Jenis-jenis Lantai Kayu,

Ciptakan Hunian Anda dengan Kayu Lantai Terbaik

Bagi anda yang tertarik ingin menjadikan hunian rumah terkesan lebih elegan dan klasik, lantai kayu bisa menjadi bagian interior rumah pilihan terbaik anda. 

Saat ini sudah banyak jenis-jenis lantai kayu sehingga belum banyak yang bisa membedakan. 

Untuk itu, sebelum anda memilih jenis lantai kayu di dalam rumah, kenali dulu supaya tidak salah pilih.

jenis lantai kayu

Tahukah anda bahwa lantai kayu atau yang dikenal dengan parket ini tengah populer digunakan untuk mempercantik interior rumah ? 

Sebab, desain parket secara tidak langsung akan memberi nilai estetika yang tinggi di dalam ruangan tersebut. 

Parket pun diklaim sebagai lantai rumah yang memberi rasa aman serta menghadirkan suasana yang hangat dalam sebuah ruangan.

Dibalik kelebihannya, lantai kayu pun tetap ada kelemahannya. Parket ini bisa dibilang lebih licin jika dibanding dengan lantai keramik. 

Juga terkadang rentan menimbulkan bunyi saat terjadi gesekan pada bagian permukaan lantai kayu. 

Saat terjadi kerusakan atau kemiringan di sudut tertentu, untuk memperbaikinya pun cukup sulit.

Jenis-Jenis Lantai Kayu untuk Segala Bangunan

Lantai kayu merupakan kumpulan dari keping-keping kayu yang sudah melewati beberapa tahapan hingga berbentuk potongan dan papan hingga akhirnya siap dipasang sebagai lantai. 

Umumnya, warna yang dihasilkan adalah cokelat tua, cokelat muda dan cokelat kehitaman. Perpaduan warna dan corak yang apik menjadikan parket cocok dipilih. 

Lantas, apa saja jenis-jenis lantai kayu yang cocok digunakan untuk segala bangunan ? Coba simak rangkuman artikel berikut ini ya.

A. Apa itu Lantai Kayu ?

Lantai kayu merupakan kepingan-kepingan kayu utuh yang sudah siap dipasangkan satu sama lain menggunakan skrup pada permukaan lantai. 

Lantai berbahan dasar kayu ini umumnya memberi kesan estetik dan menarik karena corak alami yang dimilikinya. 

Karena sebab kesan alami inilah yang menjadikan lantai kayu banyak dijadikan pilihan sebagai bahan dasar untuk menghiasi interior ruangan.

Adapun motif dari lantai kayu sangatlah beragam sehingga bisa dengan leluasa memilih motif yang disukai. 

Kelebihan lain dari lantai kayu ini adalah keawetannya jika dibanding lantai berbahan dasar lainnya. 

Dengan perawatan yang baik dan benar, parket bisa bertahan hingga puluhan tahun.

B. Kayu Apakah yang Bagus untuk Lantai ?

Pemilihan jenis kayu untuk dijadikan sebagai bahan dasar lantai di rumah juga sangat penting diperhatikan. 

Sebab, jika tidak maka akan terjadi ketidak sesuaian antara lantai dan ruangan. Oleh karena itu, anda pun harus selektif dalam memilih jenis kayu yang bagus untuk lantai. 

Kayu jati dinilai sangat bisa diandalkan untuk parket lantai. Selain karena keawetannya yang tidak perlu diragukan lagi, ia juga merupakan jenis kayu yang banyak dan mudah ditemukan khususnya di pulau Jawa.

Tahukah anda bahwa kayu jati memiliki tingkat kekerasan dan keawetan yang bagus sehingga cocok dijadikan penutup lantai ? 

Teksturnya yang halus tentu saja menjadikan kayu jati banyak dijadikan sebagai pilihan untuk digunakan sebagai parket. 

Kayu jenis ini sendiri tersedia dalam berbagai jensi grade, mulai dari grade A, B dan C dengan berbagai macam ukuran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

C. Mengenali Parket

Sudah kenal dengan parket ? Parket memiliki nama lain yaitu lantai kayu. Nah, umumnya parket ini dikenal oleh banyak orang dengan sebutan lantai kayu. 

Parket adalah kumpulan kepingan kayu berupa kayu original atau kepingan kayu yang sudah dipress sedemikian rupa. 

Sehingga parket bisa diterapkan di atas permukaan lantai, baik di dalam atau di luar ruangan. Parket sendiri terdiri dari 2 bagian, yakni parket engineered dan parket solid. 

