Memiliki pagar besi yang indah dan cantik tentu telah menjadi idaman setiap insan, tetapi kedaan iklim, cuaca serta kondisi acap kali melunturkan impian itu. Untuk menjaga keawetan dari pagar besi kita memerlukan tenaga ekstra. Sebelum menilik cara-cara untuk merawat pagar besi kita cari tahu terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan karat tersebut bisa terjadi. . Karat atau korosi biasa terjadi pada pagar yang terbuat dari besi ataupun logam-logam tertentu. Karat dapat terjadi apabila logam-logam tertentu terkena percikan air, guyuran air hujan yang tidak cepat kering dapat membuat pagar besi rentan berkarat. Bahkan sinar matahari menyebabkan oksidasi dan terlihat ada lubang pada beberapa bagian pagar. Itulah mengapa pagar terlihat berkarat dan membuat cat cepat mengelupas.

Hal-hal yang bersifat alamiah itu, memang sulit untuk kita cegah, namun kita dapat melakukan penanggulangan apabila pagar besi kesayangan Anda berkarat. Berikut disajikan beberapa cara merawat Pagar Besi agar tidak berkarat,
⦁ Periksalah kondisi pagar besi Anda secara berkala, dalam perwatannya perlu dilakukan control secara berkala agar Anda tahu apakah pagar besi Anda memiliki permasalahan seperti berkarat atau baut yang kendor, selain itu Anda juga harus memastikan tidak ada bagian pagar Anda yang penyok atau rusak. Apabila hal-hal di atas terjadi maka, segeralah lakukan perbaikan.
⦁ Mengecat Pagar Besi, pengecatan pagar besi selain memiliki kesan keindahan tersendiri, pengecatan juga berfungsi melindungi pagar dari kerusakan. Biasanya, dalam pembuatannya, pagar besi telah dilapisi oleh cat primer yang kemudian disusul oleh varian cat besi lainnya, lapisan cat akan melindungi permukaan pagar dari udara sehingga memperkecil kemungkinan oksidasi dan meminimalisir potensi korosi. Jauh lebih aman ketika Anda mengecat pagar besi Anda dalam jangka waktu tertentu, ini semata-mata untuk meningkatkan kembali lapisan cat dan mengurangi potensi korosi. Bila tidak sibuk, Anda bisa mengecat sendiri pagar besi Anda atau Anda bisa memanfaatkan jasa tukang cat untuk mengecat pagar besi Anda
⦁ Bersihkan dari kotoran dan debu, ketika ingin tampilan eksterior kita indah memang harus banyak memerlukan tenaga ekstra. Begitu pula dengan perwatan terhadap pagar besi Anda, untuk perwatannya Anda harus rutin membersihkan kotoran dan debunya lebih-lebih ketika debu dan kotoran itu sudah tebal. Anda harus membersihkannya. Anda bisa menggunakan lap untuk membersihkannya serta sikat kecil pada bagian yang sulit dijangkau. Cara ini mampu membuat tampilan pagar Anda lebih segar dan cerah. Selain itu, ini juga bertujuan agar Anda bisa mendeteksi resiko keruakan pada pintu pagar Anda.
⦁ Perbaiki bagian Pagar yang Patah dan bengkok, Ada kalanya karena faktor usia atau faktor tertentu lainnya pagar Anda mengalami kerusakan berupa bagian pagar yang patah atau bengkok. Segeralah perbaiki kerusakan tersebut, apabila Anda memiliki kemampuan dan spare part yang memadai. Namun, jauh lebih baik bila Anda mendatangkan ahlinya untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Sumber: kompasiana.com
Lantas, bagaimana jika pagar besi Anda terlanjur berkarat? Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kejadian itu. Berikut diuraikan cara untuk mengatasi pagar besi yang terlanjur berkarat.
⦁ Bersihkan Karat pada besi, Ketika pagar besi terlanjur berkarat Anda dapat membersihkan karatannya dengan lap yang bertekstur kasar. Dalam prosesnya jangan lupa menggunakan masker dan sarung tangan tebal untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kemungkinan goresan antara pagar besi dan tangan Anda. Runnut kerjanya adalah tuangkan tinner yang tidak beraroma pada pagar besi kemudian gosok kuat-kuat pagar, terutama bagian pagar yang berkarat, tekstur lap membuat karatan mudah untuk dihilangkan atau diangkat. Disarankan ketika membersihkan karat gunakan siapkan lebih dari satu lap, ini bertujuan agar ketika lap yang digunakan sudah sangat kotor bisa diganti dengan lap yang bersih. Hal lain, yang dapat digunakan untuk membersihkan karat adalah Amplas kasar.
⦁ Gunakan Air Panas, Ketika karat telah kita bersihkan biasanya akan ada ketidakseimbangan warna pada pagar besi Anda yang awalnya berkarat akan Nampak lebih pudar, lebih baik bila Anda mengecat ulang pagar besi yang Anda miliki. Namun, sebelum mengecat ada baiknya bila pagar Anda di kelupas catnya dengan menggunakan air panas, kain kering dicelupkan ke dalam air, setelah itu kain dilumuri sabun di atasnya. Gosok seluruh bagian pagar besi agar bersih dari cat. Sisa air panas dapat Anda siramkan ke sekujur bagian pagar Anda.
⦁ Cat Ulang Pagar Besi, kegiatan ini dapat Anda lakukan sehari setelah proses penglupasan cat, tujuannya jelas agar pagar yang Anda akan cat berada pada kondisi kering. Untuk mengecat, proses awal yang harus Anda lakukan adalah mengecat seluruh bagian pagar dengan warna dasar hitam, biru, merah, kuning atau putih. Warna-warna ini akan menjadi dasar warna pagar Anda, keesokan harinya lapisi warna dasar ini dengan cat besi yang cepat mongering. Setelah itu, barulah Anda dapat mengreasikan warna pagar yang akan Anda tampilkan, jangan lupa untuk mencampurkan cat dengan tinner agar cat tampak lebih mengilat.


Demikian, ilmu tentang merawat pagar rumah yang bisa saya bagi, lebih kurangnya mohon untuk dimaklumi. Sekian Terima Kasih