Perkiraan Biaya Renovasi Rumah

Cara Menghitung Perkiraan Biaya Renovasi Villa / Rumah dengan Mudah

Menghitung perkiraan biaya renovasi villa atau rumah memang terdengar tidak mudah. Padahal, perhitungan akan biaya renovasi rumah merupakan sesuatu yang sangat penting. Renovasi rumah merupakan sesuatu yang tentunya akan anda lakukan di dalam hidup anda kelak. Apabila anda tidak bisa memperkirakan biaya dari renovasi tersebut, maka anda tidak akan memiliki patokan yang jelas akan biaya yang perlu anda keluarkan.

Namun, anda tidak perlu khawatir. Menghitung biaya renovasi rumah ternyata bisa dilakukan tanpa harus pusing. Kami akan menjelaskan kepada anda bagaimana cara menghitung biaya renovasi rumah dengan mudah. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan apabila sedang menghitung biaya renovasi rumah minimalis anda.

Biaya Tenaga Kerja

Hal pertama yang perlu anda pertimbangkan dalam memperkirakan biaya renovasi villa atau rumah anda adalah biaya tenaga kerja yang akan anda pekerjakan. Ada beberapa sistem pembayaran yang dapat dilakukan untuk membiayai tenaga kerja yang akan merenovasi rumah anda. Sistem pembayaran tersebut antara lain sistem harian, sistem Borongan jasa, dan sistem Borongan penuh.

Apabila anda menggunakan sistem harian, maka anda akan memberi upah kepada tenaga kerja setiap harinya. Biaya tersebut belum termasuk biaya material yang akan anda gunakan untuk renovasi rumah anda dan untuk makan para tenaga kerja. Sistem ini dapat mengakibatkan pembengkakan dari biaya tenaga kerja yang harus anda sediakan.

Apabila anda menggunakan sistem borongan jasa, maka anda hanya perlu membayar harga yang sudah ditentukan dari awal kepada tenaga kerja. Biaya ini juga belum termasuk biaya material. Sistem ini cukup efektif karena mengharuskan tenaga kerja yang anda pekerjakan untuk menyelesaikan renovasi rumah anda dalam rentang waktu tertentu.

Sistem borongan penuh juga mirip dengan sistem borongan jasa. Bedanya, sistem borongan penuh sudah mencakup biaya material yang anda gunakan untuk renovasi rumah. Sistem pembayaran terbaik untuk membiayai tenaga kerja tergantung dengan kebutuhan dan ketersediaan dana anda. Apabila anda merupakan orang sibuk yang tidak sempat mengurus renovasi rumah anda, maka lebih baik anda memilih sistem borongan penuh.

Menghitung Estimasi Biaya Renovasi

Setelah anda memperhitungkan biaya tenaga kerja, maka anda tinggal membuat perkiraan biaya renovasi rumah anda. Anda bisa melakukan ini dengan cara melakukan estimasi terhadap pengeluaran anda secara keseluruhan. Cara yang paling mudah untuk memperkirakan biaya yang perlu anda keluarkan adalah dengan membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB). Di dalam RAB, anda dapat membuat perincian dari pengeluaran-pengeluaran apa saja yang perlu anda lakukan untuk renovasi rumah.

Melakukan renovasi rumah merupakan sesuatu yang cukup rumit. Ada berbagai hal yang harus anda pertimbangkan. Salah satu dari hal tersebut adalah perkiraan biaya. Cara menghitung perkiraan biaya renovasi rumah yang sudah kami jelaskan tentunya akan membantu anda.

swimming pool contractor
Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Mengestimasi Harga Borongan Renovasi Villa / Rumah !

