Biaya Renovasi Rumah Minimalis

Kebutuhan akan rumah tinggal meningkat setiap tahunnya. Namun sayangnya lahan yang kosong semakin terbatas, apalagi di daerah perkotaan. Salah satu cara yang dilakukan agar bisa memiliki rumah tinggal di perkotaan adalah dengan membangun rumah minimalis. Saat ini rumah minimalis menjadi pilihan banyak orang karena dinilai lebih efektif serta memiliki banyak keuntungan. Rumah minimalis tidak memerlukan lahan yang luas dan juga biaya pembuatannya juga lebih murah. Bagi orang orang yang tinggal di area perkotaan rumah minimalis menjadi pilihan utama. Dari segi desain juga rumah minimalis tak kalah menarik dengan rumah pada umumnya. Melakukan renovasi rumah minimalis tentu berbeda dengan renovasi rumah biasa. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merenovasi rumah minimalis. Pada artikel kali ini kami akan membagikan info tentang biaya renovasi rumah minimalis. 

Tetapkan Bagian Mana yang Menjadi Prioritas Renovasi

Salah satu hal yang perlu kamu lakukan saat hendak melakukan renovasi rumah minimalis kamu adalah kamu perlu menetapkan dahulu bagian bagian mana saja pada rumah tersebut yang akan direnovasi. Apakah kamu ingin membuat ruang dapur minimalis modern pada rumah kamu atau merenovasi ruang tamu agar kegunaanya dapat lebih maksimal. Hal ini perlu kamu lakukan agar nantinya biaya yang hendak kamu keluarkan tidak meleset dari perkiraan. Pada rumah minimalis, setiap bagian pada bangunan biasanya terikat satu sama lain. Oleh karena itu merenovasi bagian tertentu akan berdampak pada bagian lainnya pada rumah. Melakukan renovasi rumah tentunya jauh lebih sulit daripada membangun rumah. Oleh karena itu mempertimbangkan bagian bagian pada rumah yang hendak di renovasi sangat penting untuk dilakukan. 

industrial style
industrial style

Renovasi Secara Borongan Pastinya Lebih Murah

Jika kamu hendak melakukan renovasi tentunya agar biaya renovasi rumah minimalis lebih murah, kamu sebaiknya melakukan renovasi rumah secara borongan. Harga borongan renovasi rumah tentunya lebih murah daripada melakukan renovasi terhadap bagian bagian tertentu saja pada rumah. Karena renovasi secara borongan lebih memudahkan pihak jasa bangunan nantinya dalam melakukan renovasi. Selain itu bahan bahan material untuk renovasi juga bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah. Bahkan beberapa jasa bangunan memberikan harga yang relatif lebih murah jika diminta secara borongan. Oleh karena itu jika kamu ingin melakukan renovasi rumah minimalis, sebaiknya kamu melakukan renovasi secara borongan karena biaya borongan bangunan rumah nantinya jauh lebih irit. 

Renovasi Untuk Jangka Panjang atau Menengah

Hal lain yang perlu kamu jadikan sebagai pertimbangan saat melakukan renovasi rumah adalah apakah kamu ingin melakukan renovasi untuk jangka panjang atau hanya untuk jangka menengah saja. Hal ini penting kamu lakukan untuk meminimalisir pengeluaran nantinya. Jika kamu ingin melakukan renovasi untuk kebutuhan jangka menengah, kamu bisa memilih bahan baku serta konsep bangunan yang sifatnya semi permanen, agar saat kamu ingin melakukan renovasi nanti di masa depan, kamu bisa dengan mudah membongkarnya. Tapi jika kebutuhan renovasi tersebut untuk jangka panjang, sebaiknya pikirkan dengan matang konsep renovasinya serta gunakan lah bahan yang berkualitas agar tetap kuat dan menarik nantinya di masa depan. 

