industrial design

Tips Menghitung Renovasi Rumah Sesuai Budget

Rumah memerlukan perbaikan atau renovasi setelah dalam jangka waktu yang lama telah ditinggali. Jika Anda mempunyai rencana untuk merenovasi rumah, sebaiknya perhatikan cara menghitung renovasi rumah dengan membuat rencana keuangan yang matang. Biaya renovasi rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit seperti biaya jasa tukang dan material yang terus naik.

Banyak orang melakukan kesalahan saat merenovasi rumah yaitu biaya renovasi yang membengkak di tengah-tengah proses. Berikut ini adalah tips cara menghitung renovasi rumah yang sederhana. Sehingga dapat meminimalkan pembengkakan biaya dan memaksimalkan biaya yang Anda miliki.

1. Membuat skala prioritas

Jika mendapatkan rekomendasi jasa kontraktor rumah murah dari orang lain, maka jangan langsung percaya 100%. Kamu harus mencari informasi tambahan dulu, sebelum memutuskan apakah mau mempekerjakan jasa bangunan tersebut atau tidak. Cara terbaik untuk mengetahui kecocokanmu dengan jasa kontraktor rumah murah yang dimaksudkan adalah salah satunya dengan melihat hasil kerjanya. 

Dari hasil kerja tersebut kamu akan bisa mengetahui apakah selera pembangunannya sesuai dengan apa yang kamu mau,lalu apakah memang benar ia merupakan seorang jasa bangunan yang handal, dan bagaimana wujud dari pengerjaan bangunan yang pernah ia selesaikan sebelumnya.

Jika kamu memang tidak memiliki kesempatan untuk melihat secara langsung, maka baiknya kamu ajukan permintaan untuk melihat portofolionya terlebih dahulu. Intinya, jangan sampai kamu membangun rumah dengan jasa kontraktor rumah murah yang masih seperti membeli kucing dalam karung.

2. Biaya jasa tukang

Metode pembayaran jasa tukang bangunan terdiri dari dua yaitu harian dan borongan. Untuk hal pembayaran ini Anda bisa menyesuaikannya dengan skala proyek renovasi rumah yang akan dikerjakan. Namun pembayaran harian akan terasa lebih efisien jika renovasi rumah termasuk minor.

Namun jika renovasi rumah secara besar, maka akan lebih baik memilih sistem borongan. Biaya borongan merupakan biaya yang sudah pasti dan Anda tidak akan ditangani misalnya saat proses pengerjaan molor karena cuaca atau lainnya. Biaya jasa tukang juga belum termasuk biaya material.

3. Sistem borongan penuh lebih praktis

Sistem borongan penuh adalah sistem yang langsung mencakup jasa tukang bangunan dan material. Bagi Anda yang mempunyai biaya tinggi dan ingin lebih praktis, maka pilihan sistem borongan dapat menjadi pilihan yang tepat karena tidak perlu lagi repot memilih material bangunan sendiri. Namun pastikan juga Anda menggunakan jasa sistem borongan penuh yang terpercaya, bergaransi, kredibel, dan dengan material bangunan yang berkualitas.

4. Rencana jangka panjang menjadi prioritas

Saat memilih dan menentukan material bangunan sangat disarankan bersifat jangka panjang. Maka saat membuat cara menghitung renovasi rumah, pastikan terlebih dahulu penggunaan material berkualitas. harganya memang akan sedikit lebih mahal, namun ketahanan rumah pastinya lebih terjamin.

5. Cermat menghitung

Cara menghitung renovasi rumah harus dilakukan dengan cermat dan teliti mulai dari tahapan awal, menentukan material, finishing berdiskusi dengan tukang bangunan, dan memilih toko material bangunan atau kontraktor yang terpercaya. Sebaiknya Anda memprioritaskan material utama terlebih dahulu, karena kebutuhan sekunder dapat menyusul misalnya dekorasi. Setelah biaya renovasi rumah telah ditentukan, pastikan Anda selalu fokus menaati dan mengikuti rencana prioritas dan tidak mudah tergiur dengan keinginan baru yang bisa saja muncul.

Artikel Terbaru