Berbagai Macam Pemasangan Lantai Parquet Kayu Di Bali

Sebagai tempat yang tempat berlindung dan beristirahat, perawatan rumah memang menjadi perhatian khusus bagi banyak orang. 

Tidak jarang masyarakat menggunakan kontraktor untuk membenahi kekurangan dari bangunan rumah itu sendiri. 

Misalnya terdapat kerusakan maka kita akan dengan sigap memanggil tukang. 

Selain itu, penggunaan parquet kayu juga sudah banyak dipilih untuk membuat tampilan rumah lebih menarik.

Mengapa Anda perlu membuat rumah lebih nyaman dengan berbagai tambahan jenis bahan bangunan? Tentu saja untuk membuat Anda dan siapa saja yang masuk ke dalam rumah tersebut lebih betah. 

Ada banyak cara yang dapat membuat tampilan rumah semakin menarik. Salah satunya ialah penggunaan lantai parquet kayu seperti yang telah kita singgung sebelumnya.

Tidak hanya nyaman. Penggunaan lantai parquet yang terbuat dari kayu juga membuat tampilan rumah Anda semakin unik. 

Ada berbagai kayu yang dapat Anda gunakan dan aplikasikan di lantai rumah. Untuk apa sebenarnya penggunaan lantai parquet dari kayu ini? 

Yuk kita bahas kelebihan menggunakan parquet kayu:

• Memberikan kesan rumah lebih alami dan natural.

Kesan alami juga natural dalam sebuah rumah memang sangat baik. Pengguna parquet kayu salah satu kelebihannya ialah dapat memunculkan efek tersebut. 

Kesan natural dan alami akan sangat baik karena memberikan ketenangan juga kedamaian pada penghuni rumah.

• Memberikan desain unik

Kelebihan lainnya dari lantai parquet kayu ini ialah membuat rumah Anda memiliki desain unik. Bagaimana tidak, ada begitu banyak motif kayu yang dapat dijadikan pilihan. 

Pola yang diciptakan oleh lantai kayu tersebut tidak akan sama karena memang muncul alami begitu saja. 

Hal ini pastinya memperindah tampilan lantai untuk dipandang.

• Memberikan kehangatan

Selanjutnya, lantai parquet dari kayu juga menyelamatkan Anda dari kondisi dingin. Misalnya saja ketika musim dingin maupun musim penghujan. 

Ruangan yang menggunakan lantai kayu ini tidak akan terasa dingin. Hal itu dikarenakan sifat kayu yang pada siang hari menyimpan panas. 

Sehingga pada malam hari lantai tersebut berfungsi sebagai penghangat.

• Lebih empuk

Jika dibanding dengan lantai dari batu maupun keramik tentu saja parquet dari kayu ini lebih empuk. Wajar jika ada banyak ruangan atau sarana olahraga yang menggunakan kayu. Alasannya tentu guna meminimalisir terjadinya cidera.

• Nyaman

Banyak pula orang yang menggunakan lantai kayu ini karena rasa nyaman. Banyak yang mengatakan jika lantai kayu ini lebih nyaman untuk dipijak dibandingkan jenis lantai lainnya.

• Menampilkan kesan mewah

Kelebihan parquet kayu selanjutnya ialah menampilkan kesan mewah. Kesan tersebut pastinya menjadikan rumah lebih tampak elegan juga. 

Wajar jika banyak masyarakat di era ini yang lebih menyukai kayu sebagai lantai rumah mereka.

Macam-macam parquet kayu di Bali

Parquet kayu Bengkirai

Ketika menggunakan kontraktor bangunan Bali, salah satu jenis kayu yang akan ditawarkan untuk lantai rumah Anda adalah parket kayu Bengkirai. 

Pohon Bengkirai ini banyak tumbuh di daerah Kalimantan. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kayu jenis ini kala ingin jadikan perquet. 

Berikut di antara kelebihannya ialah:

  • Warna kayu yang tidak berubah yakni cream kecoklatan.
  • Awet, tahan lama juga keras. Mampu bertahan hingga 30 tahun jika digunakan untuk penutup lantai. Jika digunakan untuk outdoor tentu saat bertahan 10 sampai 15 tahun.
  • Harga murah. Jika dibandingkan jenis kayu lainnya, kayu Bengkirai memang jauh lebih murah hingga menjadi lebih diminati.

