Langkah - Langkah Pembuatan Kolam Renang Simple tapi Mewah

Tahukah anda salah satu eksterior rumah apakah yang membuat hunian terkesan tampak lebih mewah ? 

Ya, kolam renang. Selain berfungsi sebagai tempat berenang ataupun bersantai dengan keluarga, kolam renang juga berfungsi untuk mempercantik tampilan rumah. 

Jadi, tak salah jika saat ini anda sedang mencari artikel langkah pembuatan kolam renang karena tengah berencana untuk membuat kolam renang di rumah.

pembuatan kolam reang simple tapi mewah

Walapun sangat menginginkan keberadaan kolam renang di rumah, terlebih dahulu anda harus merencanakan persiapannya dengan matang. 

Mulai dari merencanakan anggaran pembuatan kolam, desain yang diinginkan serta mempersiapkan segala peralatan dan perlengkapan kolam renang.

Nah, jika perencanaan dirasa sudah matang, barulah anda bisa beranjak pada langkah pembuatan kolam renang. Satu hal yang harus anda ketahui adalah biaya pembuatan kolam renang tidaklah sedikit. 

Oleh karena itu anda harus mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari sekarang. Disamping itu anda pun harus mengetahui bagaimana langkah pembuatan kolam renang.

Tahapan Pembuatan Kolam Renang dari Awal Hingga Akhir

Tahapan dalam membangun kolam renang dari awal hingga akhir bisa menjadi panduan bagi anda yang saat ini tengah berencana membuat kolam renang di rumah sendiri. 

Nah, apa saja sih tahapan yang perlu dilakukan untuk menunjang pembuatan kolam renang ? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

A. Perencanaan Kolam Renang

- Tentukan Lokasi Pembuatan

Langkah pertama dalam perencanaan kolam renang adalah menentukan lokasi pembuatan kolam renang. 

Point satu ini dianggap paling penting karena anda harus menyesuaikan letak kolam renang yang cocok untuk bersantai bersama keluarga. 

Biasanya, lokasi yang sering dipilih untuk membuat kolam renang di rumah adalah halaman belakang rumahatau di lahan yang cukup. 

Pikirkan dengan matang dimana anda akan menentukan lokasi pembuatan kolam renang, karena mungkin saja anda harus melakukan tebang pohon atau menggeser posisi pagar supaya kolam renang mendapatkan posisi yang ternyaman.

- Tentukan Desain Kolam Renang

Menentukan desain kolam renang adalah hal kedua yang wajib diperhatikan setelah selesai memilih lokasi pembuatan kolam renang. Anda bisa memilih desain kolam renang yang diinginkan atau dibutuhkan. 

Apakah anda akan memilih desain kolam yang berbentuk bulat, persegi, persegi panjang atau bentuk lainnya ? 

Jangan lupa perhatikan kedalamannya juga, setelah itu konsultasikanlah dengan kontraktor kolam renang kepercayaan anda.

Pada umumnya, kolam renang rumahan memiliki ukuran standar dimana kontraktor kolam renang anda lebih mengetahui akan hal tersebut. 

Namun ukuran standar tersebut tidak menutup kemungkinan untuk anda memilih ukuran kolam sendiri sesuai keinginan. 

Akan tetapi, yang harus anda ingat adalah semakin kompleks desain kolam yang anda inginkan, semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.

- Libatkan Kontraktor Kolam Renang untuk Mengurangi Resiko

Perencaan kolam renang yang terakhir ialah memilih kontraktor kolam renang terpercaya untuk pembuatan kolam renang rumahan. 

Sebaiknya gunakanlah jasa kontraktor yang berpngalaman dalam bidang kolam renang sehingga nantinya impian anda memiliki kolam renang mewah di rumah bisa terwujud sesuai harapan.

Melibatkan jasa kontraktor kolam renang ini juga sebagai bentuk untuk meminimalisir terjadinya resiko yang mungkin saja terjadi. 

Oleh sebab itu, untuk merencanakan pembuatan kolam renang sebaiknya anda harus selektif dalam mencari kontraktor kolam renang yang terpercaya, profesional dan berkompeten dalam bidang tersebut.

B. Membuat Struktur Dasar

Langkah pembuatan kolam renang berikutnya adalah dengan membuat struktur dasar setelah sebelumnya membuat perencanaan yang matang. 

Adapun struktur dasar mencakup beberapa hal seperti berikut ini.

- Memulai Penggalian Tanah

Tahap pertama untuk struktur dasar pembuatan kolam renang adalah memulai penggalian tanah yang dilakukan oleh kru dari jasa kontraktor kepercayaan anda. 

Tim mereka akan segera bertindak untuk melakukan penandaan serta penggalian tanah untuk dijadikan kolam renang sesuai dengan kedalaman yang anda inginkan. 

