Hitung - Hitungan Biaya Untuk Renovasi Rumah

Dibandingkan harus membangun rumah kembali, merenovasi adalah salah satu cara membuat tampilan rumah lebih fresh. Terlebih lagi, biaya untuk membangun rumah juga tidaklah murah. Belum lagi, membangun dan merenovasi rumah bukan perkara yang mudah.

Dibutuhkan tenaga profesional sehingga tampilan rumah yang baru dan Anda inginkan akan terwujud. Pemilihan tukang dan kuli bangunan tidak sembarang. Lantas, berapa biaya untuk renovasi rumah.

Menghitung biaya untuk renovasi sendiri juga bisa dikarenakan beberapa faktor. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi biaya pembangunan rumah itu sendiri. Nah, berikut ini beberapa faktor yang menentukan kisaran biaya Anda untuk merenovasi rumah.

industrial design

Lokasi rumah

Lokasi rumah yang akan direnovasi juga menjadi salah satu faktor penting dalam penghitungan biaya renovasi. Pasalnya, setiap kota memiliki kisaran harga tukang dan pekerja yang berbeda – beda.

Jadi, sangat penting untuk memperhatikan di mana lokasi rumah Anda. Rumah yang berlokasi di gang sempit sehingga tidak memungkinkan mobil untuk masuk mungkin akan sedikit ada tambahan biaya.

Tambahan biaya ini berupa biaya pengantaran bahan bahan bangunan. Tentunya, rumah yang mudah diakses dengan mobil hingga truk pengangkut akan lebih menguntungkan dalam segi biaya pengantaran.

Luas bangunan yang akan dibangun

Tidak sama dengan membangun rumah, renovasi rumah mungkin hanya untuk beberapa bagian saja. Biasanya perhitungan luas bangunan tersebut akan dikalikan dengan harga jasa. Tetapi tidak semua jasa menggunakan sistem pembayaran dengan menghitung luas bangunan.

Harga pembongkaran

Nah buat Anda yang memang ingin melakukan renovasi secara total, artinya harus dibongkar terlebih dahulu. Biaya untuk renovasi rumah juga akan ditambahkan biaya pembongkaran. Setiap bagian memiliki biaya pembongkaran masing – masing. Untuk atap berkisaran 38 ribu per m2, dinding berkisaran 25 ribu per m2 dan lantai kisaran 20 ribu per m2. 

Harga material bangunan

Hal penting lainnya yang tidak boleh ketinggalan adalah material bangunan. Kebanyakan biaya renovasi lebih besar pada biaya material, seperti pasir, batu bata, semen, keramik dan lain sebagainya. Bisa dikatakan kalau biaya material memiliki pengaruh besar untuk biaya renovasi rumah nantinya. Untuk biaya lainnya mungkin bisa dibicarakan dengan para pekerja. 

Jasa yang diberikan

Jasa pekerja yang Anda gunakan juga akan mempengaruhi biaya renovasi. Ada dua sistem pekerja, yakni harian dan borongan. Sistem harian menghitung jumlah hari pekerja sedangkan borongan langsung dibayarkan sekali waktu sesuai kesepakatan. Setiap pekerja juga memiliki upah berbeda, tergantung pekerjaan yang dilakukan, apakah membongkar, mengecat ulang, memasang lantai atau kuli. Biaya juga termasuk biaya persiapan. 

Tambahan biaya

Pastinya akan ada biaya tidak terduga selama renovasi rumah. Maka dari itu, jangan lupa menyisihkan uang untuk membayar biaya yang tidak terduga dan di luar perencanaan. Setidaknya, Anda bisa menyisihkan 10% dari total biaya untuk renovasi rumah Anda.