Rancangkan biaya renovasi rumah anda

Renovasi Kondisi rumah atau gedung yang sudah usang, terdapat beberapa bagian yang rusak atau sudah tak layak, tentunya akan dilakukan proses renovasi. Sebenarnya apa itu renovasi atau istilah asingnya remodeling merupakan proses merombak, memperbarui, meremajakan, memperbaiki, atau menyempurnakan struktur atau bentuk, serta memberi desain tambahan pada bangunan. Nah, renovasi rumah sendiri juga bisa disebut proyek untuk mengembangkan dan memperbarui interior rumah, eksterior, atau perbaikan lainnya. Nah, sebelum melakukan renovasi tentunya anda perlu adanya rencana anggaran biaya renovasi rumah, agar perbaikan memiliki hasil yang sesuai baik secara hasil dan target waktu.

Kategori Renovasi

Meski bermakna proses perbaikan pada rumah atau gedung, ternyata renovasi terdapat pembagian kategori dan di setiap kategorinya memiliki pengertian yang berbeda.

industrial design

1. Renovasi ringan

Renovasi ringan ini, masuk dalam kategori renovasi yang terbilang  perbaikan yang sangat lumrah dilakukan. Karena terbilang ringan, proses pengerjaannya hanya membutuhkan waktu yang terbilang sangat sebentar. Minimal satu hari pengerjaan dan maksimal 7 hari pengerjaan. Pengerjaan renovasi kategori renovasi ringan ini diantaranya mengubah warna dinding, melakukan mengganti pada daun pintu atau kusen pintu, mengganti keramik lantai, memperbaiki instalasi listrik atau air.

2. Renovasi sedang

Kategori renovasi satu ini memiliki tingkat kesulitan perbaikan di atas kategori renovasi ringan. Karena tingkat kesulitan yang lebih tinggi, proses pengerjaannya juga membutuhkan yang cukup panjang berkisar antara tujuh sampai dengan empat belas hari. Namun proses ini tergantung pada volume dan jumlah tenaga tukang yang digunakan untuk mengerjakan proses renovasi. Pengerjaan untuk renovasi kategori sedang ini mulai dari mengubah pagar rumah, mengubah tampak muka, menambah luas ruangan tertentu, menambah kamar, membuat teras.

3. Renovasi total

Kemudian kategori yang terakhir adalah kategori renovasi total. Dimana renovasi total adalah mengubah semua bagian rumah. Dan proses pengerjaan rumah ini dapat memakan waktu yang cukup panjang, minimal pengerjaan dan 2 minggu dan maksimal sampai berbulan-bulan tergantung tingkat kesulitan pengerjaan. Renovasi total ini mulai dari mengubah total tata letak bangunan, membuat dak, mengganti atap, dan semua pekerjaan renovasi ringan dan sedang yang dilakukan secara serentak pada seluruh rumah masuk dalam kategori renovasi total. Untuk kategori ini, anda bisa menggunakan jasa bangun rumah borongan. Buat rencana anggaran biaya renovasi rumah untuk penggunaan jasa pelayanan rumah borongan.

Selain kategori yang disebutkan di atas terdapat jenis-jenis renovasi dapat dikelompokkan menjadi empat bagian sebagai berikut:

  1. Renovasi bentuk bangunan.
  2. Renovasi material, atau penggantian bahan bangunan.
  3. Renovasi tata letak, dimana perbaikan dan mengubah tata letak segala furnitur.
  4. Renovasi tampilan/gaya/fungsi.

Sementara renovasi berdasarkan bagian/elemen rumah bisa dikelompokkan menjadi:

  1. Renovasi pagar, melakukan perbaikan dari melakukan pengecatan atau mungkin membuat ulang. .
  2. Renovasi ruang tamu.
  3. Renovasi ruang keluarga.
  4. Renovasi kamar tidur.
  5. Renovasi kamar mandi.
  6. Renovasi dapur, untuk proses renovasi ruangan pastikan rencana anggaran biaya renovasi rumah, agar biayanya tidak membengkak.
  7. Renovasi lantai, seperti pergantian keramik atau penggantian material.
  8. Renovasi penambahan jumlah ruangan.
  9. Renovasi pelebaran sebuah ruangan, jadi ruangan terkesan memiliki space yang lebih