Tetapkan Budget

Biaya melakukan renovasi sebenarnya sangat bervariasi, tergantung dari keinginan kamu. Oleh karena itu sebelum melakukan renovasi kamu terlebih dahulu harus menentukan budget yang kamu miliki, sehingga nantinya konsep renovasi dapat disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Kamu bisa berkonsultasi dengan pihak jasa bangunan tentang perkiraan biaya renovasi rumah. Jika menurut kamu perkiraan biayanya melebihi budget yang kamu miliki, kamu bisa menekan biaya tersebut dengan cara memilih bahan material yang lebih murah, seperti bahan material bekas, atau bahan material yang kualitasnya tidak terlalu buruk namun layak dipakai. Jasa bangunan yang terpercaya biasanya akan membantu kamu memilihkan bahan serta konsep renovasi yang  tidak memerlukan biaya besar. 

Hal yang perlu kamu ingat bahwa kamu sendirilah yang menentukan berapa biaya renovasi rumah kamu. Jika kamu ingin melakukan renovasi besar besaran dengan tampilan rumah yang lebih mewah, pastinya biaya renovasi menjadi lebih mahal. Tapi jika kamu ingin melakukan renovasi dengan tampilan menarik dan sederhana, pastinya biayanya dapat ditekan menjadi lebih murah. 

Konsultasikan Desain Renovasi dengan Arsitek

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk melakukan renovasi rumah dengan biaya yang minim adalah kamu perlu terlebih dahulu berkonsultasi dengan arsitek tentang desain renovasi rumah kamu. Ahli arsitek biasanya tahu bagian bagian mana saja pada rumah tersebut yang perlu diubah, dan bagian mana yang perlu dipertahankan. Dengan demikian ia juga akan tahu bahan material yang cocok dimanfaatkan untuk renovasi, sehingga hasil renovasi nantinya menjadi lebih menarik. Arsitek yang ahli juga biasanya mampu menetapkan biaya jasa desain rumah dan juga menghitung biaya renovasi rumah dengan lebih cermat dan tepat.  Jadi jika kamu ingin melakukan renovasi rumah, sebaiknya kamu konsultasi terlebih dahulu dengan arsitek tentang desain serta biaya renovasinya. 

Cari Contoh Contoh Rumah Minimalis

Hal lain yang juga perlu kamu lakukan sebelum melakukan renovasi rumah kamu, adalah kamu perlu mencari referensi tentang contoh contoh rumah minimalis yang menarik agar kamu mendapat inspirasi atau gambaran tentang desain renovasi rumah minimalis kamu. Saat ini sudah banyak sekali contoh bentuk rumah minimalis yang bisa ditemukan di internet. Bahkan di Youtube pun kamu bisa menemukan berbagai video contoh contoh rumah minimalis sangat lengkap serta cara pembuatannya. Kamu juga bisa mengetahui perkiraan biaya renovasi dari contoh contoh rumah minimalis tersebut. Jadi daripada kamu nantinya bergantung pada desainer untuk membuat konsep rumah kamu, lebih baik kamu sendiri yang menemukan konsepnya melalui contoh contoh rumah minimalis tersebut.  

industrial style

Ketahui Perbedaan Setiap Bahan Bangunan

Mengetahui karakteristik setiap bahan bangunan juga penting walaupun kamu tidak memiliki minat pada bidang bangunan. Jika ingin melakukan renovasi rumah, kamu juga perlu mempelajari sedikit tentang jenis jenis material, kelebihan serta kekurangannya dan juga harganya. Hal ini akan berguna untuk membantu kamu memilih bahan material untuk renovasi rumah minimalis kamu. Misalnya saja jika kamu ingin melakukan renovasi pada bagian pagar rumah, kamu sebaiknya mengetahui perbedaan antara model pagar besi rumah minimalis dan model pagar beton rumah minimalis. Jika kamu mempelajarinya sebelum melakukan renovasi, kamu akan tahu keunggulan pagar besi apa, dan keunggulan pagar beton apa. 

Dengan memiliki pengetahuan tersebut pastinya kamu akan sangat terbantu dalam memutuskan konsep desain rumah minimalis kamu. Serta juga terbantu dalam menetapkan biaya renovasi rumah minimalis.  Itu lah beberapa hal yang perlu kamu ketahui dalam melakukan renovasi rumah minimalis kamu. Usahakan dalam melakukan renovasi rumah kamu membuat perencanaan yang matang baik dari segi konsep, biaya, dan juga hal lainnya. Dan hal yang tak kalah penting adalah temukan jasa bangunan yang tepat yang bisa merenovasi rumah kamu dengan baik.