Tak Perlu Takut Monoton, 4 Desain Interior Dapur Kecil Berbudget Hemat yang Patut dicoba

Terlepas dari ukuran, area dapur menjadi salah satu ruangan yang membutuhkan banyak biaya. Banyak elemen pendukung yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas memasak. Perencanaan yang tidak matang berakibat pada keinginan melakukan renovasi besar-besaran dengan berbagai alasan. Salah satunya karena desain interior dapur kecil terlalu monoton. 

Bagi mereka yang memiliki budget lebih, tidak masalah untuk menyempurnakan desain dapur di awal pembuatan. Tapi bagaimana dengan budget pas-pasan? Jika Anda salah satu yang menginginkan desain interior dapur yang tidak monoton namun dengan budget terbatas, beberapa ide berikut ini bisa untuk Anda aplikasikan. 

industrial design

Desain Interior Dapur Tanpa Warna dan Detail

Memberikan banyak detail pada area dapur membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Untuk menghemat biaya, Anda perlu menghilangkan detail dan warna pada desain interior dapur kecil Anda.

Tak perlu takut monoton, sebab Anda dapat menyiasatinya dengan menghadirkan variasi warna putih pada tone yang berbeda. Penggunaan material berstruktur pun bisa dijadikan solusi.

Tekstur bisa Anda dapatkan dari keramik bermotif marmer atau solid surface. Selain itu, penggunaan kursi dengan warna yang mencolok dapat memecah kebosanan dari dapur di rumah Anda. 

Warna Hitam untuk Tampilan Dapur yang Sederhana dan Elegan

Warna hitam menjadi pilihan cocok untuk menghadirkan kesan elegan pada desain dapur milik Anda. Supaya tidak terlihat gelap, padukan dengan warna putih pada bagian lantai atau dinding. Dengan funitur berwarna hitam yang minim detail, Anda tetap bisa mewujudkan dapur sederhana yang tidak monoton dengan budget yang hemat. 

Minimalkan Storage di Dapur

Salah satu cara untuk mendesain dapur dengan budget terbatas adalah dengan meminimalkan penggunaan storage. Storage memang mempunyai fungsi yang vital. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan rak dinding kabinet terbuka untuk menumpuk barang-barang. 

Sederhanakan Finishing dan Ekspos Material

Faktanya, tidak semua bagian dari dapur membutuhkan finishing. Bagian dinding atau lantai yang dibiarkan tanpa finishing untuk mengekspos material dapat menghemat biaya yang dikeluarkan. Supaya tampilan dapur lebih senada, penggunaan kitchen set dari beton merupakan kombinasi yang tepat. Desain dapur sederhana namun kental akan nuansa industrial ini akan membuat tampilan dapur Anda unik dan tidak membosankan. 

Sesederhana apapun desain yang diusung untuk dapur di rumah, perencanaan dan penataan yang tepat menjadi kunci dalam menghemat anggaran. Supaya anggaran Anda tidak meleset, perhitungkan seluruh keperluan dapur secara detail. Akan lebih bijak ketika melibatkan jasa desainer interior dan kontraktor mekanikal elektronikal untuk membicarakan konsepnya. Dengan melibatkan tenaga ahli di bidangnya, Anda dapat meminimalisir kesalahan perancangan yang dapat memakan biaya lebih. Selain itu, desain interior dapur kecil di rumah Anda akan terselesaikan secara baik dan maksimal.