Cara Mudah Hitung Budget Bangun Rumah Minimalis

Jika Anda tengah mempersiapkan budget bangun rumah minimalis, maka ada banyak hal yang tentunya harus Anda perhatikan. Beberapa hal tersebut berkaitan dengan proses pembangunan rumah itu sendiri, seperti halnya biaya tukang, pembelian bahan material dan beragam jenis biaya lain yang turut melengkapinya. Untuk lebih lanjut, simaklah penjelasan berikut: 

Mengenal rumah minimalis dan biaya yang dibutuhkannya

Rumah minimalis seringkali dikaitkan dengan rumah berukuran kecil. Faktanya yang dimaksud dengan minimalis itu sendiri bukanlah kecil, melainkan jenis rumah yang sederhana dan dapat menyatu dengan alam. Sementara itu, untuk mengetahui berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk membangunnya, maka Anda wajib memperhatikan beberapa hal berikut ini : 

industrial design

1. Biaya tenaga kerja atau upah tukang

Dalam menentukan biaya tenaga kerja atau upah borongan ada 3 sistem pembayaran yang dapat Anda lakukan yaitu sistem pembayaran harian, sistem borongan jasa hingga jenis pembayaran dengan sistem borongan penuh. Pembayaran dengan sistem harian umumnya dikenal dengan pembengkakan biaya yang harus Anda hadapi. Sedangkan pembayaran dengan sistem borongan penuh tentunya mewajibkan Anda untuk memiliki modal awal dengan cukup besar.

2. Luas tanah serta bangunan yang akan dibangun

Luas tanah serta bangunan juga mempengaruhi biaya bangun rumah yang akan Anda lakukan. Misalkan jika Anda ingin membuat rumah dengan lahan 20/50 di kawasan Bandung. Sedangkan harga tanah di kawasan tersebut adalah Rp. 2.000.000/ m2. Dengan demikian, Anda pun membutuhkan biaya berkisar Rp.2.000.000 x 50 = Rp.100.000.000. Biaya tersebut adalah jumlah yang harus dikeluarkan untuk pembelian tanah saja. 

Sementara untuk pembangunan rumah sendiri tentunya Anda harus memperhitungkan beragam harga dari bahan-bahan bangunan yang akan dibuat, terkecuali jika Anda menggunakan sistem borongan dari layanan jasa kontraktor bangun rumah. Dengan sistem tersebut Anda hanya tinggal mengalikan biaya borongan per m2 yang ditawarkan dengan luas bangunan yang akan Anda bangun. 

3. Biaya lain-lain

Biaya lain-lain juga patut untuk Anda persiapkan. Karena tidak jarang di antaranya Anda sebagai pemilik tiba-tiba ingin menambahkan ornamen tertentu pada bangunan Anda. Hal ini jelas membutuhkan biaya lebih. Untuk itu, pastikan Anda mempersiapkan budget bangun rumah minimalis lain-lain sekitar 10% dari jumlah total anggaran yang telah Anda persiapkan. 

4. Tingkat keahlian

Bagian paling akhir yang juga dikenal mempengaruhi upah atau biaya tukang adalah tingkat keahlian yang dimiliki oleh tukang itu tadi. Untuk tukang bangunan yang telah berpengalaman dan memiliki keahlian serta profesionalisme kerja tinggi, maka biaya yang dibutuhkan pun jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tukang bangunan yang tidak berpengalaman. 

Total anggaran yang harus dipersiapkan

Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi, maka Anda pun dapat menjumlahkan berapa kiranya biaya yang Anda butuhkan untuk membangun rumah yang Anda inginkan dengan menjumlahkan total keseluruhan dari poin-poin di bagian atas tadi. Namun jika Anda menggunakan sistem borongan, maka upah kerja serta biaya lain-lain pun dapat dihilangkan karena umumnya telah masuk dalam sistem borongan yang ditawarkan. 

Itulah kiranya penjelasan singkat terkait hal-hal yang yang harus Anda persiapkan dan perhitungan dari budget bangun rumah minimalis.