Cara Menghitung Borongan Kontraktor Baja Berat

Untuk membuat suatu bangunan atau insfrastruktur, perlu di lakukan perencanaan yang tepat. 

Perencanaan di buat mulai dari lokasi proyek, kerjasama kontraktor, berapa banyak komponen struktur baja yang di butuhkan, anggaran yang di keluarkan pula, dan lain sebagainya. 

Hal ini bisa di bantu dengan cara menghitung borongan kontraktor baja berat.

Menghitung borongan kontraktor baja berat ini dapat di lakukan sebelum kita melakukan kesepakatan bersama kontraktor. Perkiraan dan prediksi bahan dan anggaran konstruksi perlu di perhitungkan secara saksama. 

Selain anda memahami cara menghitung borongan kontraktor baja berat, anda juga perlu mengetahui tugas dan pokok kontraktor baja berat yang ada di pembahasan selanjutnya.

Tips Langkah Menghitung Borongan kontraktor baja berat

Beberapa poin yang ada di bawah ini akan memberikan penjelasan awal dan memperhitungkan proyek borongan yang akan anda serahkan kepada jasa kontraktor. Ancang-ancang yang akan anda buat dapat memuat beberapa hal sebagai berikut :

1. Konsep dari konstruksi baja yang digunakan

Anda perlu memahami konsep gaya konstruksi anda terlebih dahulu. Bagaimana tata letak kolom balok serta besi baja yang akan anda rancang. 

Baik dalam struktur tiang, struktur atap, pondasi, dan lain sebagainya. Karena dengan memahami dan menciptakan ide konsep akan memudahkan perhitungan kebutuhan baja konstruksi nantinya.

2. Jenis struktur baja yang akan digunakan

Langkah berikutnya yakni menentukan kolom balok dan jenis struktur baja yang akan di gunakan dalam bangunan. 

Jenis struktur baja yang dapat di pakai yakni meliputi baja wf, baja h beam, plat baja, balok, kuda-kuda dan lainnya. Penentuan ini sebagai hasil olah pikir dari ide konsep yang anda buat sebelumnya.

3. Mengetahui beban yang ada pada konstruksi bangunan baja

Langkah ketiga yaitu anda juga perlu menghitung beban apa saja yang akan ada setelah konstruksi bangunan tersebut jadi. 

Beban yang di hitung adalah seperti beban terpaan angin, beban gempa, beban mati, dan beban hidup. 

Perhitungan beban ini sebaiknya selaras dengan pemilihan jenis baja konstruksi yang lebih kuat.

Misalnya menggunakan baja WF untuk konstruksi bangunan rumah, yang memiliki gaya aksial dalam menahan dan menarik beban tersebut. 

Atau juga memilih baja h beam dalam konstruksi jembatan, karena baja h beam memiliki kepadatan yang tinggi, sangat kuat dan tidak mudah peyok saat terkena benturan.

4. Merancang pola mekanis struktur bangunan

Setelah ketiga poin di atas telah anda lakukan dengan baik sesuai dengan rencana yang anda buat, selanjutnya anda bisa mulai merancang pola mekanis dari struktur bangunan yang telah anda planning tadi dengan detail. 

Perancangan ini bisa anda buat sendiri secara sederhana, kemudian mengkonsultasikannya kepada jasa kontraktor untuk di benahi oleh ahlinya.

5. Kebutuhan besi baja dan besi beton

Setelah mempuat pola mekanis dan memperhitungkan luas bangunan yang akan di buat, anda kemudian bisa mulai menghitung kebutuhan besi baja dan besi beton untuk pasokan material bangunan. 

Banyaknya baja anda hitung tergantung besar kecilnya bangunan yang akan anda buat. Semakin besar atau luas proyek bangunan anda, maka akan semakin banyak konstruksi baja yang di butuhkan.

Menghitung borongan jenis baja konstruksi bangunan

Dalam proyek konstruksi bangunan yang akan anda serahkan dan anda percayakan kepada suatu kontraktor baja berat biasanya anda akan di berikan beberapa penawaran. 

Penawaran ini bisa berupa jenis baja yang akan anda gunakan, kebutuhan berapa banyak baja, ataupun harga baja untuk konstruksi.

Sebelum mengetahui cara menghitung borongan kontraktor baja berat, anda perlu memiliki patokan harga baja dalam tabel terlebih dahulu. Kemudian akan di aplikasikan dengan perhitungan yang ada dalam bahasan di bawah ini adalah sebagai berikut :

Dari tabel borongan konstruksi baja yang ada di atas, memiliki rincian perhitungan untuk biaya tambahan borongan kontraktor baja berat. Rinciannya adalah sebagai berikut :

  • Harga tambahan biaya tenaga yang di hitung per kilogram sebesar Rp 5.000.
  • Harga tambahan biaya tenaga beserta alat konstruksi yang di hitung per kilogram sebesar Rp 7.500.
  • Harga tambahan biaya tenaga, alat konstruksi dan bahan konstruksinya yang di hitung per kilogram sebesar Rp 22.500.
  • Harga tambahan biaya tenaga, alat konstruksi, bahan konstruksi dan bea pasang atap yang di hitung per meter sebesar Rp 90.000.
  • Untuk biaya jasa bongkar atau pasang rangka konstruksi baja adalah sebesar Rp 450.000 per M2, tergantung dengan dimensi dan spesifikasi jenis baja yang di gunakan apakah besi baja wf ataupun besi baja h beam.

Jasa Konstruksi Baja Berat Kontraktor Bali

CV Griya Cipta Pradhana adalah penyedia jasa konstruksi baja di bali, Memberikan tawaran harga borongan konstruksi baja berat yang ramah di kantong. 

Harga konstruksi baja di bali ini bisa di sesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Jadi, anda tidak perlu khawatir lagi mengenai biaya pembangunan yang telah anda rencanakan.

CV Griya Cipta Pradhana bersedia melayani pembangunan proyek konstruksi dengan beberapa pilihan konsep, baik untuk konstruksi rumah tangga, bangunan borongan, villa, kos-kosan, kolam renang, kolam ikan yang estetik, dan lain-lain.

Itulah pembahasan mengenai cara menghitung borongan kontraktor baja berat yang bisa anda lakukan dalam perencanaan proyek anda. 

Perhitungan anggaran yang matang akan memberikan upaya pengerjaan konstruksi yang benar-benar matang, sehingga hasil yang akan di raih dalam proses pembangunan konstruksi pun memuaskan. 

Masih bingung menghitung Borongan kontraktor baja berat? segera kunjungi alamat perusahaan kontraktor bali untuk mendapatkan info yang lebih lengkap dan terbaru.