Beberapa Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Memakai Rangka Atap Baja Ringan

Bagian bangunan yang berfungsi untuk melindungi bagian di dalam bangunan atau pun penghuni di dalam bangunan itu sendiri dari hujan ataupun panas adalah atap. 

Banyak sekali pilihan untuk jenis bahan konstruksi rangka pada atap saat ini mulai dari kayu, baja bahkan baja ringan sekalipun bisa menjadi pilihan.

Di indonesia sendiri konstruksi rangka atap dari kayu adalah jenis yang sangat populer digunakan pada rumah – rumah di indonesia. 

Akan tetapi dengan sulitnya mendapat bahan kayu yang berkualitas belakangan ini serta harga menjadi semakin mahal membuat banyak orang memilih option lain untuk membangun rangka konstruksi atapnya.

Salah satu material yang menjadi pilihan adalah baja ringan. 

Seiring dengan kemajuan teknologi, baja ringan ini salah satu terobosan dunia konstruksi dimana material bangunan yang dibuat dengan lebih efisien saat digunakan.

Kelebihan Penggunaan Atap Baja Ringan Pada Konstruksi Bangunan

Berikut akan coba kami berikan beberapa alasan dari kelebihan Baja ringan sebagai bahan konstruksi rangka pada atap bangunan kalian:

1. Baja Ringan Adalah Material Anti Karat Dan Anti Rayap

Material baja ringan ini dipilih karena kelebihannya yang tidak mudah mengalami korosi serta mampu bertahan pada cuaca yang ekstrem. 

Sedangkan material kayu sendiri semakin lama digunakan maka akan mengalami keropos akibat dari rayap.

2. Baja Ringan Bisa Dibentuk Sesuai Kebutuhan

Segala variasi model rangka atap bangunan yang kalian pilih akan mudah diaplikasikan dengan material baja ringan ini.

Akan tetapi pembentukan rangka atap baja ringan ini dibutuhkan gambar kerja yang benar serta perhitungan struktur yang lebih teliti dan juga akurat.

Untuk itu penting sekali untuk kalian dalam memilih aplikator ataupun vendor yang bisa dipercaya dan berpengalaman dalam menentukan model dari rangka atap baja ringan dari sebuah bangunan.

3. Bobot Baja Ringan Yang Tidak Berat Dan Mudah DI Aplikasikan

Material Baja ringan ini tidak mudah untuk memuai ataupun menyusut walaupun dari visualnya material baja ringan ini terlihat ringan dan lebih tipis dari material baja biasanya.

Selain itu pemasangan rangka baja ringan ini lebih memudahkan para pekerja karena bobotnya yang ringan. 

Ini dapat memangkas waktu pemasangan ataupun pembongkaran dari konstruksinya tersebut.

Hal ini dimudahkan karena konstruksi nya sendiri sudah disiapkan sedari pabrik dan di lapangan pekerja dari bangunan hanya bagian memasangnya saja sesuai dengan gambar desain.

4. Baja Ringan Mempunyai Tegangan Tarik Yang Tinggi

Bila dibandingkan dengan material baja konvensional, baja ringan ini memiliki sifat lentur yang jauh lebih baik sekitar 550 Mpa. sedangkan baja konvensional sendiri memiliki tegangan tarik hanya sekitar 300 Mpa saja.

5. Baja Ringan Dapat Dipadukan Berbagai Macam Jenis Penutup Atap

Baja ringan sebagai material rangka atap bisa digabungkan dengan berbagai macam jenis penutup atap atau genteng seperti keramik, asbes, kaca, ataupun jenis beton lainnya.

Akan tetapi perhitungkanlah dengan telitit perihal pemilihan dari genteng yang kalian pilih. Karena semakin berat bobot genteng atau penutup atapnya maka kebutuhan baja ringan dalam rangka pun harus semakin banyak.

6. Baja Ringan Ramah Terhadap Lingkungan

Kelebihan terakhir dari penggunaan baja ringan sebagai rangka atap adalah material ini dapat didaur ulang.

Saat pemasangan maupun pembongkaran rangka baja ringan ini, tidak ada limbah yang ditimbulkan sehingga sangat ramah akan lingkungan pastinya karena dapat diproses daur ulang tersebut.

Kekurangan Penggunaan Atap Baja Ringan Pada Konstruksi Bangunan

Baja ringan ini bukanlah material yang 100% sempurna. Material baja ringan juga memiliki beberapa kekurangan.

