Perkembangan desain interior tak hanya pada ruang utama, ruang tamu, kamar tidur dan sebagainya, tetapi juga dapur beserta citranya. Dulu, dapur merupakan ruangan yang kerap dikesampingkan. Letaknya sering ada di belakang rumah karena kondisi ruangan kotor dan cenderung bau.
Namun saat ini, dapur bisa dibilang sudah naik kelas karena sudah mendapatkan perhatian yang adil. Sejumlah desainer sudah menciptakan model-model dapur menarik dan kekinian. Letaknya pun tak harus di belakang dan dijauhkan dari ruangan lain.
Dapur modern sering dibuat menyatu dengan ruang makan. Secara otomatis menjadi ruang utama untuk berkumpul bersama keluarga. Adanya pergeseran fungsi ini tentu membuat sejumlah orang ingin membuat dapur yang nyaman dan rapi. Cara sederhananya dengan membuat kitchen set sendiri.
Namun untuk melakukannya banyak hal yang wajib diperhatikan, seperti kesesuaian dengan kebutuhan dan budget Anda, luas ruangan yang dijadikan dapur, hingga rincian biaya. Dari semua hal itu, ada 4 poin penting yang wajib Anda pastikan terlebih dahulu. Apa saja itu? Yuk, cek ulasan selengkapnya berikut ini!

  1. Tentukan Desain ‘Kitchen Set’
Langkah awal yang perlu dilakukan ialah menentukan konsep desain kitchen set Anda. Sesuaikan dengan selera masing-masing dan Anda bisa menemukan contoh desainnya via majalah atau internet.
Salah satu desain yang paling populer dan masih tren saat ini ialah kitchen set minimalis, desain yang bisa memberikan kesan modern, rapi, bersih, luas dan fungsional. Jika rumah Anda memiliki konsep desain tunggal, maka sangat disarankan untuk menyesuaikan agar selaras. Jangan sampai dapur Anda didesain minimalis, sementara desain rumah bergaya klasik, vintage atau art deco.

  1. Pilih Material Dasar ‘Kitchen Set’
    Ada sejumlah bahan material dasar yang bisa dijadikan kitchen set. Pilih sesuai selera, kebutuhan dan budget Anda. Beberapa yang bisa jadi pilihan, yaitu:
  • Solid wood
    Material umumnya berbentuk balok gelondongan yang sangat kuat, tahan rayap dan tahan air. Namun harganya sangat mahal dan pengolahannya juga tak murah.
  • Plywood
    Masyarakat kerap menyebutnya triplek. Kayu lapis berbentuk lembaran dengan ketebalan beragam. Paling banyak dipilih untuk kitchen set karena cukup kuat dan mudah dibentuk. Harganya pun relatif murah.
  • Block board
    Potongan kayu kecil yang dipadatkan membentuk papan. Harganya lebih murah namun tetap pas untuk material kitchen set. Biasanya dipakai untuk daun pintu atau laci karena ringan dan tampilan yang rapi.
  • Medium Density Fibreboard (MDF)
    Serbuk kayu yang dipadatkan dengan bahan kimia membentuk papan yang bisa dipotong sesuai kebutuhan. Cukup kuat dan padat, namun yang lebih baik ialah tipe HDF (High Density Fibreboard).
  • Particle board
    Campuran serbuk kayu dan potongan kayu yang dipadatkan. Proses pembuatannya mirip MDF. Harga relatif murah namun cenderung tak awet. Material mudah rusak karena air dan mudah melengkung jika terkena beban berat.
  1. ‘Finishing Kitchen Set’
    Ini adalah cara mempercantik dan memperkuat bahan material kitchen set Anda. Ada beragam bahan finishing yang bisa dipilih dan lagi-lagi sesuaikan dengan selera serta budget Anda. Finishing yang mahal ialah menggunakan melamic dan bisa menjadi pilihan jika Anda ingin menonjolkan motif kayu. Selain itu ada duco yang memberikan warna-warna solid.
  2. Hitung Luas ‘Kitchen Set’
    Jangan lupa menghitung secara tepat berapa luas ruang dapur Anda. Selain itu, perhatikan bentuk ruangan. Bentuk ini sangat mempengaruhi desain dan tampilan kitchen set. Misalnya dapur berbentuk L, U dan lain-lain.
    Detailnya ialah:
  • Bahan material (triplek) untuk kabinet atas Rp 1,4 juta per meter lari.
  • Bahan material (triplek) untuk kabinet bawah Rp 1,5 juta per meter lari.
  • Top granit Rp 950 ribu per meter lari.
    Sebagai informasi, meter lari merupakan satuan panjang total bidang terluar kitchen set dan dikurangi lebar kedalamannya.
    Hitungannya:
    Kabinet atas = (3 meter + 3 meter) x Rp 1,4 juta = Rp 7.980.000,00
    Kabinet bawah = (3 meter + 3 meter) x Rp 1,5 juta = Rp 8.100.000,00
    Top table granit = (3 meter + 3 meter) x Rp 950 ribu = Rp 5.130.000,00
    Total biaya = Rp 21.210.000,00
    Bila Anda menggunakan jasa pemasangan kitchen set, maka biaya tersebut sudah termasuk finishing melamic, handle di laci dan daun pintu serta garansi. Namun total di atas bisa lebih murah bila Anda mengerjakan sendiri. Apalagi jika material bahannya dikombinasikan sesuai selera.
    Namun risikonya, hasil belum tentu sebaik dan serapi karya dari desainer interior. Pertimbangkan dahulu sebelum memutuskan pilihan dalam menciptakan dapur idaman di rumah. Selamat mencoba!