Estimasi Dan Rincian Biaya Bangun Rumah

Rumah memang menjadi impian banyak orang. Akan tetapi mungkin bagi sebagian orang memiliki rumah memang tidak segampang yang dipikirkan. Banyak sekali yang harus dipersiapkan mulai dari rincian biaya bangun rumah, lalu lahan yang digunakan untuk membangun rumah, selain itu juga rincian tenaga untuk membangunnya, belum lagi harga material yang terkadang tidak menentu harganya. Agar anda lebih mengerti akan beberapa rincian yang diperlukan untuk membangun rumah alangkah baiknya anda membaca artikel berikut ini.

Rincian membangun rumah

Sebelum anda membagun rumah sebagikany anda terlebih dahulu membuat rincian biaya bangun rumah. Pada sub judul ini kami akan memberikan sedikit gambaran terkait dengan biaya yang dibutuhkan ketika anda hendak membangun rumah. Berikut ini adalah beberapa simulasi akan rincian pembangunan rumah tersebut. 

industrial design

1. Biaya untuk membayar tenaga kerja

Hal pertama yang harus anda perhitungkan adalah biaya untuk menyewa tenaga membangun rumah. Biasanya terkait tenaga bangun rumah tersebut dibagi menjadi tiga jenis. Jenis yang pertama adalah jenis tenaga bangun rumah harian. Biasanya harga yang dibutuhkan untuk menggunakan jasa bangun rumah secara harian ini sekitar Rp. 100.000 hingga Rp. 150.000 per harinya. Lalu biasanya dibutuhkan beberapa tenaga untuk membangun rumah tersebut.

Jenis tenaga yang kedua adalah tenaga bangun rumah borongan jasa. Pada tenaga bangun rumah borongan jasa ini biasanya memberikan harga sekitar Rp. 600.000 sampai dengan Rp. 800.000 per meter perseginya. Jenis tenaga yang ketiga adalah jenis tenaga bangun rumah borongan penuh. Terkait dengan biaya yang dibutuhkan memang lebih tinggi dibandingkan dengan biaya tenaga bangun rumah borongan jasa. Biayanya adalah sekitar Rp. 3.000.000 sampai dengan Rp. 5.000.000 per meter perseginya.

Semua biaya tersebut memang berbeda beda tergantung dari orang dan juga daerah dimana anda menggunakan jasa tenaga tersebut. Untuk saat ini sudah banyak sekali jasa bangun rumah murah, sekarang tinggal anda yang harus lebih pintar dan jeli dalam memilih hal tersebut. Lalu untuk kecepatan sistem penyelesaian proyek kerja biasanya tenaga kerja borongan lebih cepat daripada tenaga kerja harian. 

2. Luas tanah yang akan anda gunakan

Hal kedua yang harus anda pikirkan adalah luas tanah yang akan anda bangun tersebut. Sebenarnya untuk luas tanah ini lebih mempengaruhi ke penggunaan material yang dibutuhkan. Material tersebut adalah seperti pasir, batu bata, semen, batu dan lain-lain. Harga untuk setiap bahan bangunan tersebut biasanya relatif berbeda-beda untuk setiap daerahnya. Andapun bisa survey biaya terlebih dahulu terkait dengan material yang dibutuhkan. 

3. Biaya lain-lain

Biaya yang selanjutnya adalah biaya lain-lain yang harus dipersiapkan. Biaya lain-lain disini diartikan sebagai biaya seperti taman, ornamen dan hal-hal lain yang sejenis. Selalu berikan ketetapan terkait dengan biaya lain-lain ini. Biaya ketetapannya adalah sekitar 10% dari anggaran biaya keseluruhan.

Tips untuk menghemat biaya bangun rumah.

Setiap orang pasti menginginkan membangun rumah dengan biaya yang notabene bisa seefisien mungkin. Maka dari itu setiap orang pasti ingin menghemat biaya pembangunan rumah tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghemat biaya bangun rumah tersebut.

1. Negosiasi dengan jasa tenaga untuk membangun rumah

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan negosiasi terhadap biaya jasa tenaga membangun rumah tersebut. Usahakan mendapatkan harga yang tidak merugikan salah satu pihak. Jika ada saudara ataupun teman yang menyediakan jasa tenaga bangun rumah. Anda bisa menggunakan jasa beliau, mungkin harga yang akan anda dapatkan jauh lebih efisien.