Berikut adalah beberapa kekurangan dari penggunaan material baja ringan sebagai rangka atap bangunan:

1. Baja Ringan Lemah Terhadap Angin

Walaupun sudah di install dengan memasang baut pada rangka atap, angin yang kencang adalah yang paling ditakuti dari penggunaan baja ringan ini sebagai rangka atap bangunan.

Untuk itu jika bangunan berada di lokasi yang mempunyai tingkat angin yang kuat dan banyak, sangat tidak disarankan untuk menggunakan baja ringan sebagai material rangka atap bangunan untuk menjauhi hal – hal yang tidak di inginkan.

2. Estetika Visual Baja RIngan Bergantung Pada Pilihan Penutup atap

Untuk kalian yang mengharapkan nilai estetika yang bagus dari atap kalian maka harus pintar dan cermat dalam pemilihan bahan genteng sebagai penutup atap karena baja ringan ini tidak memiliki hal tersebut.

3. Harga Baja Ringan Cukup Mahal

Perlu diakui baja ringan sendiri memang memiliki harga yang cukup mahal. Akan tetapi bila dibandingkan dengan material kayu itu sendiri, baja ringan masih lebih murah loh.

Hal ini akibat dari susahnya mendapatkan bahan kayu yang berkualitas belakangan ini.

4. Membutuhkan Ketelitian Lebih Dalam Proses Instalasi Baja Ringan

Dibutuhkan perhitungan yang akurat dan ketelitian di dalam proses instalasi rangka atap baja ringan tersebut. Karena jika tidak dilakukan dengan benar maka akan fatal akibatnya.

Pemasangan dari baja ringan sebagai material rangka atap memiliki persyaratan teknis serta pengerjaannya yang begitu sistematis.

Akan coba kami berikan contoh sehingga kalian dapat mengerti apa yang kami maksud: jika kalian ingin memasang sebuah water heater atau misalnya panel surya di atap kalian, sudah barang tentu permukaan dari atap yang akan dipasangi komponen tersebut harus memiliki kekuatan yang maksimal.

Untuk itu dibutuhkan perancangan yang sesuai selama prosesnya. Jika tidak akibat yang paling fatal adalah terjadinya gagal struktur pada rangka atap baja ringan.

Persyaratan Membangun Atap Bangunan

Terdapat beberapa syarat yang harus kalian ketahui dalam membangun rangka atap pada bangunan kalian. Bukan hanya dari sisi material yang dipilih saja loh.

Berikut beberapa syarat yang dimaksud :

  • Sesuaikan bentuk desain atap dengan konsep bangunan keseluruhan yang telah ditentukan sejak awal pembangunan.
  • Saat menentukan tingkat kemiringan atap, alangkah baiknya juga disesuaikan dengan bahan apa yang dipilih untuk menutup atap.
  • Tujuan dan fungsi dari sebuah bangunan harus disesuaikan dengan pemilihan bahan material penutup atap atau gentengnya. Hal tersebut berguna dalam mengukur kekuatan bahan atap itu sendiri dari segala cuaca dan juga temperatur
  • Desain yang akurat dan teliti dari konstruksi atap harus memberikan kekuatan lebih sehingga bisa menahan beban yang akan diterimanya.

Cara Untuk Mengetahui Kualitas Dari Baja Ringan

Sebelumnya sudah kami jelaskan jika tegangan tarik dari baja ringan ini sekitar 550 Mpa. untuk itu selalu memilih baja ringan dengan tegangan tarik tersebut. 

Hal ini akan menambah kekuatan rangka atap dalam menopang berbagai jenis bahan penutup nya ataupun bertahan di tengah cuaca yang ekstrim.

Selanjutnya kalian harus memilih baja ringan yang bergaransi serta baja ringan yang sudah melewati proses uji coba sesuai dengan standarisasi nilai tegangan tarik tersebut.

Jadi bagaimana? Apakah kalian sudah memutuskan akan menggunakan baja ringan sebagai pilihan rangka atap bangunan kalian?

Melihat dari kelebihan dan kekurangannya baja ringan ini bisa menjadi pilihan lain dibanding kita harus berkutat dengan kualitas kayu yang makin hari makin susah untuk di dapatkan tersebut.

Dari sisi harga baja ringan sendiri lebih murah dari kayu itu sendiri. Begitu juga dengan waktu pengerjaan.

Jadi menurut kami menggunakan baja ringan jauh lebih menguntungkan untuk penggunaan rangka atap bangunan kalian.