Anda bisa memanfaatkan parket ini untuk diterapkan menjadi salah satu unsur dekoratif di dalam ruangan agar rumah terkesan lebih elegan dan klasik.

D. Mengenali Lantai Kayu Jenis Decking

Decking kayu merupakan produk berbahan dasar kayu yang masuk dalam tipe lantai kayu solid. 

Disebut juga sebagai lantai kayu outdoor, jenis lantai satu ini rupanya sering digunakan di area outdoor karena dikenal memiliki kekuatan yang bagus. 

Daya tahan terhadap perubahan cuaca pun membuat decking kayu banyak dijadikan pilihan untuk mendekorasi lantai outdoor. 

Anda bisa memanfaatkan decking kayu dan diterapkan di area outdoor seperti di sisi kolam renang atau sekitar taman dan pagar rumah. 

Namun jangan salah, jenis kayu ini pun juga bisa digunakan sebagai pelapis tembok dinding di dalam ruangan. Sangat multifungsi bukan ?

E. Mengenali Lantai Kayu Vinyl

Tahukah anda bahwa salah satu jenis penutup lantai sintesis yang banyak digemari adalah lanyai kayu vinyl ? 

Hal ini dikarenakan jenis lantai satu ini bisa meniru jenis lantai lainnya dalam motif yang diinginkan. 

Misalnya dalam meniru motif bebatuan, marmer, kayu dan sebagainya.

Terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride (PVC), ia memiliki tekstur yang sangat halus dan elastis. 

Inilah yang menjadikannya mudah sekali dalam pemasangannya. Keawetannya yang terjamin serta harganya yang terjnagkau menjadikan lantai ini banyak diminati masyarkat. 

Lantai kayu vinyl mampu membuat sebuah hunian akan terlihat lebih indah dan elegan.

F. Mengenali Lantai Kayu Jenis Laminate

Apakah anda sudah pernah mengenal jenis kayu bernama laminate ? 

Tidak seperti lantai kayu solid yang terbuat dari kayu asli, jenis lantai kayu satu ini terbuat dari serbuk kayu yang dipadatkan terlebih dahulu dengan suhu tinggi. 

Walaupun permukaannya keras dan rentan terhadap kelembababn tinggi, namun dengan pilihan aneka desain dan warnanya yang variatif menjadikan laminate adalah favorit bagi banyak masyarakat.  

Lantai kayu laminate memiliki permukaan yang sama seperti lantai kayu pada umumnya. 

Kelebihan lainnya anda akan menemukan bahwa kayu jenis laminate ini akan menmapilkan motif serat kayu, dengan mempunyai corak batu alam, marmer, keramik dan juga granit. 

Adapun jika dilihat dari material pembentukan lantainya, laminate ini memilik 4 lapisan yang terdiri dari top layer, dekoratif latyer,core layer dan stabilize layer.

G. Mengenali Lantai Kayu Jenis Flooring

Flooring kayu merupakan sebuah nama untuk sebuah jenis produk lantai berbahan kayu dengan beberapa kriteria dan spesifikasi. 

Lantai kayu jenis flooring ini pun memiliki beberapa jenis dan penggunaan, diantaranya ialah flooring kayu, parket kayu. Laminate flooring, lantai vinyl dan decking kayu. 

Nah, dari kelima jenis produk flooring tersebut dapat dimanfaatkan sebagai penutup lantai yang memberi kesan elegan dan klasik.

Nah, setelah sedikit banyak mengenali jenis-jenis lantai kayu, seharusnya anda sudah bisa menyimpulkan bahwa penggunaan lantai yang berbahan dasar kayu sangat disarankan demi keamanan dan kenyamanan.

Jasa Pemasangan Lantai Kayu Di Bali

Lantas, dimana anda bisa mempercayakan pembuatan lantai kayu ? 

CV. Griya Cipta Pradhana jawabannya. 

Merupakan salah satu perusahaan yang dipercaya mampu merenovasi lantai kayu dengan beragam pilihan jenislantai kayu yang sesuai dengan kebutuhan dan ruangan rumah anda. 

Cara pasang lantai kayu dan cara meratakan lantai kayu yang dianggap sulit pun bisa ditangani dengan baik oleh kontraktor Bali.

Nah, setelah menyimak uraian diatas, bisa kita simpulkan bahwa lantai kayu merupakan interior ruangan terbaik untuk mempercantik hunian. 

Memilih material lantai dari kayu mampu menciptakan suasana ruangan terkesan hangat dan tentunya lebih aman. 

Jadi, tunggu apalagi ? Segera konsultasikan kebutuhan anda sekarang juga pada Kontraktor Bali.