Plafon rumah Anda rusak, atau rumah bocor, atau mungkin ada hal lainnya. Sudah saatnya Anda merenovasi rumah tersebut. Jika hal ini terjadi, maka hal pertama yang akan diperhitungkan adalah berapa biaya atau harga borongan renovasi rumah yang harus dikeluarkan. Namun sebelum membahas lebih dalam, tentang berapa biaya yang harus dikeluarkan, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Perhatikan bagian villa / rumah yang rusak dan tingkat kerusakannya

Sebelum Anda mulai menghitung berapa harga borongan renovasi rumah, yang harus dikeluarkan. Sebaiknya cek dan cari tahu, bagian rumah mana saja yang mengalami kerusakan. Apakah hanya ada 1 bagian, atas di beberapa bagian rumah lainnya. Misalnya saja, atap plafon bagian luar rumah rusak, demikian pula dengan atap plafon bagian belakang rumah, atau ada lagi bagian rumah yang bocor, atau hal lainnya. Atau mungkin Anda hanya ingin mengecat ulang rumah, agar terlihat lebih fresh. 

Selain melihat aneka kerusakan yang ada di rumah tersebut, berikutnya adalah mengecek tingkat kerusakan yang ada pada rumah tersebut. Apakah kerusakannya tergolong ringan, sedang, atau memang parah, dan harus segera direnovasi, terutama bagian tersebut. Apalagi jika bagian tersebut, termasuk salah satu bagian rumah yang vital, seperti bagian dapur, bagian kamar tidur atau yang lainya. Jika sudah demikian, maka ruangan atau rumah tersebut memang harus segera direnovasi.  

2. Mengatasi kerusakan

Sebelum merenovasi rumah, sebaiknya Anda mempelajari kembali, apakah rumah tersebut masih dapat diperbaiki sendiri, misalnya atap plafon yang rusak, maka dalam hal ini Anda dapat menggantinya sendiri. Atau juga cat rumah yang sudah mulai mengelupas, maka Anda dapat mengecatnya sendiri. 

Untuk memperbaiki rumah sendiri, atau merenovasi rumah sendiri, tidak ada salahnya jika Anda belajar bagaimana cara mengatasinya, dengan menggunakan aneka perlengkapan yang dimiliki. Misalnya saja Anda hendak mengatasi plafon yang rusak, dengan menggantinya dengan papan baru, maka Anda hanya perlu membeli papan yang baru di toko matrial, lengkap dengan aneka perlengkapan yang dibutuhkan, seperti paku dan yang lainnya. Demikian pula dengan kerusakan lainnya

3. Menghitung biaya untuk mengatasi kerusakan

Sebelum Anda mengunjungi toko matrial untuk membeli aneka bahan yang dibutuhkan guna mengatasi kerusakan yang ada. Sebaiknya cari tahu, estimasi harga bahan tersebut di aneka toko matrial yang ada. Dengan adanya  estimasi harga seperti ini, Anda jadi lebih mudah mengatur berapa biaya renovasi rumah minimalis, yang sebaiknya dikeluarkan. Terutama Anda yang mempunyai rumah desain minimalis. 

Tapi jika Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk renovasi sendiri, atau bahkan tingkat kerusakan yang ada di rumah terbilang cukup banyak, maka tidak ada salahnya Anda mencari tenaga tukang atau tenaga borongan untuk memperbaiki rumah. Anda dapat menanyakan tentang estimasi harga borongan renovasi rumah, pada teman, tetangga atau keluarga yang memang pernah merenovasi rumah. 

Detail Tahapan Renovasi Bangunan

Mempersiapkan Surat izin renovasi (IMB) jika diperlukan

Menentukan perencanaan dengan matang

Menentukan Anggaran biaya yang akan anda keluarkan

Bekerja dengan orang-orang yang profesional

Pemilihan Material yang tepat untuk bangunan rumah

Kenali struktur bangunan rumah

Menentukan design Bangunan

memilih jasa design atau arsitek

Mempelajari lingkungan sekitar sebelum renovasi rumah

Memahami karakteristik lahan untuk renovasi rumah

kebutuhan penghuni sebelum renovasi rumah

Tujuan Melakukan Renovasi

Mempertimbangkan saluran air ketika renovasi rumah

Memperbarui panel listrik ketika renovasi rumah

Pertimbangkan pro dan kontra

Minimalisir Pengeluaran

efisiensikan ruangan anda

Prioritaskan tahap renovasi

Tentukan bagian yang direnovasi

Melakukan pengawasan terhadap pekerjaan renovasi rumah anda

Mengorganisir rencana pembangunan dengan baik

Pemilihan dekorasi rumah anda

Membuat skala prioritas yang wajib dipatuhi