industrial design

Cara Menghitung Estimasi Anggaran Renovasi Rumah

Rencana anggaran biaya atau RAB merupakan dokumen yang penting untuk membangun atau merenovasi rumah dan bangunan. Adanya RAB akan membuat proses pengerjaannya berjalan sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan sehingga lebih efisien. Maka sangat penting untuk mengetahui cara menghitung RAB renovasi rumah.

Bagian Dari RAB

RAB terdiri dari membuat desain, detail bahan material bangunan, rencana pekerjaan, standar bangunan yang akan dikerjakan, tanggung jawab pada setiap aspek, volume pekerjaan, daftar gaji, dan masih banyak lagi. Misalnya untuk rumah minimalis, cara menghitung rab renovasi rumah harus memuat perhitungan dengan sistem analisis harga satuan. Berikut ini adalah tips cara menghitung rab renovasi rumah berdasarkan estimasi antara lain:

  1. Tenaga kerja

Sistem pembayaran tenaga kerja bangunan terdiri dari harian, borongan jasa, dan borongan penuh. Untuk pembayaran harian dan borongan jasa belum termasuk biaya material bangunan. Biaya harian biasanya sekitar 125 ribu sampai 150 ribu rupiah per hari. sedangkan borongan jasa didasarkan pada luas proyek pengerjaan yaitu sekitar 1 juta sampai 1,5 juta per meter per segi. Biaya borongan jasa merupakan biaya yang sudah pasti berdasarkan luas proyek sehingga jika terjadi keterlambatan pengerjaan seperti faktor cuaca Anda tidak perlu membayar lebih lagi.

  1. Jasa dan material

Biaya jasa dan material disebut juga pembayaran borongan penuh. Sehingga Anda tidak lagi harus repot-repot membeli bahan-bahan material sendiri. Biaya borongan penuh yang sudah Anda bayarkan terdiri dari jasa tukang bangunan secara lengkap dan juga materialnya. Kisaran harga sistem borongan penuh untuk rumah besar sekitar 2,5 juta sampai 4 juta rupiah per meter. Namun harga tersebut ditentukan juga berdasarkan material yang dipilih seperti desain kitchen sederhana .

  1. Tanah dan bangunan

Bagian ini tidak perlu dihiraukan jika Anda sudah memiliki tanah yang cukup. Yang perlu dilakukan adalah menghitung biaya material  dan  jasa per meternya saja.

  1. Biaya lain-lain

Rumah termasuk jenis investasi yang besar, sehingga dibutuhkan perencanaan dan juga biaya yang cukup untuk merenovasinya. Namun Anda tidak bisa hanya berpatokan pada biaya awal saja, melainkan juga harus membuat anggaran untuk biaya lain-lain. selama proses pengerjaan renovasi, bukan tidak mungkin akan terjadi ha-hal yang tidak terduga. Seperti harga material yang naik, atau mengubah desain dan bentuk di tengah proses pengerjaan, dan lain sebagainya. Maka sangat penting untuk menyiapkan biaya lain-lain. Biaya tersebut idealnya harus disiapkan sebesar 10% dari total keseluruhan biaya renovasi rumah yang telah dihitung.

Itulah cara menghitung rab renovasi rumah yang baik. dengan perencanaan yang dibuat secara matang dan persiapan dana yang cukup, maka proses renovasi rumah akan berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan.

Artikel Terbaru