Ketahui Biaya Pembuatan Kolam Renang untuk Menekan Budget

Salah satu fasilitas favorit bagi keluarga di rumah adalah kolam renang. 

Tidak sedikit orang yang berencana membangun rumah baru yang langsung merencanakan pembuatan kolam renang di dalamnya. 

Sebab, biaya pembuatan kolam renang dengan ukuran sebatas 3m x 7 tidak terlalu mahal. 

Inilah yang menjadi salah satu alasan terkuat mengapa banyak orang senang memiliki kolam sendiri di rumah hunian mereka.

biaya pembuatan kolam renang

Nah, jika anda berkeinginan memiliki kolam renang sendiri di rumah, maka anda mendarat di artikel yang tepat. 

Kali in kami akan merangkum tentang rincian biaya pembuatan kolam renang untuk anda. 

Sebagai contoh kami akan merinci anggaran biaya untuk membuat kolam renang yang berukuran 3 m x 7 m.

Semua Hal Penting Tentang Kolam Renang

Sebelum anda menyerahkan pembuatan kolam pada kontraktor terpercaya, ada baiknya ketahui terlebih dahulu perkiraan kalkulasi harganya. 

Sebab, setelah merinci biaya pembuatan kolam, nantinya anda bisa menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. 

Dengan demikian, kolam renang impian anda dapat terwujud tanpa pemborosan budget.

A. Hal yang Perlu Diperhatikan Membuat Kolam Renang

Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk langkah pembuatan kolam renang ialah anggaran biaya. 

Sebab, memiliki kolam renang tak hanya sebatas pada anggaran biaya pembuatannya saja, melainkan juga perawatan yang perlu dilakukan secara berkala. 

Adapun rincian biaya yang perlu disiapkan antaa lain mencakup biaya konstruksi, alat-alat filtrasi dan pemipaan, sistem penerangan, biaya air, persediaan kaporit dan sodaash serta biaya tukanng.

Kedua, yakni tentang konstruksi kolam. Sebaiknya perhatikan materialkonstruksi yang digunakan untuk membangun kolam tersebut. 

Selain itu, ukuran kolam renang pun tak kalah pentingnya untuk diperhatikan. 

Jika tujuannya hanya untuk sekedar berenang untuk anggota keluarga saja, ukuran 3 x 7 meter sudah cukup luas. 

Hal lain yang harus diperhatikan adalah konsumsi listrik, pasokan air, sistem filtrasi, material pelapis lantai dan dinding.

B. Sistem Sirkulasi Membuat Kolam Renang

Tahukah anda apa yang dimaksud dengan sistem sirkulasi ? 

Ia merupakan sebuah sistem skimmer atau sirkulasi air yang mengkondisikan supaya air di dalam kolam tersebut tidak melimpah keluar dari dinding kolam. 

Nah, dengan adanya sistem inilah yang membuat konstruksi dinding kolam renang sengaja di desain lebih tinggi dari batas permukaan air kolam renang.

C. Rincian Biaya Pembuatan Kolam Renang

 Biaya Galian Kolam Renang

Seperti yang kita ketahui bahwa biaya pembuatan kolam renang membutuhkan banyak biaya. Adapun rincian biaya pembuatan kolam renang yang pertama dimulai dari biaya galian kolam renang. 

Nah, untuk harga galian ini sebenarnya tergantung dari beberapa faktor, seperti jenis tanah yang hendak di gali. 

Umumnya, untuk biaya galian kolam renang di tanah kapur atau Limestone bisa mencapai kurang lebih Rp 500.000/m3. 

Sementara untuk tanah biasa dapat mencapai harga maskimal Rp 130.000/m3. Nah, jadi bisa kita asumsikan untuk biaya galian kolam renang kali ini ialah Rp 5.000.000.

 Biaya Membuat Bekisting

Setelah tahap penggalian selesai, masuk ke tahap selanjutnya yaitu membuat bekisting kolam renang. 

Apa itu bekisting ? Ia merupakan konstruksi pendukung yang sifatnya sementara berupa cetakan untuk menentukan bentuk dari konstruksi beton kolam renang.

Lalu, berapa sih kisaran biaya untuk membuat bekisting ? Nah, untuk pembuatan kolam renang diperlukan 2 jenis bekisting yang berupa batako (bata)dan triplex. 

Harga batako dapat berkisar Rp 2.000 per buah, sementara triplex bisa mencapai Rp 100.000. Jadi, dapat dikisarkan untuk biaya pembuatan beksiting ini bisa mencapai Rp 10.000.000.