2. Bahan baku

Hal kedua yang bisa anda pertimbangkan adalah pada saat memilih bahan baku. Misalnya mengganti batu bata dengan batako putih. Mungkin biaya total batako putih dibandingkan dengan biaya total batu bata bisa lebih murah. Pemilihan bahan baku yang tepat bisa anda manfaatkan untuk menghemat biaya pembangunan rumah.

3. Lokasi tanah

Bila anda belum memiliki lahan terkait dengan pembangunan rumah tersebut. Anda pasti akan membeli tanah terlebih dahulu. Hal ini bisa dipastikan memakan biaya yang besar. Agar anda dapat menghematnya pastikan anda bisa pintar memilih tanah yang anda beli. Sebagai catatan  semakin strategis lokasi tanah yang anda beli. Kemungkinan harga yang akan anda dapatkan akan semakin mahal.

Cara merawat rumah agar tetap bersih dan tahan lama

Setelah anda mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak melakukan sebuah pembangunan rumah. Maka setelah rumah tersebut jadi tugas yang harus anda lakukan adalah membuat rumah tersebut tetap bersih, nyaman dan tentunya tahan lama. Adapun beberapa kiat-kiat yang bisa anda lakukan ketika hendak membuat rumah yang anda miliki tampak bersih, nyaman dan juga tahan lama. Berikut ini adalah kiat-kiat yang bisa anda lakukan.

1. Selalu membersihkan rumah

Tahap pertama yang bisa anda lakukan adalah membersihkan rumah secara rutin. Hendaknya anda membuat jadwal kebersihan untuk melakukan bersih-bersih rumah secara menyeluruh. Akan tetapi untuk kegiatan menyapu lantai dalam rumah dan juga luar rumahpun  sebaiknya dilakukan setiap hari. Hal ini dikarenakan debu yang masuk kedalam rumah bisa dibilang sangat banyak. 

2. Selalu cek dan perbaiki kerusakan rumah

Hal kedua yang bisa anda lakukan adalah selalu melakukan pengecekan terkait dengan kerusakan pada setiap bagian rumah. Jikapun ada beberapa bagian yang rusak anda bisa melakukan sebuah perbaikan secara langsung. Bila dirasa kerusakan yang terjadi memiliki kerusakan yang cukup besar, anda bisa meminta bantuan kepada para tenaga bangun rumah di sekitar anda. Jika kerusakan pada rumah anda selalu anda jaga maka rumah anda akan menjadi sebuah rumah yang tetap tahan lama. Akan tetapi jika kerusakan tersebut anda tunda-tunda untuk memperbaikinya. Kemungkinan besar yang akan anda dapatkan adalah sebuah biaya rekonstruksi atau biaya perbaikan yang lumayan cukup besar.

3. Sirkulasi udara yang lancar

Hal berikutnya yang bisa anda lakukan adalah memperhatikan sirkulasi udara yang berada pada rumah anda. Jika sirkulasi udara yang ada pada rumah anda sudah lancar maka penghuni rumah akan menjadi tetap terjaga kesehatannya. Selain itu sirkulasi udara yang lancar bisa membuat furniture yang anda miliki menjadi lebih awet atau lebih tahan lama.

4. Lakukan pengecatan ulang

Selalu lakukan pengecatan ulang pada rumah yang anda huni dalam jangkauan waktu yang terjadwal. Pengecatan ulang bisa dilakukan jika dirasa cat yang anda rumah anda sudah memudar. Pengecatan berguna untuk membuat rumah yang anda miliki tetap terlihat cantik dan juga tahan lama untuk bangunannya.

Artikel diatas adalah ingin memberikan sedikit wawasan kepada anda semua terkait dengan rincian biaya bangun rumah. Selain itu artikel ini juga memberikan pengetahuan terkait beberapa cara untuk mengestimasi biaya yang anda butuhkan ketika membangun rumah. Bahkan artikel ini juga sudah membahas tentang beberapa kiat-kiat untuk membantu anda ketika hendak membuat rumah yang anda miliki menjadi lebih tahan lama tentunya juga bersih.