biaya-biaya lain yang nantinya akan digunakan untuk pembelian perabotan dan dekorasi rumah impian Anda.

Anda tentu tidak ingin hunian impian malah kosong melompong bukan? Makanya tentukan biaya-biaya lain sedetail mungkin.

Selain itu, pastikan pula untuk mempertimbangkan biaya-biaya membangun rumah seperti pajak rumah, biaya administrasi, biaya pengurusan IMB dan lain sebagainya.

Catatan Penting Lainnya

Hal penting lain yang harus Anda pahami ialah mengenai anggaran membangun rumah berdasarkan tipenya.

Tipe minimalis, jelas berbeda anggarannya dengan anggaran rumah mewah. Selain itu, biaya akan lebih tinggi jika Anda ingin membangun rumah dua tingkat.

Biasanya biaya membangun rumah bisa meningkat hingga dua kali lipat. Mengenai menghitung biaya bangun rumah, Anda juga harus mempersiapkan dana tambahan membangun rumah sebesar sepuluh persen dari total pengeluaran sebagai antisipasi jika adanya anggaran tak terduga.