Dalam desain rumah, kita menggunakan konteks kenyamanan, baik untuk desain interior maupun eksteriornya. Berbicara mengenai tangga, maka sangat berhubungan dengan keberadaan railing khususnya pada desain railing tangga. Jika memilih tangga , maka tentukan desai railingnya juga. Railing memiliki peranan yang cukup penting untuk bangunan yakni bisa memberikan ornamen tambahan pada desain interior rumah. Akan tetapi alasan utama dari pemasangan railing ini adalah untuk memberikan tambahan pengamanan pada bagian tangga tersebut sehingga tak perlu khawatir jatuh atau celaka saat naik atau turun tangga.
  Untuk memilih desain railing tangga yang tepat, berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Semua itu bisa diaplikasikan ketika akan membeli railing agar  tidak salah dalam memilih desain. Cara memilih railing yang tepat untuk tangga adalah sebagai berikut.
  1. Sesuaikan dengan Desain Rumah
    Hal pertama yang bisa dikatakan utama adalah menyesuaikan reiling dengan desain rumah. Artinya, apabila memilih reiling, maka harus disesuaikan terlebih dahulu dengan jenis rumah. Sebagai contoh jika rumah anda minimalis usahakan untuk memilih jenis railing tangga yang minimalis, sehingga terlihat serasi. Desain railing tangga yang dapat dipilih sangat beragam, mulai dari bentuk, warna cat dan juga yang lainnya. Semua hal yang berhubungan dengan desain memang harus harmoni atau sesuai antara yang satu dengan yang lainnya.
  2. Perhatikan Ukuran
    Ukuran dari rumah juga menjadi bagian penting untuk diperhatikan. Jika rumah yang dibuat minimalis atau kecil, maka perhatikan ukuran dari lokasi rumah untuk penempatan railing tangga. Jika ukuran yang dipilih tepat, maka ruangan rumah akan terlihat lebih luas meski pada kenyataanya tidak luas.
  3. Tentukan Lokasi yang Ideal
    Penentuan lokasi penempatan tangga juga bisa diperhatikan dengan seksama karena ini bisa mempengaruhi desain railing nantinya. Penempatan ini bisa mempengaruhi karena harus disesuaikan dengan ruangan bagian mana tangga itu dipasang. Dengan pemilihan lokasi yang tepat, maka bisa membuat keberadaan tangga itu tidak terasa mengambil lahan di ruangan rumah anda nantinya.