Penasaran Berapa Biaya Bangun Rumah Minimalis? Ini Jawabannya!

Berapa biaya bangun rumah minimalis? Bentuk pertanyaan yang satu ini kerap kali dilontarkan oleh mereka yang hendak melakukan pembangunan rumah. Pada dasarnya untuk membangun rumah sendiri ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Seperti halnya pemilihan dari tipe rumah yang akan dibuat, menghitung kebutuhan dari rumah minimalis yang akan dibangun, serta persiapan dana dan mulai membangun rumah. Namun selain beberapa hal tersebut, berikut ini ada beberapa cara untuk mengetahui berapa kiranya biaya yang harus dikeluarkan untuk pembangunan rumah tersebut. Berikut penjelasannya : 

industrial design

Biaya untuk membangun rumah minimalis secara umum

Jika Anda ingin mengetahui berapa kiranya biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah minimalis dengan hitungan per m2, maka cobalah untuk memperhatikan beberapa hal di bagian bawah ini : 

  1. Jika Anda berencana membangun rumah dengan ukuran 100 m2, maka kisaran biaya yang Anda butuhkan adalah sekitar Rp.300 juta hingga Rp.350 juta
  2. Sementara itu, untuk bangunan dengan luas 101 hingga 300 m2, maka dibutuhkan biaya yang lebih tinggi yaitu sekitar Rp. 325 juta hingga Rp. 375 juta.
  3. Sedangkan untuk jenis bangunan di atas ukuran 300 m2, maka berapa biaya bangun rumah minimalis yang harus dikeluarkan pun berada dalam jumlah Rp. 350 juta hingga Rp. 400 juta atau bahkan lebih tinggi dari harga tersebut. 

Perkiraan tersebut umumnya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan perhitungan biaya pembangunan yang dihitung per item. Hal ini berkaitan dengan luas bangunan yang juga turut mempengaruhinya. Meski demikian, pembengkakan biaya tersebut juga muncul sebagai akibat dari beberapa hal lainnya, seperti :

  • Kesepakatan dalam menentukan harga dengan para kontraktor yang dapat merugikan Anda 
  • Luas area pembangunan
  • Juga jenis material yang ingin Anda gunakan. 
  • Perizinan serta distribusi yang dilakukan dari tempat pembelian material menuju lokasi pembangunan rumah. 

Hitungan kasar dari pembangunan rumah minimalis

Selain memperhatikan beberapa hal di bagian atas tadi, jika Anda ingin mendapatkan harga atau hitungan pembangunan rumah dengan lebih tepat, maka selain menghitung jumlah kebutuhan per item, Anda juga dapat menghitung dengan melakukan survei mengenai kisaran harga dari bahan bangunan serta biaya atau upah tukang yang ada di lingkungan tersebut. Namun dalam melakukan perhitungan secara pribadi, pastikan untuk memperhatikan beberapa bagian detail di bagian bawah ini : 

industrial design
  • Menghitung biaya bahan bangunan per m2 dan kemudian dikalikan dengan luas bangunan yang akan dibuat, pastikan untuk memilih bahan material terbaik. 
  • Hitung rencana anggaran bangunan dengan menggunakan rumus dari luas rumah yang kemudian dikalikan dengan harga bangunan. 
  • Setelah itu pastikan pula untuk menghitung biaya lainnya, seperti halnya biaya dari layanan jasa arsitek, layanan jasa kontraktor bangun rumah dan biaya lainnya. 
  • Apabila telah selesai, maka Anda pun dapat menjumlahkan keseluruhannya untuk mengetahui dengan pasti berapa kiranya biaya yang Anda butuhkan. 

Demikianlah kiranya penjelasan singkat dari beberapa langkah tepat yang dapat Anda ikuti dalam mencari tahu informasi dari berapa biaya bangun rumah minimalis yang harus Anda persiapkan.