industrial design

Teknik Menghitung Biaya renovasi Rumah, Yang harus Anda Ketahui !

Bagi Anda yang saat ini kebingungan dalam mengatur dan menghitung biaya renovasi rumah, maka ini akan menjadi ulasan yang tepat Untuk Anda. Karena dalam ulasan kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara menghitung biaya renovasi rumah minimalis itu sendiri. 

1. Biaya tenaga kerja

Sebelum Anda menyewa tenaga kerja, guna merenovasi rumah. Sebaiknya ketahui terlebih dahulu, metode pembayaran yang berlaku pada tenaga kerja tersebut. Umumnya ada 2 metode pembayaran yang dilakukan, yaitu, sistem harian dan sistem borongan. 

Yang dimaksud dengan sistem harian, adalah tenaga kerja akan dibayar setiap hari, setelah para pekerja selesai bekerja. Sedangkan tenaga borongan adalah, para tenaga kerja, sudah dibooking dalam jangka waktu tertentu, untuk merenovasi rumah sampai selesai, dan pada pekerjanya, sudah dibayar dibayar di awal dalam bentuk DP, sedangkan sisanya ketika pekerjaan yang diberikan sudah selesai dilakukan. 

Jika renovasi rumahnya tidak terlalu banyak, menggunakan sistem harian dirasa pas. Namun jika banyak, sebaiknya menghitung biaya renovasi rumah menggunakan sistem tenaga kerja borongan. Untuk tenaga kerja borongan seperti ini, biasanya sudah ada standar biaya tertentu, kisarannya sekitar 1 jutaan hingga 15 jutaan per meter persegi. 

2. Biaya jasa dan pembelian material

Untuk teknik hitung biaya renovasi rumah minimalis berikutnya adalah dengan memperkirakan biaya jasa dan pembelian aneka material yang memang diperlukan. Anda yang ingin lebih praktis, dapat menggunakan sistem borongan penuh. Maksudnya adalah Anda akan membayar secara lebih, dimana dana tersebut, sudah termasuk biaya borongan tukang dan biaya pembelian aneka material yang dibutuhkan. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi, dan pastinya dengan menggunakan teknik ini, Anda tidak akan mengalami over budgeting. 

Tentunya sebelum memberikan biaya tersebut, sudah ada kesepakatan sebelumnya dan sudah diperhitungkan sebelumnya, akan aneka macam biaya yang dibutuhkan. Umumnya biaya tersebut akan diberikan secara 2 atau 3 tahap, yaitu di awal, di tengah dan ketika pekerjaan selesai dilakukan. 

3. Menghitung biaya tanah dan bangunan per meter persegi

Sedikit tambahan untuk Anda ketika mengestimasi biaya renovasi rumah seperti ini, umumnya pekerja borongan ini akan diupah per meter persegi. Artinya semakin banyak bagian yang akan direnovasi, maka biaya perbaikan, termasuk tukang dan material yang dibutuhkan juga akan semakin besar, demikian pula sebaliknya.  

4. Biaya lainnya

Adapun tambahan lainnya yang juga perlu diperhatikan, walaupun hal ini bagi bagian besar tidak dianggap terlalu penting. Yaitu Anda sebaiknya menyiapkan budget lebih, setidaknya 10% dari total biaya renovasi rumah itu sendiri.  Tentunya hal ini dilakukan untuk mengatasi hal-hal yang diluar perkiraan Anda. 

Tentunya dengan memperkirakan dan menghitung berbagai macam hal yang memang dibutuhkan untuk merenovasi rumah tersebut. Tentunya proses, menghitung biaya renovasi rumah akan jadi jauh lebih cepat,dan juga mudah.