Parquet kayu Ulin

Parquet kayu Ulin merupakan jenis kayu yang cukup digemari pula. Setelah pemasangan memang benar jika warnanya akan berubah cenderung lebih muda. 

Akan tetapi tenang saja, setelah lebih dari satu bulan pemasangan warna akan kembali menua. 

Perlu diketahui jikalau kayu Ulin menjadi salah satu parket kayu terbaik di dunia. Hal tersebut karena beberapa keunggulannya seperti:

  • Sangat kuat hingga dikatakan tahan sepanjang zaman. Penggunaan kayu ini akan lebih hemat karena Anda tidak perlu menggantinya karena kerusakan di suatu hari.
  • Rayap kurang menyukainya. Sehingga masalah parket kayu ulin rusak karena rayap dapat teratasi.

Parquet kayu Merbau

Kayu jenis ini biasanya tumbuh di daerah Kalimantan juga Papua. Parket Kayu Merbau dari Papua memang memiliki tampilan lebih cantik juga dari warnanya. 

Beberapa keunggulan dari kayu ini jika digunakan sebagai lantai parquet ialah:

  • Termasuk golongan kayu yang awet. Sehingga sangat bagus jika digunakan sebagai lantai parquet.
  • Memiliki warna yang indah yakni cokelat kemerahan. Melalui tampilan warna yang menarik tersebut menjadikan hunian minimalis sangat cocok dan jauh lebih elegan kesannya.

Parquet kayu Pinus Bali

Parket dari Kayu Pinus ini juga kerap disebut dengan jati Belanda. Sebagai salah satu kayu yang digunakan untuk lantai tentu saja memiliki kelebihan juga. 

Berikut beberapa kelebihan parquet kayu Pinus ialah:

  • Serat kayu yang eksotis juga elegan hingga menampilkan kesan artistik pada lantai rumah.
  • Terlihat alami hingga memberikan kesan hangat.
  • Tidak disukai oleh rayap. Masalah hewan pengerat seperti rayap dapat teratasi karena kayu ini memang tidak disukai oleh rayap.

Parquet kayu Sungkai

Kayu ini memang cukup asing di telinga masyarakat awam. Memang benar jika jenis kayu ini bukan merupakan kayu favorit. 

Akan tetapi permintaan pasar akan kayu ini justru semakin meningkat. Mengapa kayu jenis ini banyak dimintai masyarakat? Berikut keunggulannya ialah:

  • Salah satu alasan utama permintaan pasar akan kayu ini meningkat ialah karena harganya jauh lebih murah.
  • Tingkat kekerasan tinggi. Kerasnya kayu ini membuat kayu ini tidak mudah melengkung kala digunakan sebagai lantai. Sehingga lantai tidak akan mudah melengkung maupun berubah bentuk.
  • Terlihat elegan. Mengapa kayu ini terlihat elegan? Ya, kayu ini memikiki corak yang mirip dengan kayu jati. Sehingga kala dipasang akan memberikan kesan elegan.

Parquet kayu Jati

Parquet kayu Jati memang banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat. Hal ini tentu berbanding lurus dengan kualitas kayu jati yang tidak perlu diragukan lagi. Berikut keunggulan dari kayu jati untuk lantai parket:

  • Sangat kuat. Jika ditilik dari segi kekuatan tentu tidak diragukan. Kayu jati yang kuat menjadikannya tidak mudah keropos kala dijadikan lantai parket. Selain itu juga tidak mudah terserang rayap.
  • Parket kayu jati lebih awet. Perlu diketahui jikalau kayu ini memiliki level keawetan yang baik.
  • Tidak mudah melengkung. Ketika ingin menjadikan kayu sebagai parquet tentu kita sepakat jika daya lengkungnya harus rendah. Kayu jati ini tidak mudah melengkung juga mengerucut hingga sangat cocok digunakan sebagai parquet lantai kayu.
  • Coraknya yang indah. Salah satu keunggulan yang menjadikan kayu ini banyak dipilih ialah coraknya. Kayu jati memiliki corak yang indah hingga banyak menjadi pilihan masyarakat.

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai macam parquet kayu yang dapat Anda gunakan sebagai lantai rumah. 

Bagaimana, sudah menentukan pilihan akan menggunakan kayu jenis apa? 

Hubungi kami sebagai Kontraktor Bali yang siap menerima jasa pemasangan parket lantai kayu di bali. 

Semoga anda segera mendapatkan jenis kayu yang cocok untuk lantai parquet rumah anda.