Penggalian tanah adalah tahap awal sekaligus hal terpenting dalam pembuatan kolam renang. 

Dimana nantinya pemasangan komponen-komponen lain akan bergantung dari proses penggalian tanah yang benar. 

Inilah sebabnya mengapa anda harus selektif dalam memilih jasa kontraktor kolam renang.

- Meratakan Dasar Kolam Renang

Tahap berikutnya adalah meratakan dasar kolam renang setelah penggalian tanah selesai dilakukan.  

Perataan dasar kolam dilakukan sesuai dengan jenis yang anda inginkan, seperti dasar kolam datar atau miring dengan kedalaman yang berbeda. 

Jika anda memilih dasar kolam yang rata, maka kru kontraktor akan meratakan dasar kolam tanpa kemiringan sedikitpun. 

Pastikan pula dalam proses ini anda benar-benar mendapatkan dasar kolam yang rata dengan kedalaman yang sesuai.

- Melakukan Pembesian Pada Permukaan Kolam

Struktur dasar berikutnya dalam pembuatan kolam renang adalah proses pembesian pada permukaan kolam. 

Proses ini berfungsi untuk menentukan bentuk sisi-sisi pada kolam yang hendak dibangun. 

Dalam tahap ini diperlukan tingkat ketelitian yang tinggi supaya sisi-sisi kolam bisa menjadi rata dan sejajar.

- Instalasi Saluran Air Kolam Renang

Tahap selanjutnya adalah pemasangan instalasi saluran air kolam renang. 

Tim dari kontraktor akan melakukan pemasangan pipa-pipa yang difungsikan untuk saluran air. 

Ini bertujuan untuk menyiapkan sirkulasi serta penyaringan air kolam. Pada proses ini akan mencakup seluruh komponen sirkulasi air yaitu mulai dari skimmers, selokan, pompa utama dna katup-katup.

- Pemasangan Kelistrikan di Kolam Renang

Setelah instalasi saluran air kolam terpasang, barulan dilakukan pemasangan kelistrikan di kolam renang sebelum kolam dilapisi. 

Tim kontraktor membutuhkan daya listrik untuk mengaktifkan sistem filtrasi dan pencahayaan bawah air. 

Kontraktor kolam renang yang berpengalaman dan profesional bisa melakukan tugas ini dengan aman.

C. Melapisi Kolam Renang

- Pelapisan Kolam Renang

Dalam tahap pelapisan kolam renang, proses yang dilakukan oleh tim kontraktor adalah mengecor rangka besi dan meratakannya ketika cor-coran masih dalam keadaan basah. 

Berapakah ketebalan cor kolam renang

Umumnya untuk ketebalan cor tergantung pada ukuran kolam. Pada tahap ini perlu pemeriksaan kedalaman dan pastikan kemiringannya konsisten dari ujung ke ujung lainnya. 

Nah, setelah mengecor barulah dilakukan pemasangan keramik.

- Pengisian Air Kolam

Proses pengisian air kolam adalah tahap yang paling ditunggu-tunggu. Pengisian air dilakukan dengan mengalirkan air ke dalam kolam renang. 

Prosesnya bisa saja memakan waktu yang snagat lama tergantung dari debit air yang dialirkan. 

Kontraktor juga akan melakukan inspeksi permasalahan seperti mengecek apakah ada kebocoran atau tidak.

- Perawatan Kolam Renang dengan Bahan-bahan Khusus

Nah, masuk ke dalam langkah terakhir ialah perawatan kolam menggunakan bahan-bahan khusus. Kontraktor akan melakukan penyesuaian pH air, penjernihan kolam, serta pengendalian biota air dengan menggunakan bahan kimia khusus.

Kontraktor Kolam Renang Di Bali

Demikianlah langkah-langkah pembuatan kolam renang yang tepat sesuai prosedur. 

Namun, apabila anda merasa kesulitan dalam melakukannya dan butuh layanan kontraktor kolam renang profesional dan berpengalaman, percayakan saja pada CV.Griya Cipta Pradhana.

CV.Griya Cipta Pradhana adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang kontraktor kolam renang yang terpercaya, profesional murah dan berkualitas. 

Anda bisa menggunakan layanan kontraktor pembuatan kolam renang di CV.Griya Cipta Pradhana untuk mendapatkan kolam renang impian anda.

Pembuatan kolam renang dituntut mempunyai tahapan-tahapan pembangunan yang runtut dan tertib supaya mendapatkan hasil yang lebih sempurna. 

Jadi, percayakan pembuatan kolam renang rumahan anda pada Kontraktor Bali dan dapatkan kolam renang impian anda sekarang juga!