Rumah adalah tempat berkumpulnya kehangatan bersama orang-orang yang Anda sayangi. Untuk itu, rumah harus mampu memberikan kenyamanan tersendiri bagi terutama bagi si pemilik danĀ  bahkan bagi mereka yang kebetulan mengunjungi rumah tersebut. 
   Apa yang pertama kali Anda perhatikan saat melihat sebuah bangunan? Ya, warnanya. Begitu pula jika Anda ingin membangun rumah impian sendiri, anda bisa memilih sendiri kombinasi cat rumah anda. Warna dari rumah akan memberikan gambaran yang mewakili keadaan dalam rumah tersebut. Rumah akan tampak menarik bila pilihan kombinasi warnanya tepat. 

4 Tips Memilih Kombinasi Cat Warna Rumah

Kita juga tentu sering mendengar, kalau warna dapat mempengaruhi psikologi manusia. Pemilihan cat warna rumah yang salah, tentu akan memberikan efek yang buruk untuk kita, misal jadi membuat tidak betah di rumah mungkin saja. Atau saat di rumah, suasana terganggu karena salah dalam memilih warna cat rumah.
Zaman dulu, mungkin pilihan warna yang rumah gunakan identik dengan warna-warna monoton. Contohnya seperti krem, abu-abu, atau putih. Tapi sekarang, zaman sudah berubah. Kita bisa lebih berani berekspresi dengan pilihan warna yang saat ini sudah tersedia banyak sekali. Jangan hanya memilih satu warna, Anda bisa mengkombinasikannya. Tidak perlu takut memilih dan mengkombinasikan warna yang Anda sukai.
Untuk itu, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan ketika memilih cat rumah Anda :

  1. Uji Coba
    Tips pertama memilih kombinasi cat warna rumah sebelum mengaplikasikan ke bagian yang Anda inginkan, penting untuk melakukan uji coba terlebih dahulu. Anda bisa memilih ruangan kecil seperti gudang atau bagian dinding di tempat tertentu supaya mendapat gambaran yang mantap ketika benar akan memilih warna cat demikian. Anda pun juga bisa mempersiapkan beberapa gorden yang akan dipadu-padankan dengan warna tersebut sebagai bahan percobaan. Ini dilakukan supaya Anda tidak akan kesulitan mengganti warna cat tersebut ketika setelah melihatnya Anda merasa warna yang Anda pilih saat ini kurang cocok untuk ruangan yang Anda rencanakan.
    Sebagai referensi awal, Anda bisa menggunakan warna yang Anda sukai untuk pilihan. Warna furniture atau barang-barang seperti sofa, kasur, atau karpet juga bisa dijadikan alternatif pilihan cat rumah Anda.
  2. Suasana Ruangan
    Tips kedua dalam memilih kombinasi cat warna rumah adalah mempertimbangkan cat warna dinding dengan suasana yang diharapkan dalam sebuah ruangan tersebut. Misalnya saja kamar tidur, tentu suasana yang ingin dibangun adalah suasana yang tenang atau mungkin memberi efek romantis dengan pasangan. Hal-hal semacam ini juga perlu turut dipertimbangkan ketika memilih kombinasi warna.  Jadi, untuk apa ruangan tersebut digunakan juga akan mempengaruhi warna cat yang tepat untuk menghiasnya. Untuk ruangan yang bertema keluarga, sebaiknya pilih warna-warna yang soft dan memberi kesan hangat dan akrab. Warna cerah biasanya yang mampu mewakili hal tersebut.
    Untuk ruangan anak-anak, Anda bisa memilih warna yang ceria dan mengkombinasikannya dengan wall sticker untuk menghiasnya. Hati-hati juga untuk jangan memilih warna yang terlalu mencolok, karena hal ini akan membuat anak sulit tidur di dalam kamar tersebut.
  3. Pencahayaan Ruangan
    Pengaturan pencahayaan juga akan memberikan efek pada warna cat rumah Anda. Setiap pencahayaan akan menimbulkan kesan tersendiri. Misalkan cahaya yang berasal dari lampu pijar akan memberi efek hangat karena cahaya kuningnya. Lampu neon akan memberikan efek warna biru yang tajam. Jadi, ketika Anda memilih warna cat, perhatikan juga soal penataan pencahayaan ruangan tersebut.
  4. Konsep Rumah
    Ini adalah pola dasar yang harus dipikirkan. Apakah warna yang Anda pilih itu sesuai dengan konsep rumah yang Anda inginkan sebelumnya.
    Untuk tambahan referensi, berikut kami jelaskan beberapa warna yang mungkin bisa Anda pilih untuk diaplikasikan di rumah Anda :
    Putih
    Warna putih memiliki kesan netral. Keuntungannya, warna ini mudah dikombinasikan dengan warna-warna lainnya. Tetapi jangan terlalu banyak memberikan warna putih di rumah Anda karena akan memberikan efek kaku dan suasana yang dingin.
    Abu-abu
    Biasanya konsep rumah yang minimalis banyak menggunakan warna ini untuk cat dindingnya. Hal tersebut disebabkan warna abu-abu dapat memberikan efek yang luas.
    Hijau
    Warna cerah ini tentu membuat rumah Anda menjadi tampak sejuk. Tetapi jangan terlalu banyak mengaplikasikannya. Kombinasikan dengan warna-warna lain supaya rumah Anda tidak terkesan monoton.
    Biru
    Warna biru sama seperti warna hijau akan membuat suasana tampak sejuk dan dingin. Anda bisa menggunakan warna ini untuk salah satu kombinasi warna cat rumah Anda.
    Demikianlah beberapa cara dan tips dalam memilih kombinasi cat warna rumah.