industrial design

Desain Rumah Tinggal Minimalis, Mungkinkah?

Rumah tinggal yang terbaik sesungguhnya adalah rumah yang luas, dimana seluruh anggota keluarga dapat tumbuh dan berkembang. Namun jika pada kondisi tertentu kita tidak dapat mendapatkan rumah luas seperti yang kita kehendaki, maka pengaturan rumah dengan memilih desain rumah tinggal minimalis perlu diperhitungkan.

Desain rumah tinggal minimalis sebenarnya datang dari arsitektur Jepang yang identik dengan kesederhanaan. Sedangkan di Indonesia sendiri trend rumah minimalis hadir pada daerah-daerah daerah perkotaan dikarenakan harga tanah yang mahal.

Jenis material biasanya sederhana, terjangkau dan mudah didapatkan, misalnya batu bata, kaca, untuk dinding dan kayu atau keramik sebagai lantainya. 

Apa yang harus diperhatikan ketika ingin memilih desain rumah tinggal minimalis? Mari kita simak di bawah ini.

Sesuaikan dengan kebutuhan penghuni

Rumah yang minimalis bukan berarti juga penghuni rumah menjadi minimal dalam melakukan kegiatan produktifnya. Usahakan semua anggota memiliki space-nya masing-masing. Anda dapat mulai melakukan pembatasan barang-barang yang tujuannya untuk menghindari clutter. Pahamkan pada anggota keluarga yang lain bahwa less furniture-less crowded.

Optimalisasi furniture

Pilih furnitur yang sederhana, penting dan mengutamakan fungsi. Misalnya pada ruangan keluarga, Anda dapat memilih sofa yang memiliki potongan rapi, meja dan alas yang secukupnya. Sisanya beri hiasan berupa pigura foto yang elegan. 

Adapun jika Anda adalah tipikal orang yang memiliki perabotan kecil-kecil yang banyak, mulai sekarang kurangi penggunaannya, dengan cara rajin-rajin memisahkan barang yang sekiranya sudah tak terpakai.

Daerah dapur biasanya berisi banyak barang, maka Anda perlu memikirkan desain kitchen set sederhana yang sesuai untuk rumah minimalis Anda. Memiliki kabinet dan lemari tempat menyimpan barang bisa menjadikan dapur tampak rapi, kuncinya harus sering-sering dibersihkan.

Pemilihan dekorasi

Desain rumah tinggal minimalis memaksimalkan fungsi perabotan, dengan desain rapi, bersih tanpa banyak dekor ataupun ornamen kurang penting. Anda dapat memilih satu dua dekor pigura foto misalnya, sisanya dalam bentuk album foto, atau menaruh tanaman mini di ruangan Anda supaya tampak tetap segar. Kunci ukuran dari dekorasi yang tepat akan membuat ruangan juga tampak lebih lapang.

Pemilihan warna

Ciri khas dari konsep minimalis adalah warna yang diusung. Warna yang digunakan cenderung didominasi warna yang menunjukkan kebersihan seperti putih netral atau abu-abu, yang juga dapat memberikan ilusi ruangan jadi lebih luas.

Pembagian ruangan

Masalah pembagian ruangan, biasanya desain rumah tinggal minimalis meniadakan sekat, dan mengutamakan tampilan lapang. Susunan lebih ke arah vertikal daripada horizontal, baik dengan penggunaan jendela-jendela besar ataupun jika menggunakan blind shade yang fungsi utamanya adalah mengoptimalkan cahaya masuk. Ini dapat mengurangi kesan padat dan kacau.

Intinya desain rumah tinggal minimalis adalah memaksimalkan fungsi dari ruangan dan perabotan Anda. minimalis bukan berarti tidak indah dan sepi dari dekorasi, hanya saja kita perlu memilih mana barang-barang yang memiliki spark joy-nya masing-masing atau menimbulkan kebahagiaan ketika dilihat, bukannya menjadikan tambah pusing bagi yang melihat.