Memilih Jasa Renovasi Rumah Biaya Murah

Renovasi rumah bisa dikatakan pekerjaan konstruksi yang rumit. Tak ayal, jasa renovasi rumah biaya murah bisa Anda gunakan. Jasa ini membantu membuat hunian Anda tampil lebih fresh. Belum lagi, jasa profesional dan biaya yang murah. Lantas bagaimana untuk memilih jasa yang tepat? 

Pemilihan jasa yang tepat membantu dalam menentukan hasil akhir rumah dan mempengaruhi anggaran biaya untuk membangun rumah. Mungkin sudah ada beberapa rekomendasi dari teman atau keluarga, tetapi ada beberapa hal yang perlu ditinjau kembali, seperti yang berikut ini. 

industrial design

Tanyakan pengalaman membangun rumah sebelumnya

Jasa yang sudah terverifikasi secara resmi dan profesional memiliki tenaga ahli terbaik di bidangnya. Makna tak ayal untuk menanyakan rekam jejak bangunan yang sudah pernah dikerjakan. Hal ini membantu untuk menyesuaikan apakah desainnya sesuai dengan konsep rumah impian Anda. Jika memang iya, kemudian perhatikan kualitas akan hasilnya. Tak perlu ragu bertanya untuk membuktikan kredibilitas dan kualitas yang diberikan. 

Kenali berapa lama proses pembangunan

Selain melihat rekam jejak jasa tersebut, pastikan bahwa renovasi yang dilakukan bisa tepat waktu selesainya. Waktu biasanya sudah tertulis dalam surat perjanjian kontrak kerja. Kalaupun ada penambahan waktu, kenali faktor yang mungkin terjadi, baik material minim, cuaca atau memang kendala di lapangan. Beberapa alasan mungkin masih bisa diterima selama masuk akal. 

Tanyakan masalah sistem kontrak pembangunan

Sebelum proses renovasi rumah dilakukan, dibutuhkan kesepakatan terlebih dahulu antara Anda dan tukang renovasi rumah biaya murah. Sangat penting untuk mencantumkan beberapa hal dalam kontrak kerja, seperti waktu pengerjaan, lingkup renovasi, harga dan sistem pembayaran serta sanksi yang berlaku kalau pelanggaran kontrak dilakukan. 

Pastikan sebelum tanda tangan kontrak, paham akan perjanjian yang sudah dibuat. Jika memang ada hal yang membingungkan dan buat Anda rugi, bisa langsung menanyakan hal tersebut dan melakukan perbaikan kontrak. Kenali juga hak dan kewajiban Anda sebagai klien dari mereka.

Kenali sistem pembayarannya

Biasanya jasa renovasi rumah memiliki dua sistem pembayaran, yakni bertahap dan cost and fee. Bedanya terletak pada penanggung jawab renovasi dan masa pembayaran. Untuk sistem bertahap, ada 4 tahapan, yakni membayar DP 20% atau 30% dan sisanya dibayarkan setelah 50% pengerjaan dan pelunasan kalau renovasi sudah selesai dilakukan. Sedangkan untuk sistem kedua, biaya renovasi dipegang penuh oleh jasa renovasi. Jadinya, Anda perlu membayar biaya setiap bulannya sesuai ketentuan. 

Ketahui siapa penanggung jawab renovasi

Tukang renovasi rumah pastinya akan selalu membuat laporan atau progress renovasi dari penanggung jawab. Anda pun juga harus aktif berkomunikasi dengan penanggungjawab. Jadi kalau ada kendala, maka bisa langsung ditangani dengan cepat. Pastikan bahwa penanggung jawab yang ditunjuk adalah orang kepercayaan Anda. Tapi biasanya jasa renovasi rumah biaya murah dan profesional juga merangkap sebagai penanggung jawab.