Biaya Jasa Renovasi Rumah

Rumah merupakan salah satu pilar yang paling penting dimiliki oleh manusia karena rumah tempat paling aman dan paling nyaman untuk kita. Fungsi rumah saat ini bukan hanya sebagai tempat tinggal saja, melainkan juga sebagai penunjang status sosial, dan yang lainnya. Mempercantik tampilan rumah dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan melakukan renovasi rumah. Melakukan renovasi rumah dapat membuat rumah terasa berbeda dan tampak lebih baru.

Selain itu melakukan renovasi terhadap rumah juga dapat membuat fungsi rumah lebih maksimal, dan tentunya semakin nyaman untuk ditempati. Merenovasi rumah saat ini tentunya membutuhkan biaya. Layaknya biaya untuk membangun rumah yang memakan biaya tidak sedikit, renovasi rumah juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Berikut kami bagikan info biaya jasa renovasi rumah saat ini. 

industrial design

Biasanya biaya yang ditetapkan oleh jasa renovasi rumah dapat dihitung dari luas bangunan yang hendak direnovasi. Jadi nantinya tarif yang dikenakan per meter. Kisarannya saat ini secara umum dikenakan seharga Rp 1.000.000,- per meter perseginya. Tarif tersebut biasanya berlaku untuk biaya jasa renovasi rumah dengan sistem borongan. Jika kamu ingin menghitung biayanya secara kasar, kamu dapat melakukan perhitungan sebagai berikut. 

Biaya Lantai Keramik

Jika renovasi yang hendak kamu lakukan secara menyeluruh termasuk renovasi keramik, maka kamu perlu terlebih dahulu menghitung biaya mengganti keramiknya. Saat ini kisaran rata rata biaya penggantian keramik sekitar Rp 300.000,- sampai Rp. 500.000,- per meter persegi. Biaya tersebut sudah termasuk biaya jasa dan keramiknya. 

Biaya Cat Ulang

Renovasi rumah pastinya membutuhkan pergantian cat bukan. Cat juga merupakan elemen yang sangat penting dalam renovasi. Biaya yang diperlukan untuk melakukan cat ulang tembok rumah kamu sekitar Rp 45.000,- per meternya. Jika kamu membeli cat nya per Kg, kisaran harga cat kualitas standar Rp 90.000 untuk ukuran 10 Kg. 

Biaya Plafon

Jika kamu melakukan pergantian plafon, kamu juga harus mencantumkan biaya penggantian plafon ke dalam daftar biaya renovasi rumah kamu. Harga plafon saat ini, untuk jenis gypsum berada di kisaran Rp 200.000,- per meter perseginya. Sedangkan untuk biaya pengecatan Plafon nya sekitar Rp 40.000,- per meternya. 

Biaya Atap

Melakukan renovasi terkadang juga harus mengikutsertakan penggantian atap. Jika kamu menggunakan atap genteng metal sebagai atap rumah kamu, kisaran harganya saat ini sekitar, Rp 55.000,- sampai dengan Rp 90.000,- per meter nya. 

Rangka Atap

Untuk rangka atapnya sendiri, saat ini baja ringan menjadi pilihan banyak orang karena memiliki kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Harga baja ringan saat ini berada di kisaran Rp 60.000,- sampai Rp 150.000,- per batangnya.  Seluruh biaya tersebut perlu kamu jumlahkan dengan ukuran bangunan yang hendak kamu renovasi. Nantinya kamu akan mendapatkan hitungan kasar biaya jasa renovasi rumah.