 Biaya Pengecoran

Selanjutnya, kita kira-kira berapa sih biaya untuk pengecoran pembuatan kolam renang ? Berapakah ketebalan cor kolam renang

Nah, untuk pengecoran kolam renang rupanya dibutuhkan biaya yang paling besar diantara biaya yang dibutuhkan untuk membuat kolam renang lainnya.

Untuk pembuatan kolam renang yang berukuran 3m x 7m dengan kedalaman 1,4m, diperkirakan membutuhkan besi 8 dengan 2 lapis. 

Oleh karena itu kami bisa mengasumsikan biaya pengecoran adalah Rp 10.000.000.

 Biaya Finishing

Proses finishing mencakup proses pemasangan finishing lantai kolam renang, pemasangan border kolam renang serta pemasangan finishing dinding kolam renang. 

Umumnya, finishing kolam biasanya ditentukan oleh material finishing kolam yang digunakan. 

Jika material Mozaic yang digunakan maka harganya bisa mencapai Rp 450.000/m2. Sementara jika menggunakan material keramik kisarannya antara Rp 100.000 sampai Rp 180.000/m2.

Nah, jika diasumsikan dengan menggunakan material keramik dengan ukuran kolam 3m x 7m dan kedalaman 1,4 volume maka yang dibutuhkan adalah sekitar 50 m2

Dengan demikian, dapat diperkirakan biaya finishing kolam renang bisa mencapai Rp 12.000.000.

 Biaya Peralatan dan Pemasangan Kolam Renang

Untuk menunjang kolam renang tentunya diperlukan peralatan kolam renang yang lengkap beserta pemasangannya. 

Anda harus memperhatikan apa saja peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan kolam renang. 

Yakni mulai dari pemasangan pompa dan sand filter kolam renang, pemasangan pipa kolam renang serta pemasangan aksesoris kolam renang. 

Semua peralatan dan pemasangan kolam renang tergantung dari merk yang digunakan. 

Nah, kali ini kami asumsikan menggunakan pompa ¾ Hp merk hayward dan sand filter merk hayward. Dengan demikian dapat diasumsikan biaya peralatan dan pemasangannya mencapai Rp 25.000.000.

Kontraktor Kolam Renang Bali

Setelah mengetahui rincian biaya pembuatan kolam renang, kini saatnya anda memilih jasa konstruksi untuk pembuatan kolam. Dimana anda bisa mendapatkannya ? 

CV. Griya Pradhana lah jawabannya. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang kontraktor terpercaya dan profesional yang bisa diandalkan untuk pembuatan kolam renang di rumah anda.

Griya Pradhana mampu diandalkan sebagai layanan produktif dengan harga terjangkau. 

Sebagai general kontraktor bangunan dan kontraktor kolam renang terpercaya di Bali, perusahaan satu ini memiliki pengalaman dalam merancang serta melaksanakan proyek pembuatan kolam renang dari tahap awal hingga akhir.

Perusahaan general kontraktor kolam renang yang berpengalaman di bidangnya ini telah dipercaya mengerjakan aneka macam kolam renang dengan hasil yang memuaskan klien. 

CV.Griya Pradhana hadir sebagai perusahaan yang menjadi solusi terbaik bagi anda yang membutuhkan jasa kontraktor Bali untuk pembuatan kolam renang.

Perusahaan kontraktor kolam renang yang berpengalaman di bidangnya ini telah dipercaya mengerjakan aneka macam kolam renang dengan hasil yang memuaskan klien. 

CV.Griya Cipta Pradhana hadir sebagai perusahaan yang menjadi solusi terbaik bagi anda yang membutuhkan jasa kontraktor untuk pembuatan kolam renang.

Satu-satunya layanan kontraktor kolam renang yang terpercaya, murah, berintegritas, kreatif dan inovatif serta mengutamakan kepuasan klien dengan menunjukkan semangat profesionalisme kepada para klien yang menggunakan jasa konstruksi dari CV.Griya Cipta Pradhana. 

Bagaimana dengan harga jasa tarif yang ditawarkan ? Harga jasa kompetitif dan relatif murah serta jasa yang diberikan berkualitas. 

Lantas, masihkah ragu menggunakan jasa yang diatwarkan oleh kontraktor bali ?

Nah, demikianlah rincian biaya pembuatan kolam renang yang perlu anda ketahui. 

Jadi, setelah ini apakah anda akan memutuskan untuk mempercayakan pembuatan kolam renang di CV Griya Cipta Pradhana ? 

Jika iya, maka itu adalah pilihan yang terbaik. Segera konsultasikan kebutuhan pembuatan kolam renang anda sekarang juga ya.