Tips Renovasi Rumah Type 45 agar terlihat luas

Setiap orang pasti bercita-cita ingin memiliki rumah sendiri. Tidak harus luas, asalkan rumah tersebut nyaman untuk dihuni. Rumah type 45 adalah yang biasanya paling banyak dicari oleh para pengantin baru atau mungkin untuk tempat tinggal 1 orang saja. Rumah dengan type 45 ini memiliki ukuran yang tidak begitu luas. Rumah type ini memiliki ukuran sebesar 45 meter persegi dengan rincian ukuran 7.5 x 6 meter. Pada umumnya, rumah ini terdiri dari beberapa ruangan seperti 1 ruang tamu, 3 kamar tidur, 1 dapur, dan 1 kamar mandi. Meskipun terlihat cukup minimalis, namun Anda juga dapat merubah rumah type 45 ini agar terlihat lebih luas. Di bawah ini adalah tips renovasi rumah type 45 untuk Anda.

industrial design

Buatlah plafon menjadi lebih tinggi

Pada umumnya, rumah type 45 memiliki plafon yang pendek. Oleh karena itu, rumah terlihat lebih sempit. Jika Anda ingin merenovasi rumah type 45, hal pertama yang harus diubah adalah plafon. Buatlah plafon rumah menjadi lebih tinggi agar rumah terlihat lebih luas dan besar. Selain itu, rumah Anda juga akan terasa lebih nyaman dan tidak  sesak, dan lebih sejuk.

Apabila plafon rumah type 45 ini pendek, maka kesannya akan terasa sangat sesak dan panas. Untuk mengubah plafon menjadi lebih tinggi memang membutuhkan waktu dan biaya yang cukup banyak. Namun, hasilnya bisa Anda dapatkan sifatnya bisa tetap atau selamanya.

Pasang jendela dengan ukuran besar

Selain plafon yang tinggi, penggunaan jendela yang berukuran besar juga sangat membantu dalam membuat rumah type 45 menjadi lebih luas. Selain itu, rumah Anda akan terlihat lebih sehat karena cahaya matahari dan udara dari luar bisa masuk ke dalam. Rumah Anda akan lebih terang dan tidak akan menjadi lembab. Anda dapat meminta kepada jasa bangun rumah borongan untuk memasangkan jendela di bagian yang mudah mendapatkan cahaya matahari.

Buatlah rumah tanpa sekat

Tips lain untuk renovasi rumah type 45 adalah menghilangkan sekat-sekat yang ada. Hal ini dikarenakan penggunaan sekat sangat tidak efektif sehingga rumah Anda akan terlihat sangat sempit. Jika Anda ingin tetap membagi antara ruang tamu dengan ruang keluarga, Anda dapat menyiasatinya dengan memasang tirai. Penggunaan tirai ini juga tetap menjaga privasi rumah Anda ketika ada tamu yang berkunjung.

Gunakan warna terang

Tips yang terakhir adalah penggunaan warna terang. Warna terang dapat membuat setiap ruangan di dalam rumah terasa lebih luas. Adapun warna terang yang bisa dipilih adalah putih. Warna ini dapat diaplikasikan pada dinding atau Anda juga bisa menggunakan furnitur yang memiliki warna terang. 

Selain yang di atas, tips lain untuk renovasi rumah type 45 agar terlihat lebih luas adalah dengan cara membuatnya menjadi tingkat. Jika Anda tidak memiliki sisa tanah untuk memperluas bangunan, cara ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.